KARTU NAMA

RPP KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6

RENCANA PELAKSANAAN    P EMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEBUMEN
Kelas/Semester : I (SATU) / 1(SATU)
Tema :  DIRIKU
Sub Tema : AKU DAN TEMAN BARU
Pembelajaran : 6 (ENAM)
Alokasi Waktu : 1 (SATU ) HARI ( 07.00 sd 09.30 )
A. KOMPETISI  INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

BKompetensi Dasar

Matematika = 3.2  Mengenal bangun datar dan bangun ruang,menggunakan benda-

benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.

1.5    Membentuk dan menggambar bangun baru,dari bangun – bangun

datar yang sudah ada.

Bahasa Indonesia = 3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan,guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

SBDP      =          3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi.

1.1.   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis , warna , dan      bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

C.Indikator Pencapaian Kompetensi :

Matematika =  Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat.

Menunjukkan benda- benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran.

Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat.

Bahasa Indonesia=  Menceritakan hasil gambar yang di buatnya,di depan kelas.

Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda.

SBDP                      = Menentukan bentuk baru yang akan digambar.

Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran.

D.Tujuan pembelajaran :

  1. Dengan kegiatan mengamati , siswa dapat mengidentifikasi benda- benda berbentuk lingkaran dengan benar.
  2. Setelah mengamati lingkungan sekitar siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan, benda- benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
  3. Dengan penugasan dari guru, siswa dapat membuat gambar dari bentuk- bentuk segi empat dan lingkaran .
  4. Dengan kegiatan menggambar , siswa dapat menceritakan hasil gambar  yang di buat dengan lancar.

EMateri ajar  :

Matematika          = 1. Benda-benda berbentuk lingkaran.

SBDP                       = 1. Gambar segi empat dan lingkaran.

Bahasa Indonesia = Menceritakan gambar

FPendekatan dan Metode pembelajaran

Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative Learning, Metode Tanya jawab, Diskusi

G

Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan : 5 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-         masing         (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)

2.Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa

3.Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ” Aku dan Teman Baru”

Kegiatan Inti: 150 menit.

  1. I.                    Mengenal lingkaran
  2. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
  3. Siswa di minta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar di halaman buku siswa.
  4. Siswa di minta memberikan contoh benda- benda berbentuk lingkaran .
  5. Siswa di bentuk kelompok.
  6. Masing- masing kelompok mengamati benda- benda berbentuk lingkaran di kelas maupun luar kelas.
  7. Masing- masing kelompok menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas.
  8. Setelah selesai, guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep.
  1. II.                  Menggambar dan bercerita.
    1. Guru mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat .
    2. Siswa di minta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat secara berkelompok.
    3. Setelah selesai, siswa menceritakan gambar kepada kelompok lain.
    4. Setiap kelompok di beri kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya, dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar apa, yang akan di buat dan penjelasan mengenai gambar apa, yaitu maksud dan arti.
    5. Kelompok lain di beri kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
    6. Kelompok lain di beri apresiasi mengucapkan terima kasih.
    7. Setiap kelompok di beri kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya

Penutup : 10 menit

1.Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan  sehari

2.Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)

  1. Melakukan penilaian hasil belajar
  2. Mengajak semua siswa berdoa

HMedia (Alat) dan  Sumber Belajar

MEDIA                 = Contoh- contoh benda yang berbentuk segi empat, lingkaran.

Gambar- gambar  bangun segi empat, lingkaran.

Spidol untuk menggambar.

 Sumber Belajar = Buku siswa dan buku guru

Lingkungan Sekolah (perpustakaan)

I

Prosedur dan Instrumen Penilaian .

Proses = Mengamati siswa mengidentifikasi benda- benda berbentuk lingkaran dengan benar.

Instrumen = penilaian kinerja dan lembar observasi (terlampir)

  1. Hasil Belajar

Instrumen terlampir

Mengetahui :                                                                                Jaten, 15 Juli 2013

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

Nunuk S.S.,S.Pd, M.Pd.                                                              Reni ANS,S.E, S.Pd

NIP 19620730 198201 2 003                                                                   NIP 19720909 200501 2 011

LEMBAR PENGAMATAN BERBAGAI BENDA BERBENTUK LINGKARAN

NO

KRITERIA

TERLIHAT(v)

BELUM TERLIHAT(v)

1

Siswa mampu mengikuti instruksi guru

….

….

2

Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.

….

….

3

Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda- benda berbentuk lingkaran secara berkelompok.

….

..

..

4

Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.

….

….

PENILAIAN : UNJUK KERJA

RUBRIK MENGGAMBAR DAN MENCERITERAKAN GAMBAR DAN KELOMPOK

NO

kriteria

Baik sekali

Baik

cukup

Perlu bimbingan

 

1

Kerja sama kelompok

Seluruh anggota kelompok

Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif

Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif

Seluruh anggota kelompok terlihat pasif

2

Kualitas hasil

.Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.

. Ada tambahan hiasan dan pewarnaan

.Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.

. Ada tambahan hiasan dan pewarnaan

. Objek gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja )

. Ada tambahan hiasan dan pewarnaan.

. Objek gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja )

. Ada tambahan hiasan dan pewarnaan.

3

Kemampuan menceritakan gambar

Perwakilankelompok menceritakan gambar mencakup dua aspek ( informasi yang faktual dan imajinatif)Perwakilan kelompok menceritakan gambar, hanya dari aspek faktual atau imajinatif sajaPerwakilan kelompok menceritakan gambar,hanya menyebutkan nama gambar sajaPerwakilan kelompok belum mampu menceritakan gambar

 ==================================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester : I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik : DIRIKU
Sub Tema : 1.Aku dan Teman Baru
Pertemuan Ke- /Pembelajaran ke- : 5 l1ma)
Alokasi Waktu : 1 (SATU ) HARI
A. Kompetensi Inti

  1. Menrima dan menjalankanajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur,disiplin,tanggungjawab,santun,peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman,dan keluarga.
  3. Memahami pengetahuan faktualdengan cara mengamati (mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk hidup ciptaan tuhan dan kegiatannya,dan benda benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam nahasa yang jelas dan logis ,dalam karya yang efektif,dalam gerakkan yang mencerminkan anak sehat,dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B Kompetensi DasarMatematika  – 3.11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknyanya benda,tinggi rendahnyatinggi badan dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotannyaB.Indonesia = 4.1’ Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa indonseia lisan dan tulis yang dapat ditulis dengan kosakata berbahasa daerah untuk membantu penyajian’

PJOK ; 3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor,nonlokomotor dan manipulatif

4.1 Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (sepeerti konsep tubuh.ruang,hubungan dan usaha).

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :Matematika ; mengurutkan bilangan 1 – 5B.Indonesia =  Menebalkan angka 1 – 5 sesuai benda

PJOK           = 1. Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan guru’

2. Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan

D. Tujuan pembelajaran :

  1. Setelah mendengar arahan dari guru siswa dapat mempraktikan gerakan lari dengan benar.
  2. Dengan memperhatikan contoh dari guru,siswa siswa dapat mempraktikan lari berpasangan sambil berpegangan dengan benar.
  3. Dengan permainan kartu angka,siswa dapat mengurutkan bilangan 1 – 5 dengan benar.
E. Materi ajar  :Matematika ; 1. Mengurutkan bilangan bersama 1 – 5 dengan benar2. Bermain sambil mengurutkan bilangan 1 –  5

Bahasa Indonesia ; 1. Menebalkan angka 1 – 5

2. Mengurutkan dari yang terkecil

PJOK              ; 1. Bermain bersama teman ( kegiatan praktik )

2.Berlari berpasangan dengan teman.

F Pendekatan dan Metode pembelajaranPendekatan ScientificStrategi Cooperative Learning

Metode Tanya jawab, Diskusi ,Tugas.Demonstrasi,Eksperimen

G Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Menanyakan tugas piket agar bersih dan nyaman dalam belajar
  4. Menginformasikan tema ”yang akan dipelajarai yaitu tentang Diriku,sub tema Aku dan Teman Baru .”

Kegiatan INTI : 150 menit

PJOK

  1. Guru mengajak siswa keluar kelas,seluruh siswa diminta berbaris dengan rapi sesuai dengan urutan tinggi badan.
  2. Siswa diminta melakukan pemanasan sebelum melakukan olah raga.
  3. Siswa diminta berlari keliling lapangan’
  4. Siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah ditentukan oleh guru sebelumnya’
  5. Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan’
  6. Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
  7. Setiap pasangan tidak boleh menyenggol pasangan lainnya.
  8. Kegiatan ditutup dengan menanyakan pengalaman siswa saat mengikuti kegiatan.

Matematika

  1. Siswa diajak untuk menghitung dari 1 – 5 lalu menghitung mundur dari 5 sampai 1”.
  2. Siswa diminta untuk membentuk kelompok sejumlah 5 orang,tidak boleh lebih.
  3. Guru membagikan kalung angka yang sudah dibuat .
  4. Setiap kelompok mendapatakan satu set kalung bernomor bilangan satu sampai lima
  5. Masing-masing siswa mendapat satu kalung lalu memakainya. Kalung angka diberikan secara acak kepada setiap anggota kelompok.
  6. Siswa dimta berbaris berurutan dikelompoknya setelah aba-aba     dari guru.
  7. Lalu Guru memberi aba-aba agar setiap kelompok  bersiap-siap.
  8. Ulangi kegiatan yang sama tetapi sebelumnya bertukar kalung denga nomor lainnya untuk  mendapatkan pengalaman yang lebih banyak.

Bahasa Indonesia

  1. Siswa diminta kembali kekelas setelah mengikuti bembelajaran diluar kelas.
  2. Siswa diminta untuk masuk ke kelas
  3. Guru memberikan contoh cara menebalkan angka satu asaampai lima yaitu dari tanda panah berwarna merah.
  4. Siswa diminta untuk mengerjakan latihan menebalkan angka
  5. Siswa mengerjakan penebalan angka pada halaman buku siswa
  6. Guru dan siswa bersama-sama membuat kesimpulan tentang proses pembelajaran yang telah berlangsung selama satu hari
  7. Hasil kegiatan dari pekerjaan siswa ditempel dipapan pajangan.Dilanjutkan dengan menasehari siswa agar membiasakan budaya antri sesuai dengan nomor urut kehadiran,punya rasa tanggung jawab dan percaya diri.

Penutup : 15 menit

  1. Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan sewhari.
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing- masing
 H Media (Alat) dan  Sumber Belajar MEDIA    ;  Kalung angka dari karton bertuliskan nomor 1 – 5 sesuai kebutuhan.Sumber Belajar = –  Buku siswa dan buku guru tema 1 sub tema 1 hal 18 s.d. 22

-           Lingkungan Sekolah (perpustakaan)

-          Diri anak

I Prosedur dan Instrumen Penilaian =

  1. Proses = Mengamati siswa ketika melakukan gerakan lari berpasangan

Instrumen = penilaian kinerja dan rubrik (terlampir )

  1. Hasil Belajar = Tes Tertulis
    1. Tebalkan angka 1 – 5 pada buku siswa dengan mengikuti tanda panah berwarna merah

2,   Mengurutkan bilangan dari yeng kecil ke besar atau sebaliknya.

Mengetahui :                                                                                Jaten, 15 Juli 2013

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

Nunuk S.S.,S.Pd, M.Pd.                                                              Reni ANS,S.E, S.Pd

NIP 19620730 198201 2 003                                                                   NIP 19720909 200501 2 011

Lampiran MATERI

Buku siswa kelas 1 halaman 18 s.d 22

INSTRUMEN SOAL TERTULIS

  1. Penilaian Unjuk Kerja

Rubrik Gerakan Berlari Berpasangan

NO KRITERIA

PASANGAN

A B C D E
1 Semangat dan kekompakan.

Baik Sekali ; 4

Secara mandiri pasangan terlihat saling memberi semangat

Baik ; 3

Dengan arahan guru,pasangan terlihat saling memberikan semangat

Cukup ; 2

Dengan arahan guru,hanya 1 orang dari pasangan terlihat memberikan semangat

Perlu Bimbingan ; 1 pasangan terlihat saling menolak untuk melakukan aktivitas

Ketaatan pada aturan main

Baik Sekali ; 4

Pasangan mampu berlari pada lintasan tanpa menyenggol pasangan lain

Baik ; 3

Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 1 kali menyenggol pasangan lain

Cukup ; 2

Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 2 kali menyenggol pasangan lain

Perl.u bimbingan ;1

Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 3 kali menyenggol pasangan lain

2.Penialian Produk

Tebalkan angka di bawah ini (lihat hal 20 )

Ikutitanda panah berwarna merah

  1. 1           2                3              4              5
  2.  1          2                3              4              5
  3. 1           2                 3             4              5

3.Penilaian Kinerja    

1.Urutkan dari yang terkecil pada kolom di disebelah kanan  (lihat hal 21 )

a.2        1       3                 …     …      …

b.5        1       3                 …    …       …

c. 4        3       1               …     …      …

2. Urutkan dari yang terbesar

a.  2      1      3           …        ;;;       .

b.5       1           3                 …      …        …

c.4        3           1               …       …         …

PEDOMAN PENILAIAN

  1. Rumus penghitungan sebagai berikut. Jumlah skor yang
  2. Diperoleh siswa dibagi skor ideal dikali 100  .
  3. Keterangan ; jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa  Penilaian Unjuk Kerja rubrik gerakan lari berpasangan .dengan kriteria Baik Sekali = 4,Baik = 3 Cukup = 2 Perlu Bimbingan 1
  4. Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini skor ideal adalah 8 x 4 = 32 .Contoh perhitungan nilai akhirnsiswa misalnya pasangan Ari dan Budi memperoleh

Skor nilai 28 maka nilainya 28 dibagi 32 dikalikan 100 = 87,5

Penilaian Produk

Siswa mengikuti petunjuk pengerjaan dengan  benar

Penilaian Kinerja 

1, Anak dapat mengurutkan dengan benar sesuai petunjuk maka nilainya 100

2.Anak dalam mengurutkan salah maka pekerjaan dinyatakan salah maka nilainya nol

  

================================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester : I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik :
  1. DIRIKU
Sub Tema : 1.1                    AKU danTEMAN BARU
Pembelajaran : 4                                –  (Bernyanyi bersama teman     sambil    mengenal huruf )

-  (Bergerak bersama teman)Alokasi Waktu:1  HARIA.Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

BKompetensi Dasar  (KD)

Matematika  :

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

B.Indonesia  :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentanganggota tubuh dan pancaindra,wujud dan sifat benda, sertaperistiwa siang dan malamdengan bantuan guru atautemandalam bahasa Indonesia lisandan tulis yang dapat diisi dengankosakata bahasa daerah untukmembantu pemahaman

3.4. Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaankeluarga denganbantuan guruatau teman dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis

yangdapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk membantuphaman

4.1  Mengamati dan menirukan teksdeskriptif tentang anggota tubuhdan pancaindra,wujud dan sifatbenda, serta peristiwa siang danmalam secara mandiri dalambahasa Indonesia lisan dan tulisyang dapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk membantupenyajian

4.4  Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secaramandiri dalam bahasa Indonesialisan dan tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasa daerahuntuk membantu penyajian

SBDB       :4.7. Menyanyikanlaguanak-anakdanberlatihmemahamiisilagu

PJOK4.1 Mempraktikkanpolagerakdasarlokomotor yang dilandasikonsepgerak

(sepertikonsep: tubuh, ruang, hubungan, danusaha) dalamberbagai

bentukpermainansederhanadan/atautradisional

C.Indikator Pencapaian Kompetensi :

Matematika    :

Menentukanjumlahhurufvokaldalamkalimat

B Indonesia   :

Menyebutkanurutanhurufmelaluinyanyian “a-b-c”

  • Mengurutkanhuruf a-b-c-d-e-fdenganurutan yang benar
  • Menulis di udara, pasir, danpunggung
  • Mengenalhurufvokal a-i-u-e-o
  • Menebalkangarissesuaipetunjuk

SBDP              :

  • Menyanyikan lagu “ a-b-c” dengan irama yang benar.

PJOK               :

  • Melakukangeraklokomotormenggunakan kaki dalamberjalanlurus
  • Melakukangeraklokomotormenggunakan kaki dalamberjalan zigzag
  • Melakukangeraklokomotormenggunakan kaki dalamberjalanlengkung

D.Tujuan pembelajaran :

  1. Denganbernyanyidanbermain, siswadapatmenyusunhuruf a-f denganurutan yang benar.
  2. Denganmelihatcontohnama, siswadapatmenyusunnamamerekadarikartu-kartuhurufdengantepat.
  3. Denganmendengarkancontohdari guru, siswadapatmenyanyikanlagu

“a-b-c” denganbenar.

  1. Setelahmelakukangerakanpadapermainansederhana, siswadapatberjalanmembentukgarislurusdenganbenar.
  2. Setelahmelakukangerakanpadapermainansederhana, siswadapatberjalanmembentukaris zigzag denganbenar.
  3. Setelahmelakukangerakanpadapermainansederhana, siswadapatberjalanmembentukgarislengkungdenganbenar.
  4. Denganpenjelasandari guru, siswadapatmempraktikkanposisiduduk yangbenarpadasaatmenulisdengantepat.
  5. Denganpenjelasandari guru, siswadapatmempraktikkancaramemegangpensilyangbenarpadasaatmenulisdengantepat
  6. Setelahmempraktikkansikaptubuhdancaramemegangpensil yang benarpadasaatmenulissiswadapatmenebalkangarisdenganbenar.

E.Materi ajar :

Matematika   : menentukan jumlah  huruf a-f dengan benar

B Indonesia   :  menyebutkan urutan huruf  a-f dengan benar dan menuliskan  huruf di udara

SBDP              : Menyanyi lagu a-b-c

PJOK               : melakukan gerak lokomotor

FPendekatan dan Metode pembelajaran =

Pendekatan Scientific

Strategi Cooperative Learning

Metode Tanya jawab, Diskusi dan Tugas

GKegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :10 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan Teman Baru”

Kegiatan INTI : 150 menit

Langkah – langkah kegiatan :

(Bernyanyi bersama teman sambil mengenal huruf)

1. Tempelkanhuruf a-z di papantulis.

2. Siswadiajakuntukbernyanyilagu “a-b-c” sambalmenunjukkanhuruf yang isebut.

3. Kemudian, siswa di mintauntukmembentukbeberapakelompok.

4. Setiapkelompokdiberikansatu set kartuhuruf(a-f), laludimintamengurutkan.

5. Setelahmengurutkanhuruf, setiapkelompokdimintamenuliskanhuruf-huruftersebutdiudara, sesuaiarahan guru.

6. Setelahmenulis di udaradilanjutkandenganmenulis di punggungdan di pasir.

7. Setelahsiswamenulishuruf di udara, dipunggungdan di pasir, mintalahmerekauntukmemperhatikanhuruf-huruf yang terdapatpadanamanya.

8. Secarabergiliran, siswamengambilhuruf-hurufdaritumpukanhuruf yang sudahdisediakanoleh guru yang terdapatpadanamamereka.

9. Siswadiingatkanuntukbelajarbersabarsaatinginmenunggugiliran.

10. Siswamencobamenyusunnamamereka.Setelahberhasil, siswabolehmengacungkantanganuntukmenyebutkannamanyadenganlantangsetelahditunjukoleh guru.

11. Kegiatanditutupdenganmengulangkembalilagu “a-b-c” dan guru engingatkansiswamengenaipentingnyamenghargaitemandalamkegiatankelompok.

Bergerak BersamaTeman

1. Guru menyampaikansetelahsiswabermain di dalamkelas, sekarangakanbermain di luarkelasdanmengajakkeluarkelas.

2. Guru membagisiswamenjadibeberapakelompok.

3. Masing-masingkelompokdibagidua, laluberdiriberpisahberhadap-hadapan.

4. Siswa no. 1 di sisi A dimintauntukberjalanlurusatauberlarimenujutemannya di sisi B danberbaris di belakangsiswa no. 5. Lalu, siswanomor 1 di sisi B berjalanlurus/berlarimenujutitik A danberbaris di belakangsiswa no. 5. Demikianseterusnya.

5. Kegiatankedua, guru memintasiswaberdiri di titik yang telahdibuat guru sebelumnyamembentukgaris zigzag.

6. Siswanomor 1 dimintauntukberjalanmenyusurigaris zigzag sampaikesiswano. 11. Lalusiswasiswalainmelangkahmundursatugaris. Selanjutnyasiswa no. 2 yang berada di posisi 1 berjalanmembuatgaris zigzag sampaikeposisi no. 11. Demikianseterusnya sampai kesebelas siswa melakukannya

7. Kegiatanketiga guru menggambargarislengkungjikamemungkinkan, dansiswa

berada di titikpuncakgaris. Jikatidakmemungkinkan guru memberitanda di

tengah-tengahmasing-masingsiswa. Mintasiswa no. 1 berjalanmenyusurigaris

lengkungsampaikesiswa no. 7 danseterusnya (dilakukan, sepertitahapanberjalanzigzag).

8. Siswakembalikedalamkelas.

9. Guru menyampaikansetelahbergeraksesuaigarislurus, zigzag, danlengkung, siswaakanmenggambarkangaris-garistersebut di bukusiswadenganmenggunakanpensil.

10. Guru menyampaikansebelummenulissiswaperlumengetahuiposisitubuh yangbenarpadasaatmenulisdanmemegangpensil yang benar. Lalu, guru mencontohkandanmemintasiswamempraktikkannya.

11. Guru jugamenyampaikanujungpensiltidakterlaluruncingdantidaktumpuldenganmemperlihatkancontohpensil yang dirautbaikdankurangbaik.

12. Lalu, siswadimintamelihatgambar di bukusiswadanmengerjakanlatihanmenulisdenganmenebalkangarisdannamateman di bukusiswa.

13. Sebagaipenutup, guru menanyakanpersamaanatauperbedaanpermainanberjalanlurus, zigzag, danlengkungdenganmenulisgarislurus, zigzag, danlengkung.

14. Guru mengajaksiswauntukbersyukurkepadaTuhan, karenadiberi kaki untukbergerakdantanganuntukmenulis.

Penutup : 15 menit

  1. Bersama siswa membuat kesimpulan  terkait dengan pembelajaran
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa

HMedia (Alat) dan  Sumber Belajar

Media : Alat peraga huruf a – z,  Teks lagu ”a-b-c”

Sumber Belajar  :  Buku siswa dan buku guru, lingkungan, diri siswa

I

Prosedur dan Instrumen Penilaian =

                                                                                           

TEknik dan insrumen Penilaian

Rubrik Menyusun hu ruf

No

NAMA

Perolehan Skor

Krieria 1

Krieria 2

1
2

Rubrik menyusun huruf menjadi nama diri

No

NAMA

Perolehan Skor

Krieria 1

Krieria 2

1’
2

RUbrik kegiaan menemukan huruf fokal dalam kalimat

No

NAMA

Perolehan Skor

Krieria 1

Krieria 2

Krieria 3

Mengetahui :                                                                                Jaten, 15 Juli 2013

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

Nunuk S.S.,S.Pd, M.Pd.                                                              Reni ANS,S.E, S.Pd

NIP 19620730 198201 2 003                                                                   NIP 19720909 200501 2 011

 

==============================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester     : I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik :                 1.DIRIKU
Sub Tema : 1.1           AKU danTEMAN BARU
Pembelajaran : 3 (MENGHITUNG BANYAK TEMAN)
Alokasi Waktu :            1  HARI
A. Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

BKompetensi Dasar  (KD)

Matematika  :

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

3.2 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

3.11 Menentukan urutan  berdasarkan  panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan , dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya

4.5 Membentuk  dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar  atau pola bangun datar yang sudah ada

B.Indonesia  :

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri  dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDB       :

3.1 Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.C.Indikator Pencapaian Kompetensi :

Matematika    :

  • Menghitung banyak benda 1-5
  • Mengidentifikasikan banyak benda
  • Menentukan benda yang lebih banyak
  • Menentukan benda yang  sedikit
  • Mengidentifikasi  bangun segi empat
  • Menggambar dari bentuk segi empat

B.Indonesia   :

  • Menentukan gambar yang telah dibuat

SBDP              :

  • Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat
  • Mengidentifikasi gambar

D.Tujuan pembelajaran :

  1.  Dengan mengamati gambar siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar
  2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak benda 1-5 secara tepat
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih sedikit
  5. Dengan mengamati benda, siswa dapat menunjukkan benda yang banyaknya sesuai dengan jumlah gambar di buku siswa.
  6. Setelah mengamati contoh segi empat, siswa dapat mengidentifikasi bentuk segi empat dengan tepat
  7. Setelah mengidentifikasi bentuk  segi empat, siswa dapat membuat gambar baru dari bentuk tersebut dengan kreatif
  8. Dengan kegiatan menggambar, siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri

E.Materi ajar :

MATEMATIKA :Menghitung benda 1-5 dengan benar

B INDO         : Menceritakan jumlah anggota keluarga di rumah

SBPD             : Membuat gambar dari bentuk segi  empatF Pendekatan dan Metode pembelajaran :

Pendekatan Scientific

Strategi Cooperative Learning

Metode Tanya jawab, Diskusi dantugasGKegiatan Pembelajaran

Pendahuluan :10 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan Teman Baru”

 

Kegiatan INTI : 150 menit

 

Langkah – langkah kegiatan :

 (Menghitung banyak teman)

  1. Guru mrnyampaikan bahwa hari ini akan belajar berhitung bersama teman
  2. Siswa mengamati gambar pada buku siswa
  3. Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar
  4. Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan
  5. Siswa berlatih pada halaman berikutnya
  6. Siswa menghitung jumlah siswa di setiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak
  7. Siswa mengamati benda di sekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada di buku siswa.
  8. Siswa menyampaikan hasil pengamatan kepada temannya
  9. Siswa diminta membandingkan dengan hasil pengamatan temannya .

Adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama?

  1. Adakah kelompok  yang mengamati benda yang sama, tapi jumlahnya berbeda? Sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak?

(Mengenal bentuk segi empat)

1. Siswa diarahkan untuk melihat bentuk-bentuk  yang ada di sekitar kelas (pintu, jendela, papantulis, dan lain-lain).

2. Siswa diminta menjelaskan bentuk masing-masing benda tersebut sesuai dengan pemahamannya.

3. Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.

4. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar.

5. Guru memperkenalkan bangun segi empat.

6. Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk segiempat sesuai imajinasi

mereka kemudian me warnai gambar tersebut.

7. Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya.

Penutup : 15 menit

  1. Bersama siswa membuat kesimpulan  terkait dengan pembelajaran
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa

HMedia (Alat) dan  Sumber Belajar

  • Media                  :

Kotak bekas pasta gigi, sabun, kotak korek api, dll (yang mempunyai bentuk dasar segi empat)

  • Sumber Belajar  :

Buku siswa dan buku guru

IProsedur dan Instrumen Penilaian =

_________ 15  Juli 2013

Mengetahui :

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

  LAMPIRAN PENILAIAN HASIL

Cara penilaian menghiung dan mewarnai

No

NAMA

Perolehan Skor

Krieria 1

Krieria 2

1 Beni

3

4

2 Dayu

4

4

Cara penilaian menggambar  dari benuk segi empa

No

NAMA

Perolehan Skor

Krieria 1

Krieria 2

1’ Beni

3

4

2 Dayu

4

4

========================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester : I (SATU) / 1(ganjil)
Tema : Diriku
Sub Tema :
  1. Aku dan Teman Baru
Pembelajan Ke- : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 1 (SATU ) HARI
A. Kompetensi INTI

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B Kompetensi Dasar

PKn                         :  4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

Bahasa Indonesia      :

3.4  Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaankeluarga denganbantuan guruatau teman dalam bahasaIndonesia lisan dan tulis yangdapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.4   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika : 3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

C. Indikator Pencapaian Kompetensi :

PPKn                       :   – Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Bahasa indonesia     :   –  Mengidentifikasi nama teman

-  Mdenyebutkan nama teman

Matematika             :  – Menghitung banyak benda 1-5

-  Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan

D. Tujuan pembelajaran :

Tujuan pembelajaran Mengenal Bilangan bersama Teman:

1. Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.

2. Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.

Tujuan pembelajaran Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru :

1. Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.

2. Setelah melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama temannya dengan benar.

E. Materi ajar    :
F Pendekatan dan Metode pembelajaran :

-       Pendekatan Scientific

-       Strategi Cooperative Learning

-       Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran

G Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan : 10 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Mengajak menyanyi  “ Siapa Namamu”
  4. Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan teman baru”

Kegiatan INTI : 150 menit

Langkah-langkah mengenal bilangan sambil bermain :

1. Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.

2. Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.

3. Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel disatu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.

4. Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian

seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.

5. Siswa diminta kembali ke tempat semula.

6. Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.

7. Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.

8. Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.

9. Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.

10. Siswa berlatih memasangkan lambang bilangan 1-5 dengan jumlah bilangan di buku siswa.

Langkah-langkah Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru:

1. Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.

2. Minta siswa untuk berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.

3. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.

4. Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.

5. Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran.

6. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelahnya.

7. Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.

8. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.

9. Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.

10. Kegiatan diulang sampai semua mendapat giliran.

11. Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan.

12. Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman jika ada.

13. Guru menuliskan nama-nama siswa yang memiliki nama lengkap dan nama panggilan yang sama dalam satu kelompok.

14. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.

15. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa hampir semua anak

mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus.

Penutup : 15 menit

  1. Bersama siswa membuat kesimpulan pada keg sehari
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa
 H Media (Alat) dan  Sumber Belajar

Media  :  Media dan alat pembelajaran:

• Buku siswa

• Potongan kertas bertuliskan angka 1-5 sebanyak 3 set

atau lebih

Sumber Belajar = – Buku siswa dan buku guru tema hal       1. Diriku

-  Diri anak

I Prosedur dan Instrumen Penilaian =

Penilaian: Observasi (Pengamatan)

Lembar Pengamatan Ketaatan dalam Peraturan Permainan

No

Kriteria

Terlihat

Belum terlihat

1

2

3

4

Siswa mampu mengikuti instruksi guru  Siswa terlibat aktif dalam permainan  Mengikuti peraturan dalam permainan

Mengenal konsep dan lambang bilangan 1-5

   

 

 

Mengetahui :                                                                                Semarang, 15 Juli 2013

Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

 

 

=========================================================================

  RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/Semester : I (SATU) / 1(satu)
Tema / Topik : Diriku
Sub Tema :
  1. Aku dan Teman Baru / I (satu)
Pembelajan Ke- : 1 (PERTAMA)
Alokasi Waktu : 1 (SATU ) HARI
A. Kompetensi INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengarkan, melihat, membaca) dan menanya, berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yg mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

BKompetensi DasarPKn                         :  4.2  Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolahPJOK                       :  4.3  Mempraktikan pola gerak dasar manipilatif yang dilandasi  konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

Bahasa Indonesia      :  4.4   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP                        :  4.1   Menggambar ekspresi dengan mengolah garis,warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitarC.Indikator Pencapaian Kompetensi :PPKn                            :   – Menjalankan peraturan pada permainan di sekolahPJOK                            :    – Melakaukan gerakan melempar

-  Melakukan gerakan menangkap

Bahasa indonesia      :   –  Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap

-    Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan

-    Menyebutkan nama temanya

SBDP                           :  –   Memberi hiasan pada kartu namaD.Tujuan pembelajaran :

  1. Setelah megikuti permaninan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara bernar
  2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
  3. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

E.Materi ajar    :PKn                 :  Berprilaku tertib mentaati Peraturan PermainanB. Indonesia  :  Menyebutkan nama teman baru

PJOK               :  Lempar dan tangkap bola

SBDP              :   –  Bernyanyi “ Siapa Namamu”.

-   Menghias kartu namaFPendekatan dan Metode pembelajaran :-       Pendekatan Scientific-       Strategi Cooperative Learning

-       Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peranGKegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit

  1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Mengajak menyanyi  “ Siapa Namamu”
  4. Menginformasikan tema ”Diriku” dan sub tema ”Aku dan teman baru”

Kegiatan INTI : 150 menit

 

   “   Teman Baru “

Langkah-langkah kegiatan:

1.  Pada awal pelajaran, guru memperkenalkan diri kepada siswa.

2.  Guru meminta siswa membuka buku siswa hal. 1 dan membacakan teks dan nama-nama

teman Udin.

3. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa    hal. 2.

4. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan  menjelaskan aturan bermainnya yaitu siswa diminta melingkar (boleh duduk atau berdiri).

5.  Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/ Bapak….nama panjang….biasa dipanggil Ibu/ Bapak…. kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)

6.  Siswa yang berhasil menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.

7.  Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.

8. Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru bisa menggunakan lagu     yang ada di buku siswa.

Lirik lagu “Siapa Namamu”

Ciptaan A.T. Mahmud

1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./

Sia pa kah na ma mu

5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //

Na ma ku ………….

(sebutkan nama anak)

9.  Siswa berada pada posisi lingkaran. Guru menyanyi sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.

10.Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal  nama.

                     “ Menghias Kartu Nama “

Langkah-langkah kegiatan:

  1. Guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.

2. Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masingmasing.

3. Guru membagikan potongan-potongan karton dengan nama masing-masing siswa.

4. Guru menunjukkan kartu namanya sendiri yang sudah dibuat sebelumnya sebagai contoh

5. Siswa diminta untuk menghias dan atau mewarnai kartu nama mereka masingmasing.

6. Siswa diminta menggunakan kartu namanya selama berada di sekolah atau menempelkan semua kartu nama di kelas.

Penutup : 15 menit

  1. Bersama siswa membuat kesimpulan pada keg sehari
  2. Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
  3. Melakukan penilaian hasil belajar
  4. Mengajak semua siswa berdoa
 H Media (Alat) dan  Sumber Belajar Media  :  1.  Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
  1. Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong- potong dan diberi nama masing-masing siswa
  2. Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
  3.  Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama

Sumber Belajar = – Buku siswa dan buku guru tema 1. Diriku

-  Diri anakIProsedur dan Instrumen Penilaian = Mengetahui :                                                                               __________, 11 Juli 2013Kepala Sekolah                                                                             Guru Kelas 1

____________________                                                            _____________________

Perkenalkan dirimu didepan kelas

(Buku Siswa halaman 1)

Lampiran MATERISebutkan nama teman-teman Udin

(Buku Siswa halaman 1)

Buatlah kartu nama dan hiaslah

( Buku siswa halaman 7 )

Lakukan berkenalan sambil bernyanyi“ Siapa Namamu “  Cipt. A.T Mahmud

(Buku siswa  halaman 3)

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL

Cara Penilaian memperkenalkan diri  dengan permainan

No

Nama siswa

Perolehan skor

Kriteria 1

Kriteria 2

Kriteria 3

1

Beni

4

3

4

2

Dayu

3

4

3

Dan seterusnya

 

Rumus perhitungan sebagai berikut:

X 100

Jumlah skor yang diperoleh siswa                            Skor ideal

Keterangan:

  • Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2.
  •  Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.

Pada contoh ini, skor ideal = 3 X 4 = 12

Perhitungan nilai akhir siswa:

􀂇􀀃 Dayu : 11 x 100 = 91,7

12

􀂇􀀃 Beni : 10 x 100 = 83,3

12

12 comments on “RPP KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 1-6

  1. Thanks mbak… dpt referensi… ak ni jg ngajar kls 1… baru kali ni ak ngajar kls 1, agak canggung… bismillahirrohmanirrohim… smg lancar…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s