RPP kelas 1 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 1-6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /1

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.4 Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP =  4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagi

PPKn =  4.4 Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

MATEMATIKA =  4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

• Membaca teks lagu yang dipelajari dengan lancar

• Menyajikan informasi dalam bentuk tabel

• Menceritakan hasil pengamatan dengan lancar

• Menuliskan kembali teks lagu yang dipelajari dengan benar

PPKn • Menjelaskan perbedaan antara dua karakteristik individu secara lisan

SBDP = • Menyanyikan lagu Cing Gemerincing dengan lancar dan percaya diri sesuai irama

Matematika = • Menuliskan hasil wawancara dalam bentuk diagram/grafik gambar

D. Tujuan Pembelajaran

Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?

• Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyanyikan lagu ‘Cing Gemirincing’ dengan lancar dan percaya diri.

• Dengan melakukan wawancara kepada teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data hasil wawancara dengan benar.

Mengidentifikasi Perbedaan Suara

• Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara keras, suara sedang, dan suara lembut dengan tepat.

• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara sedang, dan suara lembut.

E. Materi Ajar

     Bernyanyi,

      Membuat Grafik gambar sambil mengenal lagu,

     Menulis syair lagu

F.  Pendekatan               : Scientific                Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa siapa di antara mereka yang suka bernyanyi

2. Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal yang lain.

3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.

4. Siswa menyanyikan lagi “Cing Gemerincing” bersamasama dengan bimbingan guru.

5. Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian secara berpasangan di depan kelas.

6. Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang lagu kesukaan teman-temannya

7. Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan survei.

8. Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu yang lain.

9. Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa

membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa) sebanyak siswa yang memilih suatu lagu.

10. Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa

11. Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.

12. Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikit disukai siswa!”

13. Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar.

14. Selanjutnya siswa diminta untuk melengkapi tulisan yang ada di buku siswa pembelajaran 1 tentang lagu kesukaan.

15. Siswa diminta menceritakan hasilnya kepada teman dan guru.

Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Cing Gemerincing”.

2. Sebelumnya guru meminta siswa untuk menebalkan tulisan di buku siswa.

3. Siswa menyanyikan lagu Cing Gemerincing

4. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.

5. Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok pertama mendengarkan.

6. Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup jari.

7. Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.

8. Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara suara di sekitar dengan semua siswa diam.

9. Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa suara itu ada yang keras, sedang, dan ada yang lembut.

10. Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara).

11. Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadaphadapan, teman yang berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia.

12. Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara di sekitar, siswa diminta melakukan latihan di buku siswa memberi tanda √ pada table yang tersedia di buku siswa. Jika terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklis pada kolom L jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.

13. Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta

untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut.

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian.

-  Guru memberikan pekerjaan rumah berupa = Orang tua mengajak anak mendiskusikan suara-suara yang paling sering di dengar dan membahas keras lembutnya.

 

 

 H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa, Teks dan not lagu Cing Gemerincing,  Karton

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis)

 

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

=====================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /2

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.5 Membuat teks diagram/label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP =  4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagi

PPKn =

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

MATEMATIKA =

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

• Mendengarkan teks lagu yang di bacakan dengan tertib

• Menirukan bacaan teks lagu yang didengar

• Membaca teks lagu dengan nyaring

PPKn • Bekerja sama dalam melakukan kegiatan kelompok

SBDP =• Menyanyikan sebuah lagu pilihannya

Matematika = • Menghitung jumlah kata-kata tertentu pada teks lagu yang dipelajari

D. Tujuan Pembelajaran

Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu

• Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan percaya diri.

• Dengan mengamati teks lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut dengan tepat.

Membaca dan Menyusun Teks Lagu

• Dengan menggunakan teks lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu dengan benar.

• Setelah membaca, siswa diminta menyusun potonganpotongan syair lagu dengan tepat.

• Setelah menyusun potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu penggalan lagu dengan tepat.

E. Materi Ajar

     Bernyanyi “Naik-naik ke puncak gunung”

Menghitung jumlah kata dlm lagu

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.

2. Siswa dan guru menyanyikan lagu tersebut secara bersama-sama dengan penuh semangat.

3. Setelah semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk

mencari kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa

dan menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang

dipelajari.

4. Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang

telah disiapkan dengan benar.

5. Siswa menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.

6. Siswa dan guru membahas hasil penghitungan secara

bersama-sama.

Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Siswa mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).

2. Setiap kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu yang utuh.

3. Kelompok siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.

4. Selanjutnya, siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.

5. Siswa juga menuliskan kata yang belum dimengerti.

6. Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian.

-  Guru memberikan pekerjaan rumah berupa = Orang tua mengajak siswa berlatih menulis kata-kata yang dekat dengan suasana sehari-hari.

 

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa, Teks dan not lagu Cing Gemerincing,  Karton

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis)

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

=================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /3

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn =

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

MATEMATIKA =

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

  • • Menyimak nama-nama alat musik tradisional
  • • Mengucapakan kembali nama-nama alat musik tradisional
  • • Menyimak nama-nama alat musik modern
  • • Mengucapakan kembali nama-nama alat musik modern
  • • Membaca nyaring nama-nama alat musik yang di pelajari
  • • Mengelompokkan gambar-gambar alat musik ke dalam alat musik tradisional atau modern
  • • Menyusun huruf menjadi nama-nama alat musik yang ditentukan.

PPKn

• Bekerja sama dalam mengikuti permainan.

• Mengikuti aturan yang berlaku dalam permainan.

• Bekerja sama dalam menyusun kata

Matematika =

• Menghitung jumlah huruf dalam satu kata dengan tepat

• Menyelesaikan soal penjumlahan dengan bantuan gambar alat music

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengelompokkan Alat Musik

• Dengan menirukan guru, siswa mampu membacakan nama-nama alat musik dengan benar.

• Setelah membaca, siswa mampu memasangkan dengan benar kartu kata dengan gambar alat music yang sesuai.

Menyusun Huruf dan Berhitung

• Dengan menggunakan kartu huruf, siswa mampu menyusun dengan benar hurufhuruf tersebut menjadi nama-nama alat musik dengan benar.

• Setelah menyusun kartu huruf, siswa mampu menghitung dengan tepat jumlah huruf pada satu nama alat musik dengan benar.

E. Materi Ajar

Mengenal Alat Musik Tradisional dan Modern

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru menjelaskan bahwa sebuah lagu akan menjadi indah jika diiringi oleh musik.

2. Siswa diminta menyebutkan alat-alat musik yang mereka ketahui.

3. Guru menunjukkan sebuah gambar saksofon dan suling. Guru menjelaskan bahwa suling adalah alat music tradisional dan saksofon adalah alat musik modern. Guru menjelaskan bahwa alat music tradisional adalah alat musik yang berasal dari daerah.

4. Guru menunjukkan berbagai alat musik menggunakan kartu gambar dan kartu kata.

5. Guru membaca nama-nama alat musik saatmenunjukkan gambarnya.

6. Siswa mengucapkan kembali kata-kata guru dengan suara nyaring.

7. Siswa menjelaskan gambar yang dilihatnya apakah termasuk alat musik tradisional atau modern.

8. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang dikemukakan siswa.

9. Setelah semua gambar ditunjukkan, siswa dibagi dalam 4 kelompok.

10. Setiap kelompok menggunakan nama alat-alat music daerah setempat serta berdiri dalam satu barisan.

11. Guru meletakkan 2 set kartu gambar di depan kelas (di depan barisan siswa) dengan diacak.

12. Guru menuliskan nama-nama kelompok di papan tulis.

13. Siswa di barisan paling depan mengambil kartu gambar dan membawa kartu tersebut ke kelompoknya untuk mendiskusikan gambar yang diambil termasuk alat music modern atau alat musik tradisional. Siswa yang membawa kartu akan menyebutkan jawaban kelompoknya.

14. Guru akan menuliskan angka 1 jika berhasil mengategorikan alat musik dan membiarkan skor kosong jika siswa menjawab salah.

15. Siswa yang telah mengambil kartu meletakkan kembali kartu gambar di tempat semula dan berdiri di barisan paling belakang.

16. Guru mengacak kartu-kartu gambar, lalu permainan dilanjutkan, seperti sebelumnya.

17. Begitu seterusnya hingga semua anggota kelompok mendapat kesempatan untuk menjawab.

18. Setelah permainan selesai, guru mengumumkan pemenang permainan dan menjelaskan bahwa manfaat mengikuti permainan itu adalah untuk melatih siswa dalam mengikuti aturan permainan dan kerja sama kelompok.

19. Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa tentang alat musik tradisional dan modern, serta memasangkan nama dan alat musik.

Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru menjelaskan bahwa setelah mengelompokkan Alat alat musik mereka akan menyusun huruf menjadi nama nama alat musik dan belajar berhitung.

2. Guru mengeluarkan kartu-kartu huruf beserta dengan potongan-potongan kertas kosong.

3. Siswa diminta berkelompok (disarankan jumlah masingmasing kelompok 4-5 orang).

4. Setiap kelompok diberi 1 set kartu huruf dan beberapa lembar potongan kertas kosong.

5. Siswa diminta untuk membuat kata nama-nama alat music yang sudah dipelajari dan menghitung jumlah huruf dalam kata tersebut, serta menuliskan angkanya di kertas kosong yang sudah diberikan.

6. Setiap kelompok diberikan waktu untuk menyusun huruf misalnya 3 menit.

7. Setelah waktu yang ditentukan habis, setiap kelompok diberi kesempatan untuk menunjukkan/membacakan hasil pekerjaannya dan menyebutkan jumlah huruf yang ada pada tiap kata.

8. Guru menuliskan jawaban tiap-tiap kelompok di papan tulis.

9. Guru menilai hasil pekerjaan siswa berdasarkan jumlah kata dan ketepatan jumlah huruf yang ada pada tiap kata.

10. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara menjumlahkan bilangan yang hasilnya 11-20.

11. Setelah itu, siswa berlatih menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang terdapat dalam buku siswa.

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian.

 

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa

Kartu gambar alat musik 2 set

Potongan-potongan huruf (Sebelumnya guru sudah menyediakan kartu–kartu huruf)

Potongan-potongan kertas kosong

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis)


Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==========================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /4

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn =

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

SBDP

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan alam di lingkungan sekitar

4.14 Membuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

  • • Mendengar isi teks yang dibacakan guru
  • • Menceritakan kembali isi teks yang didengar dengan lancar
  • • Menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi teks yang didengar
  • • Mengidentifikasi gambar yang sesuai dengan isi teks

PPKn

• Melaksanakan tata tertib dalam mengikuti kegiatan menari

• Menunjukkan sikap kerja sama dalam Kegiatan

SBDP =

• Mempraktikkan gerakan tarian yang dicontohkan guru dengan benar

• Mewarnai gambar tarian dengan rapi

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengenal Tari Daerah

• Dengan mendengarkan cerita guru tentang macammacam tarian tradisional, siswa mampu menceritakan kembali isi teks cerita dengan benar.

• Dengan menirukan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan tari daerah yang dipelajari dengan lancar dan percaya diri.

Mewarnai Gambar

• Setelah memperhatikan gambar, siswa mampu mewarnai gambar dengan rapi.

 

E. Materi Ajar

Mengenal Tarian Tradisional dan Modern

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan1:

1. Siswa mendengarkan guru membaca teks di buku.

2. Guru mengenalkan beberapa tarian daerah yang ada di buku siswa.

3. Guru bertanya kepada siswa, “Siapa yang suka menari?”  “Tarian apa yang kamu bisa?”, “Coba peragakan salah satu gerakan tarian yang kalian bisa!”

4. Guru mengajarkan tarian tradisional setempat dengan gerakan-gerakan sederhana

5. Gerakan diajarkan bertahap agar memudahkan siswa dalam melakukan gerakan tari tersebut.

6. Lakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat melakukan gerakan-gerakan tari yang dipelajari.

Langkah-Langkah Kegiatan2:

1. Guru meminta siswa membuka buku pelajarannya.

2. Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukkan guru.

3. Siswa diminta untuk memperhatikan gambar penari Tari Saman.

4. Guru menyampaikan, bahwa alangkah indahnya jika gambar penari itu diberi warna yang serasi.

5. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut.

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian.

Guru memberikan pekerjaan rumah berupa =Orang tua mengajak anak untuk mengumpulkan informasi tentang tarian daerah setempat

 
  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa

Krayon, pensil warna

Gambar tarian daerah (ada pada buku siswa)

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis)


Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

========================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /5

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn =

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

4.3 Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan di sekolah

SBDP = 4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

MATEMATIKA =

3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.8 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

  • • Mengikuti arahan guru dalam melakukan permainan
  • • Mengemukakan pendapat secara lisan tentang pengalaman mengikuti permainan

PPKn

  • • Bekerja sama untuk melakukan permainan tradisional
  • • Mengikuti aturan dalam melakukan permainan

SBDP =

  • • Mempraktikkan gerakan tarian yang dicontohkan guru dengan benar
  • • Mewarnai gambar tarian dengan rapi

Matematika =

 • Mengidentifikasi pasangan bilangan dengan jumlah tertentu

• Menentukan pasangan bilangan dengan jumlah yang ditentukan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Bermain sambil Bernyanyi

• Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan permainan ‘Cublak- Cublak Suweng’ dan ‘Ampar-Ampar Pisang’ secara berkelompok.

• Dengan permainan, siswa mampu melakukan gerak non-lokomotor dengan benar.

• Setelah bermain, siswa mampu mengemukakan pendapat tentang permainan yang dilakukan secara lisan.

Keluarga Bilangan

• Dengan permainan siswa mampu menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu secaratepat

 

E. Materi Ajar

Menyanyikan lagu daerah sambil melakukan permainan

Memasangkan bilangan agar berjumlah 16

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan1:

1. Guru mengenalkan lagu-lagu daerah berikut:

2. Siswa dikenalkan dengan lagu Cublak Cublak Suweng dari Jawa Tengah dan Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan.

3. Siswa dikenalkan dengan permainan Cublak Cublak Suweng. Berikut ini aturan permainannya:

− Salah satu siswa duduk bersujud dengan menutup mata.

− Siswa-siswa yang lain membuka telapak tangannya di atas punggung seorang siswa sambil menyanyikan Cublak Cublak Suweng

− salah satu siswa memegang satu batu dan menjalankan batu tersebut diatas tangan teman-temannya secara bergantian.

− Ketika lagu selesai dinyanyikan batu diletakkan di atas tangan seorang siswa.

− Lalu semua siswa menggenggam tangan sambil menggoyang-goyangkannya dan menyanyikan sir..sir..pong….dele gopong berkali-kali.

− Siswa yang bersujud bangun dan menebak di tangan siapa batu tersebut disimpan.

− Jika tebakannya tepat maka siswa yang memegang batu menggantikan siswa yang duduk bersujud.

− Jika tebakannya salah maka yang menebak kembali duduk bersujud untuk bermain Cublak Cublak Suwengdari awal.

− Permainan Cublak-Cublak Suweng efektif jika pesertanya berjumlah 5-7 siswa.

4. Siswa juga dikenalkan dengan permainan ampar-ampar pisang . Berikut ini aturan permainannya.

− Siswa duduk di lantai dengan rapi dan kaki di luruskanke depan.

− Seorang siswa memandu permainan dengan menyanyikan lagu ampar-ampar pisang sambil bergantian menyentuh kaki semua anak.

− Kaki terakhir yang disentuh ketika lagu selesai dinyanyikan maka kaki itulah yang dilipat atau tidak diikutkan dalam nyanyian berikutnya.

− Permainan terus dilanjutkan hingga tersisa satu kakiyang tidak dilipat. Kaki itulah yang menjadi pemenangnya.

5. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan permainan”Cublak Cublak Suweng”. Kelompok kedua melakukan permainan “Ampar Ampar Pisang”.

6. Selanjutnya guru memandu siswa untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada pada buku siswa.

7. Siswa masih berada pada kelompok bermainnya masing-masing.

8. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menuliskannya

Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru menjelaskan dalam sebuah pergelaran musik, bisa diatur menjadi dua kelompok, yaitu peniup suling dan pemain gitar.

2. Guru meminta 12 siswa ke depan kelas

− Guru bertanya pada siswa, Jika pemain suling terdiri dari 6 siswa, berapa jumlah siswa pemain gitar?

− Siswa diminta berhitung sampai 6 lalu memisahkan diri dari barisan semula. Kelompok ini adalah peniup suling.

− Guru bertanya pada siswa, berapa jumlah siswa pemain gitar?

− Siswa diminta menjawabnya.

− Guru menuliskan di papan tulis sebagai berikut:

12          6

6

− Guru menanyakan kembali pada siswa, jika peniup suling terdiri dari 8 siswa, berapa jumlah siswa pemain gitar?

− Sejumlah 8 siswa memisahkan diri dari barisan. Siswa diminta menghitung jumlah siswa yang berada di barisan?

− Siswa diminta untuk mencari pasangan bilangan lainnya dari bilangan 12

3. Untuk menguatkan konsep dan kerja sama, siswa bermain dalam kelompok

4. Siswa dikelompokkan dengan jumlah kelompok antara 11-20 siswa.

5. Setiap kelompok berperan sebagai kelompok pemain musik. Mereka harus membagi kelompok menjadi peniup suling dan pemain gitar.

6. Setiap kelompok diminta untuk membuat variasi pembagian orang untuk peniup suling dan pemain gitar yang disebut dengan variasi keluarga bilangan.

7. Setiap kelompok diberikan waktu untuk mendiskusikan berbagai variasi keluarga bilangan yang mungkin dari sebuah bilangan.

8. Masing-masing kelompok mendapatkan kertas kosong untuk menuliskan variasi keluarga bilangan.

9. Setiap kelompok menampilkan alternatif variasikeluarga bilangan dari jumlah sejumlah anggota kelompoknya.

10. Guru menutup kegiatan dengan mengingatkan siswa bahwa satu masalah bisa dipecahkan dengan berbagai cara. Matematikamengajarkan kita berpikir kreatif dalam mencari solusi sebuah permasalahan.

11. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian.

-  Guru memberikan pekerjaan rumah berupa =

Membuat pasangan bilangan dari 11

sampai 20.

 
  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa

Batu kerikil (kecil)

Kertas

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis)

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester            : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 2.Kegemaranku / 2. Gemar Bernyanyi dan Menari /6

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia :

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

PJOK =

4.6 Mempraktikkan pola gerak dasar senam sederhana menggunakan pola lokomotor dan nonlokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan tanpa/dengan musik)

SBDP =

3.3 Mengenal unsur-unsur gerak, bagianbagian gerak anggota tubuh dan level gerak dalam menari

4.9 Melakukan gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia

  • • Menirukan ucapan yang didengar dengan tepat
  • • Membaca nyaring teks nama-nama alat musik dengan benar

PJOK • Mempraktikkan gerakan Tari Poco-Poco dengan benar sesuai arahan

SBDP = • Melakukan gerak senam mengikuti irama musik sesuai arahan

D. Tujuan Pembelajaran

Mengenal Tari Poco Poco

• Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu mempraktikan gerakan Tari Poco-Poco dengan benar

Membaca dan Mencari Kata

• Dengan menirukan ucapan guru, siswa mampu membaca nama-nama alat musik dengan nyaring.

 

E. Materi Ajar

Melakukan tari POCO POCO

Evaluasi

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU

 

Kegiatan Pembuka

( 10 menit )

  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari

 

Kegiatan Inti Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru mengajak siswa ke lapangan.

2. Siswa diminta berbaris rapi.

3. Guru mengajarkan Tari Poco-Poco. Berikut ini teknik melakukan Tari Poco Poco.

− Dua langkah kecil ke kanan, kembali ke tempat.

− Mundur satu atau dua langkah ke belakang.

− Maju ke depan sambil berputar.

− Begitu seterusnya, gerakan tersebut diulang-ulang.

4. Siswa mengikuti gerakan guru.

5. Gerakan terus dilakukan hingga semua siswa dapat melakukannya dengan baik

Langkah-Langkah Kegiatan:

1. Guru menulis kata-kata yang ada pada buku siswa di papan tulis. Berikut ini daftar kata-kata yang tertulis di buku siswa halaman 54.

2. Guru membaca dengan suara nyaring.

3. Siswa menirukan kembali bacaan guru.

4. Kegiatan ini diulang 2 -3 kali.

5. Siswa diminta berkelompok sesuai dengan huruf awal nama mereka.

6. Secara bergantian setiap kelompok siswa diminta untuk membaca nyaring katakata di atas.

7. Setelah semua kelompok mendapat giliran, siswa diminta untuk mengerjakan latihan di buku siswa tentang menyusun huruf menjadi kata

 
Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.

-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan penilaian Lembar Evaluasi (Portofolio).

 
  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa

Kaset Tari Poco-poco (Sebelumnya guru sudah mempelajari tari Poco-Poco)

Radio Tape

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian Proses dan Hasil Akhir (Tes Tertulis Lembar Evaluasi-portofolio)

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

5 comments on “RPP kelas 1 Tema 2 Sub Tema 2 Pembelajaran 1-6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s