RPP Kelas 1 Tema 3 Sub tema 2 Pembelajaran 1-6

SELAIN DISINI BISA di BUKA di sini= https://www.facebook.com/groups/483565058397836/files/

Saya termasuk pengurusnya semua yang terbaru ada disana

JUGA TELAH TERSEDIA CD ANIMASI PEMBELAJARAN DAN PERANGKAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN ….HUB 081329080273 /PIN BB 2966E9CD

promo1 reni promo

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 1

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

PPKn : 3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia• Memahami isi wacana

• Mempraktikkan bermain peran berdasarkan teks

PPKn : • Membedakan perilaku tertib dan tidak tertib

 

D. Tujuan Pembelajaran

Membaca dan Memahami Isi Bacaan

• Setelah kegiatan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks melalui kegiatan tanya jawab.

Bermain Peran

• Setelah mendengarkan guru membacakan wacana, siswa dapat bermain peran tentang Kancil dan Buaya dengan baik

 

E. Materi Ajar

Menghitung Benda pada gambar

Menyanyi sambil berhitung “Tek kotek kotek”

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan 1:1. Guru menyampaikan bahwa di antara pagi dan malam terdapat waktu siang dan sore.

2. Waktu siang adalah pada saat sinar matahari sudah terasa panas dan terik.

3. Guru membacakan teks deskriptif sederhana dan

ditirukan siswa dengan nyaring.

4. Siswa mengikuti bacaan yang ditunjukkan oleh guru.

5. Guru bertanya kepada siswa “Apakah ada kata-kata yang tidak dimengerti?”

6. Siswa berdiskusi tentang isi teks dengan bantuan guru.

Langkah-langkah kegiatan 2:

1. Guru membacakan wacana Kancil dan Buaya.

2. Siswa menirukan guru dengan suara nyaring.

3. Siswa berlatih bermain peran cerita Kancil dan Buaya sesuai teks.

4. Guru bertindak sebagai narator dan mengarahkan siswa.

5. Selanjutnya, siswa berperan sebagai narator, sebagai Kancil dan sebagai Buaya.

6. Guru mengulangi kegiatan ini sampai semua siswa mendapatkan kesempatan.

7. Siswa harus mendengarkan dan melihat pertunjukkan dengan tertib.

8. Siswa memberikan apresiasi kepada siswa lain dengan bertepuk tangan.

Langkah-langkah kegiatan 3:

1. Guru mengarahkan diskusi dengan bertanya kepada siswa mengenai perilaku tertib.

2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.

3. Setelah semua gambar ditunjukkan, (untuk meningkatkan pemahaman siswa) guru melakukan permainan.

4. Guru meletakkan gambar-gambar tersebut di depan kelas.

5. Guru mempersilakan dua orang siswa untuk mengikuti permainan.

6. Kedua siswa tersebut akan berlomba mengumpulkan gambar-gambar yang menunjukkan ketertiban.

7. Setelah selesai mengumpulkan gambar-gambar tersebut, kedua siswa menyerahkan kepada guru.

8. Pemenangnya adalah siswa yang paling banyak mengumpul kan gambar yang sesuai.

9. Selanjutnya, siswa mengerjakan latihan memilih gambar yang menunjukkan ketertiban di buku siswa.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Mengerjakan Lembar Evaluasi

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

• Teks cerita suasana pagi/buku cerita

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

      

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 2

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Matematika : 3.2 Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.5 Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada

PJOK : 3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif

4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotoryang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

C. Indikator

Matematika• Mengidentifikasi benda yang berbentuk kerucut

• Mengidentifikasi  benda yang berbentuk balok

• Mengidentifikasi benda yang berbentuk kubus

• Mengidentifikasi benda berbentuk bola

• Menggambar dengan bentuk dasar bangun ruang

PJOK : • Berjalan zig-zag dengan posisi badan tegak menghadap ke depan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Berjalan Zig-zag

• Setelah melakukan pemanasan dapat melakukan jalan zig-zag, seperti yang dicontohkan guru.

Menggambar dengan Bangun Ruang

• Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi benda yang berbentuk kerucut, kubus, balok, dan bola dengan tepat.

 

E. Materi Ajar

Menggambar dengan bangun ruang  (KUBISME)

Berjalan zig zag

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkar kegiatan 11. Guru mengajak siswa untuk ke luar kelas menuju lapangan.

2. Di lapangan, guru telah membuat empat garis lintasan berben-tuk lurus, zig-zag, berkelok dengan menggunakan kapur tulis.

3. Guru mengajak siswa untuk melakukan pemanasan.

4. Guru memeragakan gerak jalan lurus, jalan zig zag (serong kanan dan serong kiri dengan posisi badan tegap ke depan), dan jalan berbelok-belok.

5. Guru membagi siswa menjadi empat kelompok.

6. Setelah itu, melakukan gerakan/jalan lurus, serong kanan dan kiri, serta jalan berkelok, seperti yang dicontohkan guru satu per satu secara bersamaan.

7. Lakukan beberapa gerakan bervariasi, misalnya tangan di pinggang atau sambil membawa beban.

8. Setiap siswa mendapat kesempatan di semua lintasan.

9. Sebagai penutup, guru bertanya kepada siswa tentangperasaan mereka setelah mengikuti kegiatan.

Langkah-langkah kegiatan 2

1. Guru terlebih dahulu menjelaskan bahwa setelah mempelajari bangun datar, siswa akan mempelajari bangun ruang.

2. Guru memperkenalkan nama-nama bangun ruang dan gambarnya (kerucut, kubus, balok, dan bola).

3. Selanjutnya, guru bertanya kepada siswa apakah di kelas atau di sekolah ada benda-benda yang menyerupai bangun ruang.

4. Siswa diminta mengamati benda-benda yang menyerupai bangun ruang di kelas.

5. Kemudian, siswa menyebutkannya.

6. Siswa juga dapat melihat di buku siswa.

7. Siswa mengerjakan latihan memasangkan bangun ruang.

8. Selanjutnya siswa menggambar bebas dengan menggunakan bangun ruang.

9. Siswa boleh mewarnai gambar yang telah dibuat dengan warna kesukaannya.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Mengerjakan Lembar Evaluasi

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,  Kapur tulis dan Pensil warna atau krayon

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

    

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 3

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentanganggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP : 4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia • Membuat kalimat dari kosakata baru yang menggambarkan pengalaman diri

SBDP : • Bernyanyi sambil memperagakan tepuk irama

 

D. Tujuan Pembelajaran

Bernyanyi sambil Bertepuk Tangan

• Siswa dapat menyanyikan lagu Hari Sudah Siang dan bertepuk irama melalui kegiatan bernyanyi

berkelompok atau sendiri-sendiri.

Berlatih Membuat Kalimat

• Setelah memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat membuat kalimat melalui permainan

 

E. Materi Ajar

Bernyanyi Sambil Bertepuk

Membuat Kalimat

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan 1:1. Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Hari Sudah Siang” bersama-sama sambil melatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.

2. Setelah menyanyikan bersama-sama (diulang secukupnya bila perlu), guru meminta siswa untuk menyanyikannya secara ber-kelompok, berpasangan, atau sendiri-sendiri.

3. Guru mengarahkan siswa untuk memberikan apresiasi kepada siswa dengan cara berikut ini.

◦◦ Mendengarkan siswa lain yang sedang tampil dengan tertib.

◦◦ Memberikan tepuk tangan kepada kelompok atau siswa yang telah selesai bernyanyi.

◦◦ Ketika bernyanyi di depan kelas, setiap siswa harus menam-pilkan yang terbaik, dan bertanggung jawab menyelesaikan lagu yang dinyanyikan.

◦◦ Setelah semua siswa maju (baik secara perorangan, berpasangan atau kelompok), guru meminta siswa kembali menyanyikan lagu tersebut bersama-sama.

4. Setelah selesai, guru mengajak siswa untuk bersyukur karena memiliki suara yang indah.

5. Guru mengucapkan terima kasih atau memberikan pengharga-an kepada siswa–siswa yang telah tertib mendengarkan dan tampil dengan baik

Langkah-langkah Kegiatan 2

1. Setelah bernyanyi, guru menuliskan syair lagu “Hari Sudah Siang” di papan tulis.

2. Guru mengajak siswa berdiskusi tentang kata-kata yang sulit

3. Selanjutnya guru mengajak siswa berlatih menggunakan kata-kata tersebut sambil bermain, sekaligus memastikan apakah siswa sudah paham menggunakan katakata tersebut dalam kalimat yang tepat.

4. Guru membagi siswa ke dalam kelompok.

5. Setiap kelompok berdiri sambil berbaris, tiap barisan terdiri dari 3-4 orang.

6. Guru memberikan satu kata yang sama untuk setiapkelompok, misalnya kata “pulang”.

7. Selanjutnya, guru mengatakan “pulang” di depan kelas.

8. Tiap kelompok akan mulai membuat kalimat secara bersamaan.

9. Pemenangnya adalah kelompok yang bisa membuat satu kalimat dengan menggunakan kata-kata terbanyak dan benar.

10. Jika masih ada waktu, maka siswa diminta menyalin kata-kata di buku siswa.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua membimbing siswa untuk membuat kalimat

dengan gunakan kata-kata dari benda yang ada di rumah.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,  Diri Siswa (tangan untuk bertepuk) dan Lingkungan

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 4

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teksdeskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.5 Membuat diagram atau label tentang anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP : 4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

PPKn : 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia • Mengingat isi teks dengan cara menjawab pertanyaan

• Membuat jadwal piket dalam bentuk tabel

SBDP : • Menyanyikan dan menjawab pertanyaan mengenai lagu

PPKN : • Melaksanakan tugas piket  sebagai salah satu aturan dalam kebersamaan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Membaca dan Memahami Teks Deskriptif

• Setelah membaca nyaring teks deskriptif, siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru

melalui tanya jawab

Menghafal Nama-Nama Hari dan Menyusun Jadwal Piket

• Siswa dapat menyanyikan lagu Nama-Nama Hari melalui kegiatan bernyanyi bersama.

• Siswa dapat menyusun jadwal piket kegiatan diskusi.

• Setelah menyusun jadwal piket, siswa dapat melaksanakan piket berdasarkan jadwal dengan baik.

 

E. Materi Ajar

Membaca Nyaring

Membuat Jadwal Regu Piket,

Latihan menyapu/ menjaga kebersihan kelas

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan1:1. Guru membacakan teks yang tertera di buku siswa.

2. Siswa menirukan guru dengan membaca nyaring.

3. Guru mengajukan pertanyaan pada siswa tentang bacaan.

4. Guru bertanya kepada siswa tentang tugas piket.

◦◦ Apakah menurutmu piket itu perlu?

◦◦ Bagaimana perasaanmu mengerjakan tugas piket bersama teman-temanmu?

5. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.

Langkah-langkah kegiatan 2:

1. Guru menjelaskan bahwa tugas piket diatur setiap hari mulai Senin sampai Sabtu.

2. Guru mengajak siswa menyanyikan lagu Nama-Nama Hari (Senin, Selasa, Rabu, dan seterusnya)

3. Selanjutnya guru membacakan teks lagu dan siswa menyimak dengan tertib.

4. Guru bertanya kepada siswa untuk mengecek pemahaman siswa

◦◦ Hari apakah ini?

◦◦ Siapa yang bertugas piket hari ini?

5. Kegiatan dilanjutkan dengan menuliskan nama-nama hari di buku siswa

6. Siswa dibimbing guru membuat jadwal piket bersamasama

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Kalender, Alat kebersihan untuk PIKET

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

  

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 5

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.2 Mengenal teks petunjuk atau arahan tentang perwatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP : 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil

pengamatan di lingkungan sekitar

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia • Mengurutkan gambar berseri dengan bantuan teks

• Menceritakan kegiatan siang dengan runut dan jelas

• Menyebutkan jenis-jenis makanan sehat berdasarkan teks

SBDP : • Menggambar suasana siang Hari

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengurutkan Gambar dan Menceritakannya

• Dengan membaca teks pada gambar, siswa dapat mengurutkan gambar berseri lima kegiatan pada

siang hari.

• Setelah mengurutkan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan siang dengan runtut dan jelas.

Mengenal Makanan Sehat

• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan sehat dengan tepat.

Menggambar Ekspresi

• Setelah membaca teks, siswa dapat menggambar ekspresi sesuai tema dengan menggunakan empat

warna atau lebih.

 

E. Materi Ajar

Mengurutkan Gambar

Membaca Nyaring tentang Makanan Sehat

Menyusun Menu : 4 Sehat 5 Sempurna

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan 1:1. Siswa mengamati gambar yang tertera di buku siswa.

2. Siswa diminta memilih atau membuat urutan kegiatan tersebut dengan menuliskan angka 1 untuk kegiatan yang pertama kali dilakukan, menuliskan angka 2 untuk kegiatan yang dilakukan kedua, dan seterusnya.

3. Setelah selesai, siswa diminta menceritakan gambar tersebut sesuai urutannya.

Langkah-langkah kegiatan 2:

1. Guru membacakan teks di buku siswa tentang kegiatan Siti makan siang di rumah bersama keluarga.

2. Siswa mengamati gambar makanan sehat di buku siswa.

3. Guru menjelaskan jenis-jenis makanan yang dibutuhkan agar tubuh sehat.

4. Siswa menyebutkan kelompok makanan apa saja yang ada di dalam gambar. Siswa menyebutkan apa saja yang termasuk makanan pokok, lauk, buah, dan sayur.

5. Siswa mengamati menu makanan Siti.

6. Siswa berlatih membuat menu makan siang.

Langkah-langkah kegiatan 3

1. Siswa menggambar ekspresi dengan tema Suasana Siang Hari di Sekolah.

2. Setelah menggambar, siswa diminta mewarnai gambar tersebut dengan gambar kesukaannya

3. Guru hendak memamerkan hasil karya siswa semuanya di papan peraga/di depan kelas/di acara pameran (jika ada) dan lain-lain.

4. Sebelum mulai menggambar, guru memberi semangat siswa dengan melakukan permainan sebagai berikut.

◦ Siswa membaca wacana dengan nyaring.

◦ Guru dan siswa berdiskusi tentang suasana siang hari di  sekolah.

◦ Setiap siswa dapat menyampaikan idenya.

◦ Kemudian, siswa boleh memilih salah satu ide kegiatan yang akan digambar.

◦ Guru mengingatkan siswa agar percaya diri dalammenggambar dan berusaha sebaik-baiknya dan bangga terhadap hasil karyanya.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua bersama siswa menyusun menu makan siang sehat.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Beberapa gambar yang menunjukkan beberapa

kegiatan setelah pulang sekolah (jika ada)

Pensil warna/krayon/spidol

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

=================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 2. Kegiatan Siang Hari / 6

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

3.2 Mengenal teks petunjuk atau arahan tentang perwatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP : 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia • Mengurutkan gambar berseri dengan bantuan teks

• Menceritakan kegiatan siang dengan runut dan jelas

• Menyebutkan jenis-jenis makanan sehat berdasarkan teks

SBDP : • Menggambar suasana siang Hari

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengurutkan Gambar dan Menceritakannya

• Dengan membaca teks pada gambar, siswa dapat mengurutkan gambar berseri lima kegiatan pada

siang hari.

• Setelah mengurutkan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan siang dengan runtut dan jelas.

Mengenal Makanan Sehat

• Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis makanan sehat dengan tepat.

Menggambar Ekspresi

• Setelah membaca teks, siswa dapat menggambar ekspresi sesuai tema dengan menggunakan empat

warna atau lebih.

 

E. Materi Ajar

Mengurutkan Gambar

Membaca Nyaring tentang Makanan Sehat

Menyusun Menu : 4 Sehat 5 Sempurna

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU 
Kegiatan Pembuka 
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari 

 

Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan 1:1. Siswa mengamati gambar yang tertera di buku siswa.

2. Siswa diminta memilih atau membuat urutan kegiatan tersebut dengan menuliskan angka 1 untuk kegiatan yang pertama kali dilakukan, menuliskan angka 2 untuk kegiatan yang dilakukan kedua, dan  seterusnya.

3. Setelah selesai, siswa diminta menceritakan gambar tersebut sesuai urutannya.

Langkah-langkah kegiatan 2:

1. Guru membacakan teks di buku siswa tentang kegiatan Siti makan siang di rumah bersama keluarga.

2. Siswa mengamati gambar makanan sehat di buku siswa.

3. Guru menjelaskan jenis-jenis makanan yang dibutuhkan agar tubuh sehat.

4. Siswa menyebutkan kelompok makanan apa saja yang ada di dalam gambar. Siswa menyebutkan apa saja yang termasuk makanan pokok, lauk, buah, dan sayur.

5. Siswa mengamati menu makanan Siti.

6. Siswa berlatih membuat menu makan siang.

Langkah-langkah kegiatan 3

1. Siswa menggambar ekspresi dengan tema Suasana Siang Hari di Sekolah.

2. Setelah menggambar, siswa diminta mewarnai gambar tersebut dengan gambar kesukaannya

3. Guru hendak memamerkan hasil karya siswa semuanya di papan peraga/di depan kelas/di acara pameran (jika ada) dan lain-lain.

4. Sebelum mulai menggambar, guru memberi semangat siswa dengan melakukan permainan sebagai berikut.

◦ Siswa membaca wacana dengan nyaring.

◦ Guru dan siswa berdiskusi tentang suasana siang hari di sekolah.

◦ Setiap siswa dapat menyampaikan idenya.

◦ Kemudian, siswa boleh memilih salah satu ide kegiatan yang akan digambar.

◦ Guru mengingatkan siswa agar percaya diri dalam menggam- bar dan berusaha sebaik-baiknya dan bangga terhadap hasil karyanya.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua bersama siswa menyusun menu

makan siang sehat.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Beberapa gambar yang menunjukkan beberapa

kegiatan setelah pulang sekolah (jika ada)

Pensil warna/krayon/spidol

 

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s