RPP Kelas 1tema 3 Sub tema 1 Pembelajaran 1-6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 1

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bhs.Indonesia

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBDP : 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

 

C. Indikator

Bhs Indonesia • Mengidentifikasi ciri-ciri suasana pagi hari

• Membedakan suasana pagi dan malam hari

• Menjelaskan terjadinya pagi dan malam berdasarkan hasil pengamatan

• Memahami konsep waktu siang dan malam melalui gambar

SBDP •• Mewarnai gambar suasana pagi

• Mewarnai gambar suasana malam

SBDP

D. Tujuan Pembelajaran

Mengamati Suasana Pagi melalui Teks dan Gambar

• Setelah berlatih membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi suasana pagi hari dengan tepat.

• Dengan mengamati gambar siswa dapat membedakan suasana pagi dan malam hari dengan tepat

Mengenal Pagi melalui Percobaan

• Dengan percobaan, siswa dapat menjelaskan terjadinya pagi dan malam.

• Dengan mengamati hasil percobaan, siswa dapat mewarnai gambar dengan tepat.          

 

E. Materi Ajar

Mengamati Suasana Pagi melalui gambar dan Percobaan

Bercerita, Bernyanyi,

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan mengajak berdoa bersama.2. Siswa mengdengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mempelajari suasana pagi hari.

3. Siswa mengikuti guru membacakan teks yang tertera di buku siswa.

4. Siswa berlatih membaca teks berulang-ulang.

5. Setelah itu guru mengajak siswa mengamati suasana pagi melalui gambar.

6. Siswa berbagi pengalaman tentang keadaan pagi hari di lingkungan rumahnya masing-masing.

7. Siswa mengamati gambar dan membedakan malam hari, menjelang fajar, dan pagi hari.

8. Siswa diminta untuk mengamati buku siswa halaman selanjutnya dan menjawab pertanyaanpertanyaan di dalamnya

Langkah-langkah kegiatan:

1. Siswa menyanyikan lagu “Bersinar Matahari” dengan

arahan guru.

2. Siswa mengamati gambar dan menjawab pertanyaan.

3. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang dari mana

bumi menerima cahaya sehingga menjadi terang.

4. Guru menyampaikan bahwa matahari menyinari bumi serta memberikan cahaya dan panas bagi bumi.

5. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang proses

terbit dan terbenamnya matahari serta penjelasan bahwa bumi selalu berputar.

6. Siswa mengamati gambar percobaan di buku siswa.

7. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal berikut: ◦◦ Di mana gambar matahari?

◦◦ Di mana posisi Lani?

◦◦ Di mana posisi Justine?

8. Guru menjelaskan bagian bumi yang menghadap mata-hari mengalami siang, dan bagian bumi yang membelaka-ngi matahari mengalami malam.

9. Siswa mengamati gambar pada buku siswa. Bila memu-ngkinkan, siswa diharapkan melakukan percobaan ini. Bila tidak ada globe, bisa menggunakan bola plastik.

10. Siswa mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan percobaan.

11. Guru menutup pelajaran dengan mengingatkan siswa bahwa pagi hari merupakan karunia Tuhan yang patut disyukuri.

12. Pelajaran diakhiri dengan berdoa bersama dan bersala-man secara bergiliran

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua mengajak siswa memperhatikan suasana pagi hari.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

• Globe/bola, senter, dan buku siswa.

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses


Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

===================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 2

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bhs.Indonesia

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk membantu penyajian

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn : 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah

SBDP :

4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

 

C. Indikator

Bhs Indonesia • • Menceritakan kegiatan pagi hari di rumah sejak bangun tidur hingga berangkat ke sekolah

PPKn : • Menyebutkan berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga

SBDP • Menyanyikan lagu dengan percaya diri

• Menjelaskan tentang isi lagu

• Membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah

SBDP

D. Tujuan Pembelajaran

Bernyanyi dan Bercerita tentang Kebiasaan pada Pagi Hari

• Dengan diskusi, siswa dapat menyebutkan aturan pagi hari di rumahnya masing-masing dengan benar.

• Dengan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan berbagai kegiatan pagi hari di rumah dengan tepat.

• Setelah mendengarkan petunjuk guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan lancar.

• Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menceritakan isi lagu dengan tepat.

Mengurutkan Gambar Berseri dan Menggambar tentang Kegiatan Pagi di Rumah

• Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengurutkan gambar berseri dengan tepat.

• Setelah mengurutkan gambar, siswa dapat bercerita  berdasarkan kartu gambar.

• Setelah kegiatan bercerita, siswa dapat menggambar tentang kebiasaan pagi hari.

 

E. Materi Ajar

Menyanyi “Bangun Tidur”

Mengurutkan kartu gambar kegiatan Pagi hari

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Guru membuka pelajaran dengan mengajak siswa ber-syukur karena masih diberi kesempatan untuk melihat matahari pagi.2. Guru mengingatkan kembali fungsi matahari yangmeru- pakan sumber panas dan cahaya. Matahari membuat bumi terang dan hangat, karena ada cahaya matahari, maka kita bisa melihat. Matahari adalah ciptaan Tuhan yang harus kita syukuri.

3. Guru menanyakan apakah siswa biasa bangun pagi sendiri atau dibangunkan?

◦ Adakah yang susah dibangunkan?

◦ Adakah yang mudah dibangunkan?

◦ Adakah yang ketika dibangunkan marahmarah?

4. Sampaikan ucapan terima kasih jika kita dibangunkan oleh orangtua, karena mereka membantu kita agar tidak terlambat untuk memulai kegiatan.

5. Siswa mengamati gambar dan berdiskusi tentang

ekspresi bangun tidur.

6. Siswa memeragakan ekspresinya ketika bangun tidur.

7. Siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur” dengan

bimbingan guru.

8. Guru dan siswa bertanya jawab tentang isi lagu.

9. Guru membimbing siswa dengan diskusi bersama ttg kebiasaan-kebiasaan yang baik setelah bangun tidur.

10. Setelah itu siswa diminta maju ke depan kelas untuk menceritakan kegiatan yang dilakukannya di rumah sejak bangun tidur hingga berangkat ke sekolah dan siswa lain dapat bertanya kepada siswa yang maju tersebut.

11. Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

12. Guru meminta siswa mengurutkan gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar tersebut sesuai dengan kebiasaan masingmasing.

13. Guru mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena setiap bangun tidur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Guru menyampaikan bahwa setiap anak memiliki

kegiatan pada pagi hari yang berbeda

2. Guru menyiapkan kartu-kartu gambar kegiatan pagi

hari sejak bangun tidur sampai berangkat ke sekolah

(Jika tidak memungkinkan, guru dapat melakukan

kegiatan dengan menggunakan buku siswa).

3. Guru membagi kelas menjadi lima kelompok.

4. Masing-masing kelompok diberikan satu set gambar

yang menunjukkan kegiatan pada pagi hari.

5. Lalu, masing-masing kelompok mengurutkan gambar-gambar tersebut.

6. Selesai kegiatan, masing-masing perwakilan kelompok menceritakan sesuai urutan gambar yang sudah dibuatnya.

7. Siswa memperhatikan apakah semua kelompok mem-punyai kegiatan pagi hari yang sama atau berbeda (jika ada perbedaan guru bisa mengembangkan kembali dengan pertanyaan-pertanyaan).

8. Setelah itu, guru meminta siswa membuat gambar bertema kebiasaan pagi hari di rumah.

9. Guru menyimpulkan pelajaran hari ini dan mengapre-siasi hasil karya siswa serta mengingatkan mereka bahwa dengan sering berlatih, mereka semakin bisa mengeks-presikan diri lewat gambar.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua mengajak siswa dan seluruh anggota keluarga untuk menyiapkan sarapan

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa, Kartu gambar kegiatan pagi hari

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

      

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 3

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bhs.Indonesia

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakatabahasa daerah untuk membantu penyajian

Matematika 4.7 Mengumpulkan  dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkret dan piktograf tanpa menggunakan urutan tabel pada sumbu horizontal

 

C. Indikator

Bhs Indonesia

• Menceritakan kembali isi teks cerita

• Mewawancarai teman

Matematika

• Menghitung jumlah teman

• Membuat grafik gambar

SBDP

D. Tujuan Pembelajaran

Sarapan Pagi

• Dengan kegiatan membaca dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan isi teks dengan benar.

• Setelah menjelaskan isi teks siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi teks dengan

benar.

Mewawancarai Teman tentang Kebiasaan Sarapan Pagi

• Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mewawancarai teman dengan baik.

• Setelah mewawancarai teman, siswa dapat membuat piktograf dengan benar

 

E. Materi Ajar

Membaca

Mewawancarai teman

Catatan:

Yang perlu dikembangkan oleh guru adalah hal-hal sebagai berikut:

1. Sarapan pagi baik untuk kesehatan.

2. Sarapan dengan makanan yang sehat.

3. Berdoa sebelum dan sesudah makan.

4. Makan secukupnya tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit.

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kabar siswa dan doa.2. Guru mengulas apa yang telah dipelajari kemarin.

3. Guru mengajak siswa untuk mengamati langit di pagi hari dan mendiskusikannya di kelas.

4. Guru menjelaskan bahwa udara pagi hari terasa segar, matahari terasa hangat, dan langit cerah. Matahari, langit, dan udara adalah karunia Tuhan. Tuhan menciptakan matahari sehingga pohon bisa tumbuh di bumi. Semua makanan yang kita makan berasal dari bumi. Kita harus selalu bersyukur atas karunia Tuhan yang tak ternilai ini.

5. Guru bertanya:

◦ Siapa yang sudah sarapan pagi ini?

6. Siswa berbagi pengalaman tentang

◦ Menu sarapan pagi mereka.

◦ Apa yang mereka rasakan bila tidak sarapan.

◦ Mengapa mereka harus sarapan.

7. Guru menjelaskan bahwa makanan dapat membuat

tubuh sehat dan kuat. Dalam makanan, ada zatzatyang baik untuk tubuh. Nasi memberi tenaga untuk manusia; tempe, tahu, dan susu baik untuk pertumbuhan tubuh; buah dan sayur baik untuk melawan penyakit, dan sebagainya.

8. Siswa membaca teks bacaan dari buku siswa dengan

bimbingan guru.

9. Siswa menceritakan isi teks.

10. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi

bacaan dan menuliskannya di buku siswa.

11. Guru mengingatkan siswa untuk selalu mensyukuri

karunia Tuhan yang telah menciptakan aneka bahan

Langkah-langkah kegiatan:

1. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kebiasaan

sarapan pagi.

2. Siswa berbagi pengalaman tentang kebiasaan sarapan pagi.

3. Guru menjelaskan bahwa sarapan pagi baik untuk

kesehatan.

4. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap daerah memiliki menu sarapan yang khas.

5. Siswa menyebutkan beberapa menu sarapan yang mereka ketahui.

6. Siswa membentuk kelompok terdiri dari 5 orang lalu melakukan wawancara secara bergantian tentang kebiasaan sarapan pagi.

7. Siswa menanyakan temannya apakah selalu sarapan pagi, kadang-kadang, atau tidak pernah.

8. Setelah itu siswa memberi tanda pada tabel untuk setiap jawaban.

9 Siswa menghitung jumlah anak pada tabel hasil wawancara.

10. Siswa membuat grafik gambar (piktograf) berdasarkan data hasil wawancara.

11. Siswa menyampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas.

Contoh piktograf: Tiga siswa selalu sarapan, empat siswa kadang-kadang sarapan, dan satu siswa tidak pernah sarapan.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua mengajak siswa dan seluruh anggota keluarga untuk menyiapkan sarapan

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa, Kartu gambar kegiatan pagi hari

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

      

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

====================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 4

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Matematika 3.3 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat).

PJOK : 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

 

C. Indikator

Matematika • Mengidentifikasi kegiatan yang waktunya lebih lama

• Mengidentifikasi kegiatan yang waktunya lebih singkat

PJOK  • Mempraktikkan gerak dasar jalan biasa.

• Mempraktikan jalan lambat.

• Mempraktikkan jalan cepat.

• Mempraktikkan lari

SBDP

D. Tujuan Pembelajaran

Mempraktikkan Jalan Cepat pada Pagi Hari

• Dengan memperhatikan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan jalan biasa, jalan lambat, jalan cepat, dan berlari.

Menentukan Waktu Lebih Lama dan Lebih Singkat

• Setelah mengamati gambar, siswa dapat membandingkan kegiatan yang waktunya lebih lama dan lebih singkat.

 

E. Materi Ajar

Membaca

Praktek berlari dan jalan cepat

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Siswa bercerita tentang bagaimana mereka datangke sekolah (diantar, berangkat sendiri, bersama teman, berjalan kaki, berjalan sambil berlari, naik sepeda, dan lain-lain).

2. Siswa menceritakan jarak antara rumah mereka dengan sekolah.

3. Siswa membaca nyaring teks pada buku siswa dengan mengikuti guru.

4. Siswa mengamati dan menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.

5. Siswa berdiskusi mengenai perbedaan antara berjalan dan berlari.

6. Siswa memperhatikan contoh dan penjelasan guru

tentang gerak jalan biasa, jalan lambat, jalan cepat, dan berlari.

7. Siswa berpasangan dan secara bergilir mempraktikkan gerakan yang dicontohkan guru.

8. Guru menilai kemampuan gerak siswa satu per satu.

9. Guru mengapresiasi siswa atas kesungguhan mereka mengikuti kegiatan

10. Siswa melakukan refleksi kegiatan dengan arahanguru.

11. Guru juga mengingatkan siswa untuk bersyukur, saling membantu serta menghargai satu sama lain.

Langkah-langkah kegiatan :

1. Guru menanyakan kembali kepada siswa tentang

bermacam cara mereka berangkat ke sekolah.

2. Siswa membandingkan mana yang lebih cepat dan

yang lebih lambat jika berangkat sekolah dengan berjalan kaki atau berkendaraan.

3. Kemudian, siswa secara bergantian memberikan contoh perbandingan lama antara dua kegiatan.

4. Siswa mengerjakan latihan yang tertera di buku siswa tentang lebih lama dan lebih cepat.

5. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan gambar-gambar tersebut.

6. Guru menjelaskan bahwa waktu harus dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang baik.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua mengingatkan siswa untuk mengambil makanan

secukupnya dan menghabiskannya sebagai bentuk rasa

syukur atas karunia Tuhan

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

       
Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

===================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 5

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia : 4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri

dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk mem-bantu penyajian

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujuddan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK : 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

PPKn : 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan

sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Bermain peran tentang suasana pagi.

• Menceritakan perjalanan dari rumah ke sekolah

PJOK  • Berjalan lurus, belok kanan, belok kiri

PPKn : • Menyebutkan aturan atau kebiasaan sebelum berangkat sekolah.

• Mempraktikkan kebiasaan yang baik sebelum berangkat sekolah.

 

D. Tujuan Pembelajaran

Bermain Peran tentang Kegiatan pada Pagi Hari

• Setelah mempelajarai dialog pada buku, siswa dapat bermain peran dengan percaya diri.

Membaca Denah dan Menceritakan Perjalanan dari Rumah ke Sekolah

• Dengan memperhatikan penjelasan dan contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan berjalan terus, belok ke kanan, dan kiri dengan baik.

• Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan perjalanan berdasarkan denah dengan tepat.

 

E. Materi Ajar

Menyanyi

Bermain Peran

Denah pergi sekolah

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”. Secara bersama, berpasangan, berkelompok sesuai kondisi kelas dengan arahan guru.2. Siswa menceritakan isi lagu.

3. Siswa menjawab pertanyaan guru berhubungan dengan isi lagu. (Pertanyaan-pertanyaannya diharapkan yang membuat siswa berpikir kritis, misalnya guru menanyakan apa tujuan pengarang menciptakan lagu tersebut, setujukah kamu dengan

isi lagu).

4. Guru mengingatkan siswa untuk terus melakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum pergi ke sekolah. Beri pujian kepada siswa yang sudah melakukan dan terus mendorong siswa yang belum melakukannya di rumah.

5. Guru meminta siswa mencari teman untuk melakukanbermain peran sederhana (terdiri atas pemeran ayah, ibu, dan anak).

6. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya lalu berlatih bermain peran bertema saat menjelang berangkat sekolah.

7. Kemudian, masing-masing kelompok diminta tampil di depan kelas secara bergilir.

8. Kelompok lain diminta memperhatikan dan memberikan apresiasi terhadap penampilan temannya.

9. Setelah semua kelompok maju, guru melakukan refleksi bersama-sama siswa.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Guru mengajarkan konsep berjalan terus, belok kanan, belok kiri, dan melewati.

2. Siswa mempraktikkan di sekolah.

3. Misalnya berjalan dari kelas menuju kantin, dari kelas menuju pintu gerbang sekolah, dari kelas menuju ruang kepala sekolah. Guru memberikan tugas agar siswa berlatih menceritakan perjalanan dari kelas menuju lapangan, dan sebagainya kepada teman.

4. Siswa mengamati gambar denah perjalanan Beni dari rumah ke sekolah pada buku siswa.

5. Guru bertanya kepada siswa :

◦ Apa yang kamu lihat pada gambar denah?

◦ Bangunan apa saja yang dilewati oleh Beni ketika menuju sekolah?

◦ Berapa jumlah bangunan yang dilewati Beni?

6. Guru memberikan contoh menceritakan perjalanan Beni.

7. Guru meminta siswa untuk menceritakan rute perjalanan ter-cepat Beni dari rumah ke sekolah kepada teman sebangkunya atau siswa lain dalam kelas

8. Kemudian guru meminta siswa menceritakan bagaimana perjalanannya dari rumah menuju sekolah.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Tugas Bersama Orang tua

Orang tua mengingatkan siswa untuk mengambil makanan

secukupnya dan menghabiskannya sebagai bentuk rasa

syukur atas karunia Tuhan

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

 

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

==================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 1. Kegiatan Pagi Hari / 6

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Matematika3.1 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya

4.3 Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

SBDP : 4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

PJOK : 4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional

PPKn : 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

 

C. Indikator

Matematika : • Melakukan operasi pengurangan

• Menghitung jumlah benda dalam gambar

• Menuliskan operasi pengurangan yang mungkin dengan hasil yang sudah di tentukan

SBDP : • Menyanyikan lagu sambil melakukan operasi pengurangan

PJOK  • Melakukan gerakan lokomotor (lari) melalui permainan

PPKn : • Melaksanakan aturan permainan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Berhitung Sambil Mengamati Gambar Suasana Pagi Hari

• Dengan menirukan guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Tek Kotek” dengan tepat.

• Dengan memperhatikan contoh pada buku, siswa dapat menghitung hasil pengurangan dengan benar.

Kegiatan Fisik sambil Bermain

• Dengan melakukan permainan Hitam dan Hijau, siswa dapat melakukan koordinasi tangan dan kaki dalam berlari.

• Dengan permainan, siswa belajar taat pada peraturan

 

E. Materi Ajar

Menghitung Benda pada gambar

Menyanyi sambil berhitung “Tek kotek kotek”

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti 1. Guru menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka pagi ini.2. Guru mengajak siswa selalu bersyukur setiap kali masih diberi usia dan kesehatan sehingga masih bisa hadir di sekolah.3. Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

4. Siswa mengidentifikasi apa saja yang ada pada gambar, menghitung jumlahnya, dan menuliskannya pada soal latihan.

5. Siswa mengerjakan soal berhitung pada halaman buku siswa.

6. Siswa menyanyikan lagu ”Tek Kotek Kotek” bersama guru dan mendiskusikan isi lagu bersama guru.

(Lagu bisa juga digunakan sebagai puisi).

7. Dengan menggunakan benda-benda yang ada pada gambar, guru menerangkan konsep pengurangan dengan menggunakan kata “ambil” atau “pisahkan” atau “coret” (misalnya anak ayam yang ada pada gambar dicoret).

8. Siswa mengerjakan latihan membuat contoh operasi pengurangan dengan hasil yang sudah ditentukan.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Siswa berlatih berlari mengelilingi lapangan.

2. Siswa dibagi menjadi dua kelompok: Hitam dan Hijau.

3. Siswa melakukan permainan “Hitam lawan Hijau”.

4. Kelompok yang disebut merupakan kelompok yang dikejar dan sebaliknya. Misalnya guru mengatakan “hi…. tam”, maka kelompok hitam berlari dan dikejar oleh kelompok Hijau.

5. Masing-masing siswa harus menangkap satu lawan.

6. Durasi permainan ditentukan oleh guru.

Kegiatan Penutup -  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Remedial:

Berlatih menyelesaikan soal-soal operasi pengurangan dapat dibantu dengan menggunakan media konkret.

Tugas Bersama Orang tua

Mengerjakan Lembar Evaluasi

Kegiatan ALternatif -  Guru mengajak siswa menonton cuplikan film tentang peristiwa pergantian hari.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

• Teks cerita suasana pagi/buku cerita

  1. I.       Penilaian = Penilaian proses

      

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s