RPP Kelas 1 Tema 3 Sub tema 3 Pembelajaran 1-6

SELAIN DISINI BISA di BUKA di sini= https://www.facebook.com/groups/483565058397836/files/

Saya termasuk pengurusnya semua yang terbaru ada disana

JUGA TELAH TERSEDIA CD ANIMASI PEMBELAJARAN DAN PERANGKAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN ….HUB 081329080273 /PIN BB 2966E9CD

promo1 reni promo

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 1

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.2 Mempraktikkan teks arahan/ petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

MATEMATIKA

4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkret dan piktograf

PPKn

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan disekolah

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Menyebutkan ciri sore hari dengan tepat

• Mengidentifikasi gambar yang menandakan suasana sore hari

MATEMATIKA • Membandingkan panjang-pendek bayangan dengan tepat

PPKn : • Menjelaskan aturan dalam melakukan percobaan

• Mengikuti aturan dalam melakukan percobaan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengenal Suasana Sore

• Dengan membaca teks dan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri sore hari dengan tepat

Membandingkan Panjang Bayangan

• Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengikuti petunjuk percobaan dan membandingkan panjang bayangan dengan tepat.

 

E. Materi Ajar

Mengenal Suasana Sore

Membandingkan Panjang Bayangan

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan1:1. Siswa membaca wacana dan mengamati gambar kegiatan sore hari di buku siswa dengan arahan guru2. Siswa menyebutkan kegiatan sore hari yang ada pada gambar.

3. Siswa mendengarkan guru bercerita tentang suasana sore.

4. Siswa membaca nyaring teks yang ada di buku siswa.

5. Siswa mengamati gambar suasana sore dan menjelaskan suasana langit pada sore hari.

6. Siswa dan guru mendiskusikan suasana sore hari dan warna langit menjelang matahari terbenam.

7. Siswa mengenal kosakata baru dan berlatih membaca dan menggunakan kata-kata tersebut.

8. Siswa mengidentifikasi gambar-gambar yang menunjukkan suasana sore di buku siswa.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok.

2. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang urutan percobaan

3. Kelompok menyiapkan senter dan gelas plastik.

4. Kelompok membentuk lingkaran untuk percobaan.

5. Siswa meletakkan senter yang menyala tepat di atas gelas dan memperhatikan bayangan gelas.

6. Lalu siswa meletakkan senter yang menyala di atas gelas dengan posisi menyamping. Siswa mengamati bayangan gelas.

7. Siswa membandingkan hasil percobaan.

8. Guru menjelaskan bahwa percobaan satu menggambarkan keadaan bayangan pada siang hari dan percobaan dua menggambarkan keadaan bayangan pada sore hari.

9. Tanyalah siswa kapan bayangan terlihat lebih panjang, siang atau sore hari.

10. Siswa menjelaskan kembali urutan percobaan danmengulang percobaan dengan benda berbeda.

11. Siswa membandingkan panjang bayangan siang dan sore hari di buku siswa.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan di Rumah Dengan ORTU : Orang tua dapat mengajak siswa mengamati suasana langit sore.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Senter

• Gelas plastik atau benda lain yang cukup panjang

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis

    

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

=================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 2

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

MATEMATIKA

3.11 Menentukan  urutan berdasarkanpanjang Pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya

SBDP

4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami lagu

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Menceritakan  kembali isi teks dengan bahasa sendiri

• Mempraktikkan teks dialog

MATEMATIKA • Membedakan tinggi dan rendah

• Mengurutkan benda dari yang paling tinggi sampai yang terendah

SBDP : Bernyanyi dan menceritakan isi lagu

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mempraktikkan Dialog

• Setelah membaca nyaring dan berdiskusi, siswa dapat mempraktikkan dialog dengan berani dan

lancar

Menyanyikan Lagu Layang-Layang

• Dengan kegiatan bernyanyi siswa dapat menyanyikan lagu Layang-Layang sesuai dengan irama

• Dengan berdiskusi tentang isi lagu, siswa dapat memahami isi lagu dengan tepat

Membandingkan Tinggi Rendah

• Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan tinggi-rendah dan mengurutkan dari yang tertinggi hingga yang terendah.

 

E. Materi Ajar

Bermain Peran dengan membaca DIALOG

Menyanyi lagu “Layang-Layang”

Membandingkan Tinggi Rendah

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan1:1. Siswa menyebutkan beberapa kegiatan yang biasa mereka lakukan pada sore hari.2. Guru membacakan dialog di buku siswa.

3. Siswa menirukan dengan nyaring.

4. Siswa menyimak dialog yang dibacakan guru.

5. Siswa dan guru mendiskusikan isi dialog.

6. Guru membacakan kembali dialog dan siswa menirukannya.

7. Siswa berlatih membaca dialog secara berpasangan.

8. Siswa boleh membuat dialog sendiri tentang kegiatan sore hari.

9. Siswa mempraktikkan dialog di depan kelas.

Langkah-langkah kegiatan2:

1. Siswa berbagi pengalaman tentang permainan yang bisa dilakukan pada sore hari.

2. Guru menyampaikan bahwa bermain layang-layang adalah salah satu permainan yang bisa dilakukan pada sore hari.

3. Guru menyanyikan lagu Layang-Layang

4. Siswa mengikutinya dan berlatih hingga lancar.

5. Siswa dan guru berdiskusi tentang isi lagu layanglayang.

Misalnya tentang peralatan dan cara membuat layang-layang, cara bermain layanglayang, dan tempat bermain.

6. Siswa menyanyikan lagu Layang-Layang di hadapan teman-teman.

Langkah-langkah kegiatan3:

1. Guru menyampaikan siswa akan belajar tentang tinggi dan rendah.

2. Guru mengulas kembali konsep tinggi rendah. Mana yang terbang lebih tinggi, kupu-kupu atau pesawat terbang; mana yang lebih tinggi pohon kelapa atau pohon bayam, dan contoh

lainnya.

3. Siswa membandingkan tinggi rendah letak benda-benda yang ada di kelas.

4. Siswa mengamati gambar anak-anak bermain layang-layang.

5. Siswa membandingkan dan mengurutkan layang-layang mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah.

6. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua dapat mengajak siswa membandingkan tinggi rendahnya benda-benda di lingkungan rumah seperti pohon, pintu, dan tiang ;ostril.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

• Gelas plastik atau benda lain yang berbeda ketinggiannya

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis


    

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

===================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 3

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 4.4 Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK

4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep: tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau tradisional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan/atau permainan tradisional

PPKn

4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan

pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Menyampaikan pendapat  dalam diskusi

• Menceritakan hasil diskusi dengan lancar

PJOK • Melakukan gerakan manipulatif melalui permainan bola

PPKn • Mengamati gambar perilaku ketika bermain

• Menjelaskan maksud isi gambar sesuai pengamatan

 

D. Tujuan Pembelajaran

Bermain Bola

• Dengan memperhatikan gerakan yang dicontohkan guru, siswa dapat berlari, berlari zig-zag, mengoper dan menendang bola dengan tepat.

• Dengan berdiskusi dan melakukan permainan bola, siswa dapat bekerja sama dengan baik.

Menceritakan Perilaku Baik

• Dengan mengamati gambar dan berdiskusi siswa dapat menceritakan perilaku yang baik.

Wartawan dan Narasumber

• Setelah melakukan kegiatan wawancara, siswa dapat menuliskan jenis kegiatan setelah bermain di

sore hari.

 

E. Materi Ajar

Bermain Bermain Bola

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah Kegiatan 1:1. Guru menyampaikan bahwa banyak anak mengisi waktu sorenya dengan bermain bola.2. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kebiasaan yang sama di sore hari.

3. Siswa berbagi pengalamannya, khususnya tentang bermain bola.

4. Siswa mendengarkan penjelasan bahwa bermain bola harus sportif.

5. Siswa berlatih bermain bola dengan bimbingan guru.

◦◦ Siswa berlari di tempat; mengelilingi lapangan; berlari zig-zag, mengoper bola

dengan cara menendang; dan menendang bola ke arah gawang.

6. Usai bermain, siswa dan guru mendiskusikan sikap yang baik dalam bermain bola,

misalnya sebagai berikut.

◦◦ Bisa bekerja sama dalam tim.

◦◦ Bermain jujur dan tidak bermain curang.

◦◦ Bermain dengan santun dan menghargai lawan.

◦◦ Menjaga keselamatan lawan dan tidak berkelahi.

◦◦ Siap menerima kekalahan dan bersikap rendah hati ketika menang (sportif).

Langkah-langkah kegiatan:

1. Guru menyampaikan bahwa kita akan menemukan teman-teman dengan berbagai sifat. Sebagai manusia, selayaknya kita memiliki sifat-sifat baik. Oleh karena itu, akan membawa kebaikan untuk kita.

2. Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok diskusi yang terdiri atas lima siswa.

3. Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.

4. Siswa mendiskusikan dengan teman di kelompoknya cerita pada gambar 1–4. Guru dapat mengajukan pertanyaan seperti berikut ini.

◦◦ Jika saat bermain, seorang temanmu jatuh atau terluka, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

◦◦ Bagaimana perasaanmu ketika menolong teman?

◦◦ Bagaimana perasaanmu, jika kamu ditolong oleh teman saat jatuh atau terluka?

5. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya.

6. Semua siswa mendengarkan hasil diskusi yang disampaikan teman-temannya secara bergiliran.

Langkah-langkah kegiatan2:

1. Guru menyampaikan bahwa kegiatan lain yang dilakukanpada sore adalah mandi sore.

2. Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan permainan “Wartawan dan Narasumber” secara berpasangan.

3. Siswa mencari pasangan.

4. Satu siswa berperan menjadi wartawan dan yang lainnya men-jadi narasumber, dan kemudian berganti posisi.

5. Wartawan bertanya: Apa kegiatanmu usai bermain pada sore hari?

6. Ajaklah siswa mendata berbagai kegiatan yang mereka laku-kan setelah bermain pada sore hari.

7. Siswa menyebutkan kegiatan yang biasa dilakukannarasumber usai bermain sore.

8. Siswa menyalin daftar kegiatan sesudah bermain sore di buku siswa.

9. Usai menyalin daftar kegiatan siswa yang tertera di papan tulis, siswa mengerjakan latihan mengurutkan gambar yang ada di buku siswa.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua dapat mengi- ngatkan siswa untuk peduli dengan teman pada saat bermain bersama

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

BOLA

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

====================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 4

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriftif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud, dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

4.2 Mempraktikkan teks arahan atau petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan  dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PJOK  4.16 Menyajikan jenis  ahan makanan umbi-umbian  dengan olahan sederhana

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Menjelaskan jenis umbiumbian sesuai teks

• Menuliskan kembali kalimat yang ada pada teks yang dipelajari

• Mempraktikkan langkahlangkah penyajian kudapan sore

SBDP: • Mempraktikkan penyajian kudapan dengan bahan dasar umbi-umbian

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mengenal Kudapan Sore

• Dengan membaca teks dan mengamati gambar siswa dapat mengenal kudapan dari jenis umbi umbian dengan benar.

• Dengan mengamati teks, siswa dapat menyalin kalimat sesuai teks.

Membuat Kudapan Sore

• Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengikuti kegiatan praktik

memasak sesuai petunjuk.

• Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan sekurang-kurangnya 5 bahan membuat kudapan sore.

 

E. Materi Ajar

Mengenal kudapan sore

Membuat kudapan Sore

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Siswa berbagi cerita tentang kebiasaan makan dalam satu hari (mulai sarapan hingga makan malam).2. Guru bertanya apakah keluarga mereka memiliki kebiasaan menyiapkan makanan kecil di sore hari?

3. Guru menjelaskan, bahwa selain makan pagi, makan siang, dan makan malam, masyarakat di banyak tempat memiliki kebiasaan makan di antara makan pagi dan siang, dan antara makan siang dan makan malam. Mereka menyebutnya kudapan (makanan ringan).

4. Guru menjelaskan bahwa siswa akan mempelajari beberapa umbi-umbian sebagai salah satu bahan utama kudapan sore yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

5. Siswa menyebutkan jenis umbi-umbian yang mereka ketahui.

6. Siswa menyalin kalimat yang berhubungan dengan umbi-umbian.

Langkah-langkah Kegiatan:

1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan memasak ubi kukus.

2. Guru menjelaskan urutan memasaknya sebagai berikut.

◦◦ Mengupas, membersihkan, memotong-motong ubi sebesar satu suapan siswa, dan memasukkannya ke dalam panci kukus yang sudah dilapisi daun pandan

◦◦ Guru meletakkan panci kukus di atas api sedang selama lebih kurang 30 menit

◦◦ Sementara menunggu ubi matang, guru memperlihatkan kepada siswa kelapa muda parut, diberi gula putih, dan sedikit garam.

3. Sambil menunggu ubi matang, siswa menghias piring saji dengan daun pisang yang telah disiapkan guru.

4. Guru meletakkan ubi yang sudah matang ke dalam piring saji.

5. Siswa mencuci tangan.

6. Lalu beberapa siswa menaburi kelapa muda parut dan meletak kan beberapa garpu kecil.

7. Siswa duduk berkelompok mengelilingi satu piring ubi.

8. Siswa berdoa bersama sebelum mencicipi ubi yang mereka masak bersama.

9. Siswa mencicipi ubi kukus.

10. Sebagai penutup, siswa diminta menyebutkan bahan-bahan membuat kudapan.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua dapatmengajak siswa membuat kudapan sederhana bersama.

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

• Buku siswa (buat resep ubi kukus dan ilustrasi urutan memasak)

• Ubi 2-3 kg

• Gula pasir

• Garam

• Kelapa muda parut

• Daun pandan

• Garpu kecil

• Seperangkat peralatan yang dibutuhkan untuk           memasak (kompor, panci untuk mengukus, pisau, lima buah piring, daun pisang untuk menghias piring saji, dibuat ilustrasinya di buku siswa)

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

===============================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 5

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia 3.4 Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu

4.4 Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

PPKn

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam

kehidupan seharihari di rumah dan sekolah

 

C. Indikator

Bahasa Indonesia : • Menjelaskan kebiasaan yang baik menyambut orangtua pulang kerja

• Menyebutkan kegiatan sore hari yang biasa dilakukan

PPKn: • Mengikuti aturan atau kebiasaan baik dengan bermain peran

 

D. Tujuan Pembelajaran

Menyambut Ayah/Ibu Pulang

• Dengan bermain peran dan diskusi, siswa dapat menyebutkan kebiasaan menyambut orangtuapulang dari bekerja yang baik dengan tepat

Membuat Daftar Kegiatan Sore Hari

• Setelah melakukan kegiatan permainan, siswa dapat menyebutkan minimal dua kegiatan membantu

orangtua pada sore hari yang biasa dilakukan.

 

E. Materi Ajar

Menyambut Orang Tua

Membuat Daftar kegiatan Sore Hari

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan:1. Siswa mengamati gambar di buku siswa.2. Guru mengajukan pertanyaan pada siswa seperti berikut ini.

◦◦ Bagaimana perasaanmu ketika ayah atau ibumu pulang kerja?

◦◦ Apa yang bisa kamu lakukan menyambut ayah atau ibumu pulang dari bekerja?

3. Guru mencontohkan dialog suasana sore menyambut ayah atau ibu pulang berdasarkan gambar.

4. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.

5. Beri kesempatan siswa untuk merancang dan berlatih bermain peran.

6. Setiap kelompok tampil bergiliran di hadapan kelompok-kelompok lain.

7. Diskusikan bersama siswa cara-cara yang baik menyambut ayah atau ibu pulang.

8. Siswa mengerjakan latihan di dalam buku siswa.

Langkah-langkah kegiatan:

1. Guru meminta pendapat siswa tentang kegiatan yang bisa dilakukan untuk membantu orangtua pada sore hari.

2. Siswa menyampaikan pendapatnya lewat permainan Cap-Cip-Cup.

Cara bermainnya yaitu sebagai berikut.

◦◦ Guru dan siswa duduk membentuk lingkaran.

◦◦ Guru memberi contoh dengan mengucapkan salah satu kegiatan pada sore hari, misalnya menyapu halaman.

◦◦ Selanjutnya, guru menunjuk salah seorang siswa untuk mengutarakan idenya dengan cara melakukan permainan.

◦◦ Guru menggunakan ibu jari dan telunjuk kanannya seperti huruf L, sementara ketiga jari lainnya mengepal.

◦◦ Sambil mengucapkan “cap”, guru menyilangkan tangan kanan ke bahu kiri.

◦◦ Selanjutnya, mengucapkan “cip” dengan tangan kanan ke arah belakang bahu sebelah kanan.

◦◦ Terakhir menyebut kata “cup” ke salah seorang siswa.

◦◦ Siswa yang ditunjuk harus menyebutkan satu kegiatan pada sore hari yang bisa dilakukan untuk membantu orangtua, misalnya menyapu halaman.

◦◦ Selanjutnya, siswa melakukan gerakan seperti yang guru lakukan dan menunjuk siswa lainnya.

◦◦ Begitu seterusnya hingga semua siswa mendapat giliran.

3. Setelah seluruh ide terkumpul, guru dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya.

4. Siswa membuat daftar kegiatan yang bisa dilakukan dan mencoba melakukannya di rumah.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua melibatkan siswa melakukan kegiatan

membantu orang tua di rumah

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Diri Sendiri dan Lingkungan

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis

 

  

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

===================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan       : SD

Kelas/Semester                        : I/I (ganjil)

Tema/Sub tema/Pbljrn  : 3.Kegiatanku / 3. Kegiatan Sore Hari / 6

Waktu                          : 1 hari

A.   Kompetensi Inti

  1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar

Matematika4.6 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf

4.7 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan tabel pada sumbu horizontal

SBDP : 4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

C. Indikator

Matematika• Membaca grafik gambar (piktograf) dengan tepat

• Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan data grafik gambar

• Membuat grafik gambar

SBDP: • Mewarnai gambar

 

D. Tujuan Pembelajaran

Mewarnai Gambar

• Dengan kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan

minimal empat warna dengan baik.

Membaca Grafik Gambar

• Siswa dapat membuat grafik gambar (piktograf) dengan tepat.

• Dengan mengamati grafk gambar dan berdiskusi, siswa dapat membaca grafik dengan menjawab 6 pertanyaan dengan tepat

 

E. Materi Ajar

Menyambut Orang Tua

Membuat Daftar kegiatan Sore Hari

F.  Pendekatan : Scientific                  Model Pembelajaran Cooperative LEARNING

G. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN DEKSKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka
  • Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
 1 hari
Kegiatan Inti Langkah-langkah kegiatan 1:1. Guru mengajak siswa mengamati gambar di buku  siswa.2. Diskusikan bermacam-macam kegiatan sore hari yang telah mereka pelajari.

3. Siswa mewarnai gambar di dalam buku siswa.

Langkah-langkah kegiatan2:

1. Siswa akan mengumpulkan dan menyusun data ke dalam grafik gambar.

2. Siswa menanyakan kegiatan kemarin sore yang dilakukan teman-teman, misalnya bermain sepeda, bermain layang-layang, menyiram bunga, dan membaca buku.

3. Jika ada siswa yang melakukan lebih dari satu aktivitas, maka mintalah ia memilih satu aktivitas saja.

4. Siswa menyusun data yang didapat pada lembar kerja yang sudah disiapkan guru.

5. Ajarkan siswa menggunakan simbol O untuk mewakili 1orang  Siswa boleh menggunakan simbol lain.

6. Siswa mengamati grafik gambar tentang kegiatan sore di buku siswa.

7. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan grafik gambar.

Kegiatan Penutup –  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.-  Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.-  Guru melakukan  penilaian Lembar Evaluasi

Remedial:

1. Siswa yang belum menguasai materi, guru disarankan untuk memberikan remedial

–  terutama penguasaan materi membaca, menulis, dan berhitung.

Kegiatan Dirumah dengan ORTU = Orang tua dapat mengajak siswa melakukan aktivitas sore bersama-sama.

Kegiatan alternatif: • Membuat kudapan sore dari bahan selain umbi-umbian

  • • Membuat grafik gambar tentang permainan di sore hari

 

  1. H.    Media Dan Alat Pembelajaran

Buku siswa,

Diri Sendiri dan Lingkungan

  1. I.       Penilaian = Penilaian Tertulis

 

 

Mengetahui :                                                                     Surakarta. 10 Juli 2013

Kepala  SD                                                                            Guru Kelas I

8 comments on “RPP Kelas 1 Tema 3 Sub tema 3 Pembelajaran 1-6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s