RPP Kl1 Tema 7 Sub 1, 2, 3, 4 pb sebagian

SELAIN DISINI BISA di BUKA di sini= https://www.facebook.com/groups/483565058397836/files/

Saya termasuk pengurusnya semua yang terbaru ada disana

JUGA TELAH TERSEDIA CD ANIMASI PEMBELAJARAN DAN PERANGKAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN ….HUB 081329080273 /PIN BB 2966E9CD

promo1 reni promo

TEMA 7 SUB 4 =

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD Jumapolo

Kelas/ Semester         : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema          : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/4 Bentuk,Warna,Ukuran                               dan Permukan benda

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran              : 5(lima)

  1. A.     Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator                                                                                                                     Matematika                                                                                                                                              3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain                                                                                     4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang                                                                                                                                          Indikator                                                                                                                                                           3.2.1 Menyebutkan nilai uang                                                                                                                                 4.2.1 Menyelesaikan soal cerita penjumlahan tentang uang                                                                                               4.2.2 Menyelesaikan soal cerita pengurangan tentang uang

       Bahasa Indonesia

3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu,penyajian                                                                                                                                         Indikator

3.1.1 Menyebutkan perbedaan tekstur benda berdasarkan teks yang dibaca.

4.1.1 Mengelompokkan benda berdasarkan permukaan sesuai teks yang dibaca

C.Tujuan  Pembelajaran

1. Setelah merasakan, siswa dapat menentukan tekstur benda dengan benar.

2.Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengelompokkan benda di kelas berdasarkan tekstur dengan benar.

3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan nilai uang dengan benar.

4 Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan tentang uang dengan benar.

5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita pengurangan tentang     .   uang dengan benar

D.Materi Pembelajaran

1.Menentukan tekstur benda                                                                                                                 2.nilai uang                                                                                                                                       3.penjumplahan dan pengurangan dengan uang

E. Metode,Strategi dan Pendekatan Pembelajaran

-Metode  : Ceramah,diskusi,tanya jawab,demonstasi,dan pemberian tugas                                                                                -Strategi pembelajaran: discovery learning                                                                                                                                                           -pendekatan pembelajaran :scientific

F.Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi waktu
Pendahuluan 1.Berdoa2.Menyanyi’SEDANG APA”

3.Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan inti 1. Siswa mengamati gambar yang ada pada buku         2. Saat kita bermain seluncur pada papan yang berba­han logam, kita dapat meluncur dengan cepat. Hal ini dikarenakan permukaan logam tersebut sangat halus dan licin. Tapi, kayu memiliki permukaan yang lebih kasar dari logam sehingga kita tidak dapat meluncur dengan cepat.\3. Siswa diminta untuk mengamati gambar lainnya pada buku. Ada tokoh yang menangis karena kesaki­tan. Saat bermain, tokoh tersebut berlari-lari dan ter­jatuh. Permukaan jalan yang kasar melukai kakinya hingga berdarah.

4. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa benda memiliki permukaan yang berbeda. Ada benda yang memiliki permukaan halus dan kasar.

5. Ajak siswa bermain tebak-tebakan benda.

6. Siapkan barang-barang yang akan ditebak, dan simpan dalam satu kardus. Siap­kan pula kain penutup mata. Jangan biarkan kardus tempat benda terbuka, karena

akan digunakan untuk menebak.

7. Minta perwakilan siswa maju, lalu tutup matanya.             Ambil satu benda, lalu minta siswa tersebut meraba dan menebak bagaimana permukaannya? Halus atau kasar?

8. Lakukan dengan beberapa siswa lainnya

9. Siswa diingatkan kembali mengenai mainan hasil karyanya dan materi uang yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.

9. Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai permukaan mainannya. Bagian mana saja yang permukaannya halus dan kasar.

10. Minta mereka menentukan harga mainan masing-masing.

11. Siswa diminta membuat kelompok. Setiap kelompok akan berlatih kegiatan jual beli. Ada siswa yang bertugas sebagai pedagang dan ada siswa yang bertugas sebagai pembeli. Kumpulkan jadi satu semua mainan pada setiap kelompok. Mainan tersebut yang akan digunakan pada permainan jual beli.

12. Sebelumnya siswa mendengarkan kembali penjelasan guru tentang penjumlahan bersusun ke bawah. Juga mengingatkan kembali mengenai nilai tempat bilangan.

13. Minta siswa menentukan uang yang harus dibayarkan saat ingin membeli barang tersebut.

14. Kegiatan diakhiri dengan mengerjakan latihan soal

Penutup 1.Membuat kesimpulan tentang materi yang telah di samapikan2.Memberi penialian dan memberi PR

3.Menutup pelajaran dengan brerdoa

H.Media,Alat dan Sumber Pembelajaran

1. Buku siswa

2. Berbagai macam benda yang memiliki permukaan halus dan kasar, seperti kapas,         .       saputangan, bola bas­ket, bola tenis, penghapus, dan meja,

3. Kain untuk menutup mata

4. Mainan buatan siswa sebagai alat bantu untuk pen­dahuluan

I.Penilaian

Tes tertulis dan observasi

Jumapolo,……………..2014

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas

…………………….                                                                            ………………..

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN 01 Jumapolo

Kelas/ Semester         : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema          : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/4 Bentuk,Warna,Ukuran dan Permukan benda

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran              : 6

  1. A.     Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Kompetensi dasar                                                                                                                      PJOK                                                                                                                                                      3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional                                                                                          4.2 Mempraktikkan pola gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional                                                               Indikator                                                                                                                                                    3.2.1 Menunjukkan cara melompat yang baik.                                                                                                      4.2.1 Mempraktikkan gerak melompat                                                                                                                    4.2.2 Kemampuan melompat minimal 1                                                                                                       Kompetensi dasar                                                                                                                     Bahasa Indonesia                                                                                                                                 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian                                                                                                                      Indikator                                                                                                                                                   3.1.1 Mengidentifikasi bahan penyusun benda berdasarkan teks yang dibaca                                                    3.1.2 Mengidentifikasi sifat benda sesuai bahan penyusun berdasarkan teks yang dibaca                                                                                                                                     4.1.1Menyebutkan benda yang dapat mengalami perubahan bentuk.                                                             4.1.2 Mengemukakan kesimpulan dari  0 kali tanpa henti                                                               Kompetensi dasar                                                                                                                        PPKn                                                                                                                                                 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah                                                                                                                                           4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah                                                                       Indikator                                                                                                                                                  3.2.1 Menjelaskan cara menggunakan benda sesuai fungsinya untuk menjaga keamanan                                                                                                                                           4.2.1 Menunjukan cara menggunakan benda sesuai fungsinya

C. Tujuan pembelajaran

1. Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi benda berdasarkan bahan penyusun dengan tepat.

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menyimpulkan perbedaan sifat benda berdasarkan bahan penyusunnya dengan benar.

3. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menentukan perbedaan benda berdasarkan bahan penyusunnya dengan benar.

4. Setelah mengamati, siswa dapat menyimpulkan dengan baik perubahan yang terjadi pada benda jika diberi perlakuan khusus.

5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menentukan aturan menggunakan benda sesuai dengan fungsinya.

6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan cara menggunakan benda sesuai dengan fungsinya.

7. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan gerak melompat yang benar.

8. Setelah mengamati contoh, siswa dapat bermain lompat tali dengan benar.

9. Setelah berlatih, siswa dapat melompat minimal dalam 10 kali tanpa berhenti

D.Materi Pembelajaran

                                                                                                       1.Mengidentifikasikan benda                                                                                            2.Menggunakan benda berdasarkan fungsinya                                                                                                                        3.Bermain lompat tali                                                                                                                               E.METODE,STRATEGI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                 -Metode  : Ceramah,diskusi,tanya jawab,demonstasi,dan pemberian tugas                                                                                -Strategi pembelajaran: discovery learning                                                                                                                                                           -pendekatan pembelajaran :scientific

F.Langkah-langkah kegiatan pembelajaran

Kegiatan Deskripsi kegiatan Alokasi waktu
Pendahulaun  1.Berdoa2.koreksi pr

3.Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

 Kegiatan inti 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa benda-benda terbuat dari bahan yang berbeda. Ada yang terbuat dari kertas, karet, kaca, kayu, logam, dan plastik.2. Siswa diminta mengamati gambar yang terdapat di dalam buku lalu menuliskan bahan pembuat benda seperti latihan soal yang ada pada buku.

3. Siswa mencari bahan lain untuk membuat benda, misalnya tanah liat untuk membuat berbagai tembikar.

4. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa bahan pembuat benda yang berbeda akan menghasilkan benda dengan ciri-ciri yang berbeda. Misalnya, gelas yang terbuat dari kaca biasanya bening, keras, dan permukaannya halus

5. Siswa menjawab pertanyaan mengenai bahan pembuat benda, ciri-ciri benda yang dihasilkan, serta fungsinya. Tuliskan pada tempat yang tersedia.

6. Setelah selesai, perwakilan siswa maju untuk kegiatan lainnya. Minta siswa tersebut mengubah selembar kertas menjadi bentuk lain. Jika siswa kesulitan, beri petunjuk kepada siswa cara melipat atau meremas kertas tersebut. Tunjukkan kepada siswa lainnya mengenai perubahan bentuk ini. Lakukan kegiatan dengan menggunakan benda lain, seperti karet dan botol plastik bekas air mineral. Guru memberi penjelasan bahwa benda dapat berubah jika mendapat perlakuan khusus.

7. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan menggunakan benda sesuai fungsinya. Misalnya, benda yang terbuat dari kaca akan pecah jika terkena benturan. Pecahan kaca tersebut sangat tajam dan berbahaya sehingga sebaiknya tidak bermain-main dengan benda yang terbuat dari kaca.

8. Siswa menjawab pertanyaan mengenai fungsi benda. Misalnya, kursi berguna untuk duduk, jadi sebaiknya tidak digunakan untuk bermain lompat-lompatan.

9. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh lain yang menunjukkan benda tidak digunakan sesuai fungsinya.

10. Siswa berlatih menentukan penggunaan benda sesuai fungsinya dengan menjawab latihan soal yang ada pada buku.

11. Kegiatan diakhiri penjelasan kesimpulan dari guru bahwa benda terbuat dari berbagai bahan dan dapat diubah bentuk jika diberi perlakuan khusus. Kertas dapat dibentuk menjadi kerajinan yang indah, karet dapat dilipat atau ditarik. Tapi, tidak semua karet dapat ditarik atau dilipat. Karet pada roda mobil atau sepeda

12. Guru menunjukkan karet yang sudah dijalin menjadi sebuah tali yang akan digunakan untuk melompat. Siswa diminta menarik karet tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa karet dapat dibentuk dan ditarik.

13. Guru menyampaikan bahwa kegiatan hari ini adalah bermain lompat tali. Kegiatan ini berguna untuk melatih kekuatan kaki dan membantu pertumbuhan tinggi badan.

14. Lakukan pemanasan terlebih dahulu

15. Berikan contoh dengan cara meminta bantuan dua orang siswa untuk memegang tali tersebut.

16. Kedua siswa akan memegang tali pada posisi berseberangan dan memutar talinya. Guru berdiri di tengah dan menunjukkan cara melompat saat tali diputar.

17. Siswa berlatih sampai semua bisa melompat dan memutar tali.

18. Secara bergantian, siswa bermain lompat tali. Setiap siswa dapat melompat minimal 10 kali tanpa berhenti.

19. Lakukan kegiatan sampai semua siswa dapat melakukannya.

 
Penutup  1.Membuat kesimpulan tentang materi yang di sampaikan2.Memberi penilai dan PR

3.Menutup pelajaran dengan berdoa

 

 

H.Media,Alat dan Sumber pelajaran                                                                                                           1. Buku siswa                                                                                                                                          2. Karet gelang                                                                                                                                         3. Kertas                                                                                                                                                         4. Karet yang sudah dijalin

I.Penilaian

Teknik penilaian :tes tertulis dan observasi

Jumapolo,……………2014

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                         Guru kelas

……………………                                                                           ……………….

TEMA 7 SUB 3=

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SDN 01 Jumapolo

Kelas/ Semester         : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema          : 7. Benda,Hewan dan Tanaman di Sekitarku/3 Tumbuhan di sekitarku

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran              : 5

  1. A.     Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Matematika                                                                                                                                                                                                             Kompetensi dasar                                                                                                                                                                          1.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda,tinggi rendahnya tinggi      badan,dan urutan kelompok berdasarkan jumplah anggotanya.                                                                                                              4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal  dan menyajikannya dalam grafik kongkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horisontal

Indikator                                                                                                                                                                                                     3.12.1 Mengumpulkan data tempat tinggal tumbuhan                                                                                                                           4.9.1   Membaca grafik gambar tentang tempat tinggal tumbuhan

Bahasa indonesia                                                                                                                                                                               3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman                                                                                                                                                                                              4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuhdan panca indra,wujud dan sifat benda,serta peristiwa siang dan malam serta mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator                                                                                                                                                                                                3.1.1 Membaca teks tentang tempat tinggal tumbuan                                                                                                                        3.1.2 Mengidentifikasi tanaman berdasarkan tempt tinggalnya sesuai dengan teks yang di baca                                                                                                                                                 4.1.1 Menuliskan nama dan deskripsi tanaman berdasarkan tempat tinggalnya sesuai dengan teks

C.TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan tanaman yang hidup di air dengan benar.

2. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua tanaman yang hidup di air dengan benar.

3. Setelah membaca teks, siswa dapat menyebutkan minimal dua tanaman yang hidup di darat dengan benar.

4. Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat menyebutkan jenis tanaman berdasarkan tempat tinggal dengan benar.

5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat diagram untuk mengklasifikasi tanaman berdasarkan tempat hidup dengan benar.

6. Setelah mengamati gambar, siswa dapat membaca grafik gambar mengenai jumlah            .     tumbuhan dengan benar.

      D.MATERI PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           -membaca grafik gambar tentang tempat tinggal tumbuhan.                                                                                                                                                                                        -tanaman yang hidup di air dan di darat.

E.METODE,STRATEGI DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                 -Metode  : Ceramah,diskusi,tanya jawab,demonstasi,dan pemberian tugas                                                                                -Strategi pembelajaran: discovery learning                                                                                                                                                           -pendekatan pembelajaran :scientific

F.LANGAKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN                                                                                                                                                                                                                                                                                                               

Kegiatan Deskiripsi kegiatan Alokasi
Pendahuluan
  1. Memulai aktivitas belajar dengan berdo’a bersama
  2. Tanya jawab tentang tumbuhan yang ada di sekitar
  3. Menyajikan informasi sub tema yang akan disajikan

Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai

5 menit
Kegiatan inti 1. Siswa diajak mengamati lingkungan sekitar. Kegiatan ini sangat efektif jika di sekitar lingkungan sekolah terdapat kolam/rawa. Jika tidak memungkinkan, minta siswa mengamati gambar yang ada di buku.2. Siswa mengamati bahwa sebagian tumbuhan dapat hidup di darat dan sebagian yang lain hidup di air

3.Siswa menyebutkan beberapa contoh tumbuhan darat dan tumbuhan air yang mereka ketahui.

4. Kegiatan kemudian dilanjutkan di kelas. Siswa diminta untuk membaca teks di buku siswa.

5. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapatkan kartu berisi nama tumbuhan dengan berbagai tempat tinggalnya. Berikan penjelasan tambahan untuk tumbuhan yang tempat tinggalnya menempel pada tumbuhan lain.

6. Dalam waktu tertentu, minta siswa    mengelompokkan

7. Perwakilan siswa menyampaikan hasil pengelompokannya. Siswa lain mendengarkan dan saling memeriksa pekerjaannya.

8. Siswa menulis dan menggambarkan beberapa contoh tumbuhan darat dan tumbuhan air pada buku siswa

9.Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai grafik gambar dan bagaimana membaca data pada grafik gambar.

10. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai contoh membuat sebuah grafik gambar di papan tulis. Kemudian, guru dan siswa bersama-sama membahas data pada grafik gambar tersebut.

11. Siswa melanjutkan kegiatan individu menganalisis grafik gambar tentang jumlah tanaman darat dan air dengan menjawab pertanyaan pada buku siswa.

12. Kegiatan diakhiri dengan diskusi kelas mengenai beberapa jenis tumbuhan yang dapat hidup di kedua tempat, di darat dan di air. Termasuk diskusi mengenai beberapa jenis tanaman yang jarang/belum dikenal

150 Menit
Penutup 1.siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang tumbuan yang hidup di darat dan di air2.guru mengadakan tanya jawab tentang materi  yang telah di berikan3.guru melakukan peniklaian hasil belajar siswa

4.guru memberi tiugas rumah

5.bersama sama berdoa untuk mengakiri pembelajaran

10 Menit

G.MEDIA,ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN

-Media  :gambar                                                                                                                                                                                                           -Alat      :kartu tentang gambar tumbuan                                                                                                                                                           -sumber:buku siswa halaman 81-83

H.PENILAIAN

1.TEKNIK  PENILAIAN                                                                                                                                                                       a. Penilaian sikap    :observasi                                                                                                                                                                                                 b .Pengetahaun        :tertulis                                                                                                                                                                                                   c. Ketrampilan          :

Jumapolo,……………..2014          Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Kelas 1

…………………….                                                                              …………………….

NIP.                                                                                                   NIP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN jumapolo 1

Kelas/ Semester         : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema          : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/3 Tumbuahan di sekitar

Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran              : 6

  1. A.     Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator                                                                                                                             Kompetensi dasar                                                                                                                                   Bahasa Indonesia                                                                                                                                      3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.

4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian                                                                                                                                                                 Indikator                                                                                                                                                                        3.1.1 Menulis teks deskriptif sebagai rangkuman materi tentang tanaman                                                               4.1.1 Membuat peta informasi/peta pikiran tentang tanaman.                                                                           4.1.3 Menulis cerita bergambar tentang mematuhi aturan dalam bermain.                                                                                                         Kompetensi dasar                                                                                                                                    PJOK

3.3 Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional                                                                                       Indikator                                                                                                                                                             3.3.1 Menyebutkan salah satu contoh permainan tradisional.                                                                                                                                  4.3.1 Mempraktikkan permainan lompat bambu                                                                          Kompetensi dasar                                                                                                                   PPKn                                                                                                                                                      3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah                                                                                                                                               4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator                                                                                                                                                  3.2.1 Menjelaskan pentingnya aturan permainan lompat bambu.                                                                      3.2.2 Menjelaskan akibat yang akan timbul jika tidak mematuhi aturan                                                                       4.2.1 Mempraktikkan aturan saat bermain lompat bamb

C.Tujuan Pembelajaran

1. Setelah mendengarkan instruksi, siswa mampu menuliskan teks deskriptif    mengenai rangkuman materi tentang tumbuhan dengan benar.

2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan peta pikiran sesuai teks dengan benar.

3. Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan cerita bergambar mengenai akibat yang akan timbul jika tidak mematuhi aturan dengan benar.

4. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan salah satu permainan tradisional dengan benar.

5. Setelah melihat contoh, siswa dapat mempraktikkan permainan lompat bambu dengan benar.

6. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan pentingnya mematuhi aturan permainan lompat bambu dengan lancar.

7. Setelah berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat yang akan timbul jika tidak mematuhi aturan dengan benar.

8. Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mempraktikkan aturan saat bermain lompat bambu dengan benar

D.Materi pembelajaran

1.  Menulis teks deskripsi                                                                                                                                                            2.  Menyebutkan permainan tradisional                                                                                            3.  Bermain lompat bambu

E.Mertode,Strategi dan Pendekatan Pembelajaran

1. Metode(ceramah,diskusi dan tanya jawab)                                                                                     2. Strategi     descovery learning                                                                                                                                   3.Pendekatan scientific

F.Langkah langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi kegiatan Alokasi waktu
pendahuluan 1.Memulai aktifitas dengan berdoa                                                                 2.Tanya jawab tentang permainan
Kegiatan inti  1 Siswa melakukan pemanasan dengan peregangan.2. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai permainan tradisional “lompat bambu” yang berasal dari daerah Sulawesi. Permainan ini menggunakan dua pasang bambu yang dipukulkan secara bersamaan.

3. Dua orang siswa diminta untuk memegang bambu dengan posisi duduk. Siswa pertama memegang ujung bambu di tangan kanan dan kiri. Siswa kedua memegang bambu di ujung lain dengan posisi yang sama dengan siswa pertama.

4. Empat orang siswa dapat memegang bambu bersamaan dalam keadaan duduk diam seperti gambar yang terdapat pada buku siswa.

5. Siswa lain diminta untuk melompat di antara bambu-bambu tersebut. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan diiringi musik.

6. Untuk aktivitas tingkat lanjut, siswa bisa melompatke dalam/di antara kedua bambu pada saat bambu dipukulkan ke tanah, dan melompat keluar saat kedua bambu saling dipukulkan bersamaan.

7. Siswa diminta menyebutkan beberapa aturan yang harus ditaati dalam bermain lompat bambu.

8. Siswa berdiskusi dan kemudian menuliskan manfaat pentingnya aturan dalam permainan dan akibat yang dapat timbul jika tidak patuh pada aturan.

10. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mematuhi aturan adalah salah satu sikap terpuji untuk melatih disiplin dan tanggung jawab.

11. Siswa membuat cerita bergambar tentang anak yang mematuhi dan tidak mematuhi aturan. Ide cerita boleh bebas berdasarkan pengalaman maupun imajinasi siswa.

12. Guru menyiapkan kartu-kartu yang berisi nama bagian-bagian dari tumbuhan, seerta apa saja yang dibutuhkan dan dihasilkan oleh tumbuhan.

13. Guru menggambar diagram di papan tulis tentang bagian-bagian tumbuhan, serta apa saja yang dibutuhkan, dan dihasilkan oleh tumbuhan.

14. Siswa menempelkan kartu-kartu kata pada kolom yang paling sesuai (bisa sambil bermain kompetisi memasangkan kartu kata).

15. Siswa memperhatikan contoh bagan peta pikiran seperti yang terdapat pada buku siswa.

16. Siswa diarahkan untuk membuat dan melengkapi bagan di kertas karton/selembar kertas dengan tulisan yang indah dan rapi.

17. Tambahkan gambar, hiasan, dan warna untuk memperindah bagan sehingga berbentuk sebuah poster yang berisi kesimpulan dari materi dengan subtema Tumbuhan di Sekitarku.

18. Tempelkan hasil karya siswa di papan pajangan/dinding kelas.

19. Kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelompok/individu.

penutup 1.Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang permaianan dari bambu2.Guru memberi PR                                                                  3.Menutup pelajaran dengan berdoa

H.Media,Alat,dan sumber pelajaran

1. Buku siswa

2. Dua potong bambu ukuran 2 meter

3. Kertas karton

4. Pensil warna/spidol untuk menghias

I.Penilaian                                                                                                                                                    Teknik penilaian :observasi dan unjuk kerja

Jumapolo,………….2014

Mengetahui

Kepala Sekolah                                                                                     Guru kelas

…………………..                                                                                       …………….

NIP………………                                                                                      NIP

TEMA 7 SUB 2 =

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN Danurejo 1

Kelas/ Semester           : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema           : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/2.Hewan di Sekitarku

Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran               : 6(enam)

  1. A.      Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

PJOK

1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuanyasebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

 

 

 

 

 

 

2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri  , oranglain, dan lingkungan sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasanma dalam melakukan sebagai aktifitas fisik

2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan

3.5 Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam

Indikator

• Menjelaskan manfaat menirukan jalan gajah

• Mempraktikkan gerak jalan gajah

Bahasa Indonesia

1.2     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.

2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

3.3  Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 

 

 

Indikator

• Menjelaskan manfaat hewan berdasarkan teks yang dibaca

• Menyampaikan hasil diskusi didepan teman-teman

Matematika

2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli,  disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktifitas sehari-hari sertamemeriksa kebenaranya.

Indikator

  • Menyelesaiakn soal cerita mengenal penjumlahan
  • Menyelesaiakan soal cerita mengenai soal pengurangan
  1. C.      Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan cara gajah berjalan dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat mempraktikkan jalan gajah dengan benar.
  4. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan manfaat hewan terhadap kehidupan sehari-hari dengan benar.
  5. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan satu manfaat hewan terhadap kehidupan sehari-hari dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah dengan tepat.
  7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita pengurangan dengan cara bersusun ke bawah dengan tepat.
  1. D.    Materi Pembelajaran
    1. Siswa dapat mempraktekan jalanya gajah
    2. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan
    3. Siswa dapat menirukan satu manfaat hewan
  1. Siswa dpat menyelesaiakan penjumlahan dengan cara bersusun
  2. Siswa dapat menyelesaiakan pengurangan dengan cara bersusun
  1. D.    Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)

Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan    mengkomunikasikan).

 

  1. E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Memulai aktivitas belajar dengan berdo’a bersama
  2. 2. Menyanyikan lagu “ Jago Tukung“
    1. Tanya jawab tentang kehadiran siswa
    2. Menyajikan informasi sub tema yang akan disajikan
    3. Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai

15 Menit

Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat hewan dan peternakan sebagai sumber pendapatan keluarga.( mengamati )
  2. Siswa mendengarkan penjelasan sederhana tentang proses hasil ternak, penjualan, sampai menjadi makanan yang siap disantap. ( mengamati )
  3. Siswa dapat memahami asal makanan yang disantapnya setiap hari, seperti asal telur. ( menalar )
  4. Siswa menyimak penjelasan guru tentang soal cerita penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan hasil ternak. ( mengamati )
  1. Guru mengingatkan kembali cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan dengan cara menyusun ke bawah. Penjelasan dilengkapi dengan mengingatkan nilai tempat sehingga siswa tidak keliru menyimpan satuan dan puluhan. ( mengamati )
  2. Beberapa siswa diminta menyelesaikan soal yang diberikan guru. ( mencoba )
  3. Setelah semua memahami, siswa berlatih mengerjakan soal yang ada pada buku. Tema 7, Subtema 2: Hewan di Sekitarku 55

( mencoba )

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:

  1. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang jenis-jenis binatang buas. ( menanya dan menalar )
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai jalan gajah. ( mengamati )
  3. Lakukan pemanasan sebelumnya. ( mencoba )
  4. Berikan contoh gerakan jalan gajah. ( mengamati )
  5. Berikan kesempatan siswa untuk mencoba.( mencoba )
  6. Siswa berlatih satu per satu, sampai dapat melakukan gerakan tersebut. ( mencoba )
  7. Satu per satu siswa mempraktikkan jalan gajah. ( mencoba )

 

150 Menit

Penutup

  1. Siswa bersama – sama guru membuat simpulan tentang materi pembelajaran
  2. Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang
  3. Mengamati sikap siswa dalam berdoa , sikap duduk
  4. Apabila ada siswa belum memahami materi maka guru memberi bimbingan.

 

10 Menit

 

 

 

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

1. Buku siswa tematik ( halaman 53-58)

2. Berbagai  gambar binatang

  1. I.    Penilaian
    1. 1.   Teknik Penilaian : unjuk kerja, tertulis
    2. 2.   Bentuk Instrumen Penilaian : format pengamatan, isian

Lembar Pengamatan Mengamati jalan gajah

 No  Nama Siswa Kriteria
Keberanian siswa mengikuti jalan gajah

Kemampuan mempraktikan kegiatan jalan gajah

T

BT

T

BT

           
           
           

 

Jago Kluruk

Go jago jago tukung

Esuk-esuk melung- melung

Mung perlune opo

Kowe klurak kluruk

Wong lagi jam lima

Aku isih ngantuk

Kowe pitik tukung

Kowe melung-melung

Kerjakan soal berikut!

18                   54                             46

52 +                15 +                         16    +

          

        32                        67                        45

        47 +                     59 +                     29 +

 

    Tes tertulis :

    Isilah dengan jawaban yang tepat !

  1. Ciri-ciri kuda adalah….
  2. Ayam menghasilkan daging dan ….
  3. Sapi menghasilkan daging dan….
  4. Kuda bisa membantu pekerjaan …
  5. Hewan ciptaan….

Kunci jawaban :

  1. Berkaki empat
  2. Telur
  3. Susu
  4. Manusia
  5. Tuhan

Skor Penilaian

Nilai jawaban betul x 20

Skormaksimal 100

                          Danurejo,10-12-2013

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas I

……………………………                                                               ……………………………..                                                 ……………..

NIP.                                                                            NIP.

 

 

 

 

 

  REFLEKSI

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

Remedial:

Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:

Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

  RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SD Pasuruhan 2Kelas/ Semester           : I/ 2 (Dua)Tema/ Subtema           : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/2.Hewan di SekitarkuAlokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran               : 4 (empat)

  1. A.      Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.3  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indilkator

3,3,1 Menjelaskan perbedaan membaca puisi dengan wacana tentang kasih sayang.

4.3.1 Membaca puisi tentang kasih sayang terhadap hewan peliharaan .

Matematika

3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan     pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya • Menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah • Menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah

Indikator

3.2.1 Menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah

4.3.1 Menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah

 

    SBDP

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

4.2 Membuat karya seni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam

Indikator

3.4.1 Menyebutkan berbagai bahan pembuat wayang berbahan kertas.

4.2.1  Membuat wayang hewan dengan cara menjiplak, menggunting dan menempel.

 

  1. C.      Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menentukan perbedaan membaca puisi dengan wacana lainnya.
  3. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membaca puisi dengan lancar.
  4. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah dengan benar.
  5. Dengan menyelesaikan soal penjumlahan, siswa dapat menemukan tebakan nama hewan dengan benar.
  6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai minimal dua buah gambar hewan dengan rapi.
  7. Setelah mewarnai, siswa dapat menggunting minimal dua buah gambar hewan dengan rapi.
  8. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kembali bahan-bahan pembuat wayang kertas.
  9. Setelah menggunting, siswa dapat menempelkan batang pada gambar tersebut sehingga menjadi wayang kertas berbentuk hewan dengan rapi.
  1. D.      Materi Pembelajaran
  2. Membaca puisi “Kelinciku”
  3. Bermain tebak-tebakan
  4. Penjumlahan bersusun
  5. Membuat wayang
  1. E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)

Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan    mengkomunikasikan).

  1. F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Memulai aktivitas belajar dengan berdo’a bersama
  2. Menyanyikan lagu “ Kelinciku“
  3. Tanya jawab tentang kegiatan kasih sayang kepada binatang
  4. Menyajikan informasi sub tema yang akan disajikan
  5. Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai

15 Menit

Kegiatan Inti

  1. Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan puisi. Minta siswa melihat contoh puisi yang ada pada buku siswa (mengamati)
  2. Guru memberi contoh cara membaca puisi yang baik (mengamati)
  3. Siswa mengikuti guru membaca puisi secara bertahap (mencoba)
  4. Ulangi sampai siswa paham dan dapat mengikuti contoh yang diberikan guru (mencoba)
  5. Sampaikan kepada siswa, mereka dapat menentukan gaya dan intonasi sendiri dalam membaca puisi.(menalar)
  6. Secara bergantian, siswa membaca puisi di depan kelas
  7. Siswa membaca teka-teki mengenai nama binatang. Teka-teki bisa dijawab siswa setelah menyelesaikan soal penjumlahan.
  8. Guru mengingatkan kembali tentang cara menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah.
  9. Minta salah satu siswa maju untuk menyelesaikan latihan soal yang diberikan guru. Pastikan semua siswa bisa menyelesaikan soal penjumlahan menggunakan cara bersusun ke bawah.
  10. .Siswa menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang ada pada buku untuk menebak nama hewan yang dimaksud dan menyebutkan jawabannya.
  11. Setelah selesai, siswa diminta mewarnai dan menggunting berbagai pola binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang sehingga menjadi wayang hewan. Sampaikan bahwa wayang merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia.
  12. Siswa mengamati wayang hewan yang tinggal di laut dengan berbagai keunikannya, seperti bintang laut bentuknya seperti bintang, kuda laut, cumi-cumi yang bisa mengeluarkan tinta, dan lain-lain.

 

150 Menit

Penutup

  1. Siswa bersama – sama guru membuat simpulan tentang kasih sayang kepada binatang
  2. Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang

 

10 Menit

 

H. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

1. Buku siswa tematik ( halaman 45-49)

2. Berbagai cetakan gambar binatang

3. Karton

4. Batang es krim/kayu/bambu untuk pegangan

5. Lem, gunting

6. Alat mewarnai

  1. I.    Penilaian
    1. 1.         Teknik Penilaian : unjuk kerja, tertulis
    2. 2.         Bentuk Instrumen Penilaian : format pengamatan, isian

1.  Lembar Pengamatan Diskusi

No Nama siswa

Kriteria

Partisipasi dalam mengemukakan pendapat

Partisipasi dalam bertanya

Partisipasi dalam menjawab pertanyaan

T

BT

T

BT

T

BT

Lembar Pengamatan Membuat Wayang

No Nama Siswa

Kriteria

Ketepatan dalam mewarnai

Antusiasme dalam mengerjakan tugas

Keindahan hasil karya

T

BT

T

BT

T

BT

               
               
               
               
               

 

 

Kelinciku

Aku punya seekor kelinci

Kuberi nama si Puti

Bulunya tebal, halus, dan bersih

Warnanya hitam dan putih

Telinganya panjang dan selalu bergerak

Lucunya ia saat melompat-lompat

Setiap hari aku bermain bersamanya

Setiap hari aku memberinya makan

Kelinciku selalu kusayang

Ayo Berlatih

Kelinci adalah hewan yang tinggal di darat.

Ikan adalah hewan yang tinggal di air.

Dapatkan kamu menyebutkan hewan lain dan tempat tinggalnya?

Mari bermain tebak-tebakan.

Hewan apakah aku?

Aku hewan yang tinggal di laut.

Tetapi bentukku menyerupai salah satu benda di langit.

Isilah titik-titik di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Contoh B 25

45 +

70

U 37               A 46                     N 33                     I 15

43  +               26 +                      35  +                    50 +

L 58                G 29                     T 37

     8 +                 50 +                     37 +

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    Tes tertulis :

    Isilah dengan jawaban yang tepat !

  1. 1.      Kita harus …..binatang.
  2. 2.      Kelinci adalah hewan yang tinggal di….
  3. 3.      Aku hewan yang tinggal di laut.

Tetapi bentuku menyerupai salah satu hewan di laut.

Aku adalah….

  1. 4.      25

32 +

…..

 

  1. 5.      42

51 +

…..

Kunci jawaban :

  1. Menyayangi
  2. Darat
  3. Bintang laut
  4. 57
  5. 93

Skor Penilaian

Nilai jawaban betul x 20

Skormaksimal 100

Pasuruhan,10-12-2013

Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas I

……………………………                                                               ……………………………..

NIP.                                                                                          NIP.

 

 


     REFLEKSI

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 

Remedial:

Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:

Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

 

TEMA 7 SUB 1 =

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SEKOLAH DASAR

Kelas / Semester         : 1 / 2 ( Genap )

Tema                           : 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku

Sub Tema                      : 1. Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku

Pembelajaran             : 1

Alolasi Waktu              : 1 Hari ( 5 x 35 menit )

A.       Kompetensi Inti (KI)

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  5. B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.

2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 Indikator :

3.1.1  Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif  yang dibaca

3.1.2  Menceritakan kembali isi teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan      benda tak hidup

4.1.1 Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup

4.1.2 Memberikan tanggapan tentang pengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup

PPKn

Kompetensi Dasar

2.2 Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupansehari-hari

3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

4.2 Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Indikator:

3.2.1 Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokan  benda

3.2.2 Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokan benda

4.2.1 Menuliskan tata tertib pengelompokan benda

Matematika

Kompetensi Dasar:

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.3   Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

Indikator:

3.2.1 Mengurutkan bilangan 61-80

3.2.2 Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok

3.2.4 Menebalkan gambar dan mengurutkan angka secara urut dari yang paling kecil

3.2.4 Melakukan lempar tangkap bola sambil mengurutkan angka dari angka yang paling besar

4.3.1 Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok

4.3.2 Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok

C.        Tujuan Pembelajaran

1. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.

2. Dengan membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.

3. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi 3 macam benda hidup dan 3 macam benda tak hidup dengan benar.

4. Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

5. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.

6. Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.

7. Dengan berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.

8. Dengan mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.

9. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.

10. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.

11. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.

12. Dengan menebalkan gambar ikan terdapat buku siswa, siswa dapat menghubungkan angka 60 – 80 secara urut mulai dari angka yang paling kecil

13. Dengan melakukan permainan lempar tangkap bola, siswa dapat mengurutkan angka 60 – 80 mulai dari yang paling besar

D.       Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia

Perbedaan benda hidup dan benda tak hidup

PPKn

Tata tertib dan aturan di sekitar kita

Matematika

  1. Mengurutkan bilangan 61-80
  2. Lambang bilangan 61-80
  3. Gambae ikan
  4. Lempar tangkap bola

E.        Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan          : Scientific

Metode                : Tugas, Demonstrasi, Tanya Jawab, Diskusi, dan Ceramah

F.    Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

1. Media   :

–  Teks bacaan di buku siswa hal. 1

–  Teks lagu “ Kucingku Belang Tiga “

2. Bahan dan Alat :

–  Diri anak

–  Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup di    sekitar kita

–  Kartu lambang bilangan 61-80

3. Sumber Belajar :

1. Buku Siswa Tema 7, Sub Tema 1, PB 1 Hal. 1-9

2. Buku Guru Tema 7, Sub Tema 1, PB 1 Hal. 4-8

F.         Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Mengajak semua anak berdo,a menurut agama dan keyakinannya masing-masing
  2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
  3. Mengajak siswa menyanyikan lagu “ Kucingku Belang Tiga “ dengan percaya diri
  4. Tanya jawab tentang kegiatan menjaga kebersihan di rumah
  5. Meminta informasi dari siswa mengenai hewan piaraan yang ada di rumahnya
  6. Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita
  7. Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang “ Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku “
  8. Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

15 Menit

Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai benda di sekitar kita.  (mengamati)
    1. Siswa mengamati gambar yang ada di buku lalu siswa diminta untuk keluar kelas beberapa menit dan mengamati benda apa saja yang ada di luar dan di dalam kelas. Siswa berada di beberapa tempat yang berbeda agar pengamatan bisa lebih luas. (mengamati)
    2. Siswa mengelompokkan benda yang dilihatnya ke dalam kelompok benda hidup dan benda tak hidup. Guru membantu menuliskan jawaban siswa pada papan tulis dengan menggunakan tabel. (mengumpulkan informasi)
    3. Siswa mengamati gambar yang ada pada buku, lalu mereka menentukan mana yang termasuk benda hidup dan benda tak hidup. Siswa menggunting dan menempelkan gambar benda hidup dan benda tak hidup pada kolom yang tersedia di buku siswa. (menanya)
    4. Secara bergiliran siswa maju, lalu menunjukkan kartu tersebut kepada temannya. Setelah itu, siswa akan menentukan termasuk kelompok mana kartu yang dimilikinya. Jika gambar yang dimilikinya bukan termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Tak Hidup”. Jika termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Hidup” (mengkomunikasikan)
    5. Siswa bermain lempar tangkap bola sambil menyebutkan lambang bilangan 61-80 (mengkomunikasikan)
    6. Setelah menyebutkan lambang bilangan, kemudian siswa mencari lambang bilangannya pada kartu bilangan (mengasosiasikan)
    7. Lambang bilangan yang dibawa siswa lalu ditempelkan ke papan tulis (mengkomunikasikan)

120 Menit

Penutup

  1. Siswa bersama – sama guru membuat simpulan tentang kegiatan yang dilakukan selama sehari
  2. Tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
  3. Siswa melakukan kegiatan evaluasi
  4. Guru melakukan penilaian hasil belajar
  5. Guru mengingatkan siswa untuk selalu kompak dalam mengikuti kegiatan untuk mencapai yang terbaik
  6. Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari besok
  7. Mengajak semua siswa berdo,a menurut agama dan keyakinannya masing-masing.

– Mengamati sikap siswa dalam berdoa

( sikap, duduknya dsb )

– Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang sempurna dinasehati agar besok pagi bila berdoa sempurna

40 Menit

 G.       Penilaian

1.         Teknik Penilaian :

a.      Penilaian Sikap                        : Observasi

b.      Penilaian Ketrampilan                        : Proyek dan Unjuk Kerja

c.Penilaian Pengetahuan           : Tes Tertulis

2.              Bentuk Instrumen Penilaian :

–                                                        Lembar  Pengamatan

–                                                        Lembar Unjuk Kerja

–                                                        Lembar Soal

 a.    Penilaian Kerja Kelompok

 Lembar Pengamatan menentukan Benda Hidup dan Benda Tak Hidup

N                   No.

Nama Siswa

Kritera

Siswa dapat menentukan aturan pengelompokan

Siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan aturan hasil diskusi

Terlihat

(v)

Belum Terlihat (v)

Terlihat

(v)

Belum Terlihat

(v)

1
2
3
4
5
Dst

b.      Penilaian Unjuk Kerja

Penilaian Lempar Tangkap Bola

NO

NAMA SISWA

1

 

2

 

3

 

Jml

Nilai

T

BT

T

BT

T

BT

1

2

3

4

Dst

Keterangan :

Kriteria 1         :  Kemampuan Melempar

Kriteria 2         :  Kemampuan Menangkap

Kriteria 3         :  Kemampuan menyebutkan lambang bilangan

Terlihat               =  1

Belum Terlihat                =  0

Skor maksimal 3

Nilai     =  Skor Perolehan  x 100

Skor maksimal

c.       Lampiran Soal Tes Tertulis

Foto Copy Buku Siswa Hal. 6, 7, 8, 9

 Kunci Jawaban Lembar Diskusi

a. Benar

alasan : Bebek dan tumbuhan benda hidup

  1. b.   Salah

alasan : ember dan sapu benda tak hidup

Jerapah benda hidup

  1. c.    Benar

alasan : bolpoin, rautan, pensil, penghapus pensil, termasuk benda tak hidup

  1. d.   Salah

alasan : kursi dan meja termasuk benda tak hidup

Gajah termasuk benda hidup

  1. e.    Benar

Alasan : tumbuh – tumbuhan termasuk benda hidup

Skor Penilaian :

Soal nomor 1 :

Betul  x 2  = 5 x 2 = 10

Skor maksimal 10

Nilai   =   skor perolehan  x 100

Skor maksima

Kunci Jawaban Lembar Evaluasi

  1. Banyaknya pohon adalah 80

Ditulis delapan puluh

  1. Banyaknya tas adalah 64

Ditulis enam puluh empat

  1. Banyaknya kursi adalah 61

Ditulis enam puluh satu

Skor Penilaian :

Soal nomor 1 :

Betul  x 2  = 3 x 2 = 6

Skor maksimal 6

Nilai   =   skor perolehan  x 100

Skor maksimal

============================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SD Pasuruhan 2

Kelas/ Semester           : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema           : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/2.Hewan di Sekitarku

Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran               : 4 (empat)

  1. A.      Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

Bahasa Indonesia

3.3 Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.3  Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indilkator

3,3,1 Menjelaskan perbedaan membaca puisi dengan wacana tentang kasih sayang.

4.3.1 Membaca puisi tentang kasih sayang terhadap hewan peliharaan .

Matematika

3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan     pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya • Menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah • Menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah

Indikator

3.2.1 Menjelaskan cara menyelesaikan penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah

4.3.1 Menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara susun ke bawah

 

    SBDP

3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya

4.2 Membuat karya seni ekspresi dengan memanfaatkan berbagai teknik cetak sederhana menggunakan bahan alam

Indikator

3.4.1 Menyebutkan berbagai bahan pembuat wayang berbahan kertas.

4.2.1  Membuat wayang hewan dengan cara menjiplak, menggunting dan menempel.

 

  1. C.      Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menentukan perbedaan membaca puisi dengan wacana lainnya.
  3. Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat membaca puisi dengan lancar.
  4. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah dengan benar.
  5. Dengan menyelesaikan soal penjumlahan, siswa dapat menemukan tebakan nama hewan dengan benar.
  6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai minimal dua buah gambar hewan dengan rapi.
  7. Setelah mewarnai, siswa dapat menggunting minimal dua buah gambar hewan dengan rapi.
  8. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan kembali bahan-bahan pembuat wayang kertas.
  9. Setelah menggunting, siswa dapat menempelkan batang pada gambar tersebut sehingga menjadi wayang kertas berbentuk hewan dengan rapi.
  1. D.      Materi Pembelajaran
  2. Membaca puisi “Kelinciku”
  3. Bermain tebak-tebakan
  4. Penjumlahan bersusun
  5. Membuat wayang
  1. E.     Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)

Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan    mengkomunikasikan).

  1. F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Memulai aktivitas belajar dengan berdo’a bersama
  2. Menyanyikan lagu “ Kelinciku“
  3. Tanya jawab tentang kegiatan kasih sayang kepada binatang
  4. Menyajikan informasi sub tema yang akan disajikan
  5. Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai

15 Menit

Kegiatan Inti

  1. Guru membuka pelajaran dengan mengenalkan puisi. Minta siswa melihat contoh puisi yang ada pada buku siswa (mengamati)
  2. Guru memberi contoh cara membaca puisi yang baik (mengamati)
  3. Siswa mengikuti guru membaca puisi secara bertahap (mencoba)
  4. Ulangi sampai siswa paham dan dapat mengikuti contoh yang diberikan guru (mencoba)
  5. Sampaikan kepada siswa, mereka dapat menentukan gaya dan intonasi sendiri dalam membaca puisi.(menalar)
  6. Secara bergantian, siswa membaca puisi di depan kelas
  7. Siswa membaca teka-teki mengenai nama binatang. Teka-teki bisa dijawab siswa setelah menyelesaikan soal penjumlahan.
  8. Guru mengingatkan kembali tentang cara menyelesaikan soal-soal penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah.
  9. Minta salah satu siswa maju untuk menyelesaikan latihan soal yang diberikan guru. Pastikan semua siswa bisa menyelesaikan soal penjumlahan menggunakan cara bersusun ke bawah.
  10. .Siswa menyelesaikan soal-soal penjumlahan yang ada pada buku untuk menebak nama hewan yang dimaksud dan menyebutkan jawabannya.
  11. Setelah selesai, siswa diminta mewarnai dan menggunting berbagai pola binatang laut lalu ditempelkan pada sebuah batang sehingga menjadi wayang hewan. Sampaikan bahwa wayang merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia.
  12. Siswa mengamati wayang hewan yang tinggal di laut dengan berbagai keunikannya, seperti bintang laut bentuknya seperti bintang, kuda laut, cumi-cumi yang bisa mengeluarkan tinta, dan lain-lain.

 

150 Menit

Penutup

  1. Siswa bersama – sama guru membuat simpulan tentang kasih sayang kepada binatang
  2. Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang

 

10 Menit

 

H. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

1. Buku siswa tematik ( halaman 45-49)

2. Berbagai cetakan gambar binatang

3. Karton

4. Batang es krim/kayu/bambu untuk pegangan

5. Lem, gunting

6. Alat mewarnai

  1. I.    Penilaian
    1. 1.         Teknik Penilaian : unjuk kerja, tertulis
    2. 2.         Bentuk Instrumen Penilaian : format pengamatan, isian

1.  Lembar Pengamatan Diskusi

No Nama siswa

Kriteria

Partisipasi dalam mengemukakan pendapat

Partisipasi dalam bertanya

Partisipasi dalam menjawab pertanyaan

T

BT

T

BT

T

BT

Lembar Pengamatan Membuat Wayang

No Nama Siswa

Kriteria

Ketepatan dalam mewarnai

Antusiasme dalam mengerjakan tugas

Keindahan hasil karya

T

BT

T

BT

T

BT

               
               
               
               
               

 

 

Kelinciku

Aku punya seekor kelinci

Kuberi nama si Puti

Bulunya tebal, halus, dan bersih

Warnanya hitam dan putih

Telinganya panjang dan selalu bergerak

Lucunya ia saat melompat-lompat

Setiap hari aku bermain bersamanya

Setiap hari aku memberinya makan

Kelinciku selalu kusayang

Ayo Berlatih

Kelinci adalah hewan yang tinggal di darat.

Ikan adalah hewan yang tinggal di air.

Dapatkan kamu menyebutkan hewan lain dan tempat tinggalnya?

Mari bermain tebak-tebakan.

Hewan apakah aku?

Aku hewan yang tinggal di laut.

Tetapi bentukku menyerupai salah satu benda di langit.

Isilah titik-titik di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

Contoh B 25

45 +

70

U 37               A 46                     N 33                     I 15

43  +               26 +                      35  +                    50 +

L 58                G 29                     T 37

     8 +                 50 +                     37 +

 

     Tes tertulis :

    Isilah dengan jawaban yang tepat !

  1. 1.      Kita harus …..binatang.
  2. 2.      Kelinci adalah hewan yang tinggal di….
  3. 3.      Aku hewan yang tinggal di laut.

Tetapi bentuku menyerupai salah satu hewan di laut.

Aku adalah….

Kunci dan skor ……. buat sendiri

Pasuruhan,10-12-2013Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas I


     REFLEKSI

Hal-hal yang perlu menjadi perhatian

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

 Remedial:

Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:

Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

====================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN Danurejo 1

Kelas/ Semester           : I/ 2 (Dua)

Tema/ Subtema           : 7. Benda,Hewan, dan Tanaman di Sekitarku/2.Hewan di Sekitarku

Alokasi Waktu            : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)

Pembelajaran               : 6(enam)

  1. A.      Kompetensi Inti (KI)
    1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
    2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
    3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
    4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
  2. B.       Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator

PJOK

1.1  Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuanyasebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai

 

 

 

 

 

 

2.2 Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri  , oranglain, dan lingkungan sekitar serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

2.4 Menunjukkan kemauan bekerjasanma dalam melakukan sebagai aktifitas fisik

2.7 Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan

3.5 Mengetahui konsep berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki), serta pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam

4.5 Mempraktikkan berbagai pola gerak dasar dominan statis (bertumpu dengan tangan dan lengan depan/belakang/ samping, bergantung, sikap kapal terbang, dan berdiri dengan salah satu kaki) dan pola gerak dominan dinamis (menolak, mengayun, melayang di udara, berputar, dan mendarat) dalam aktivitas senam

Indikator

• Menjelaskan manfaat menirukan jalan gajah

• Mempraktikkan gerak jalan gajah

Bahasa Indonesia

1.2     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.

2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan Bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah

3.3  Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

4.3 Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

 

 

 

Indikator

• Menjelaskan manfaat hewan berdasarkan teks yang dibaca

• Menyampaikan hasil diskusi didepan teman-teman

Matematika

2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli,  disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas

3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain

4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktifitas sehari-hari sertamemeriksa kebenaranya.

Indikator

  • Menyelesaiakn soal cerita mengenal penjumlahan
  • Menyelesaiakan soal cerita mengenai soal pengurangan
  1. C.      Tujuan Pembelajaran
  2. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan cara gajah berjalan dengan benar.
  3. Setelah mengamati contoh yang diberikan guru, siswa dapat mempraktikkan jalan gajah dengan benar.
  4. Setelah membaca teks, siswa dapat menjelaskan manfaat hewan terhadap kehidupan sehari-hari dengan benar.
  5. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan satu manfaat hewan terhadap kehidupan sehari-hari dengan benar.
  6. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita penjumlahan dengan cara bersusun ke bawah dengan tepat.
  7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal cerita pengurangan dengan cara bersusun ke bawah dengan tepat.
  1. D.    Materi Pembelajaran
    1. Siswa dapat mempraktekan jalanya gajah
    2. Siswa dapat menjelaskan manfaat hewan
    3. Siswa dapat menirukan satu manfaat hewan
  1. Siswa dpat menyelesaiakan penjumlahan dengan cara bersusun
  2. Siswa dapat menyelesaiakan pengurangan dengan cara bersusun
  1. D.    Metode dan Pendekatan Pembelajaran

Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)

Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan    mengkomunikasikan).

 

  1. E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

  1. Memulai aktivitas belajar dengan berdo’a bersama
  2. 2. Menyanyikan lagu “ Jago Tukung“
    1. Tanya jawab tentang kehadiran siswa
    2. Menyajikan informasi sub tema yang akan disajikan
    3. Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai

15 Menit

Kegiatan Inti

  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai manfaat hewan dan peternakan sebagai sumber pendapatan keluarga.( mengamati )
  2. Siswa mendengarkan penjelasan sederhana tentang proses hasil ternak, penjualan, sampai menjadi makanan yang siap disantap. ( mengamati )
  3. Siswa dapat memahami asal makanan yang disantapnya setiap hari, seperti asal telur. ( menalar )
  4. Siswa menyimak penjelasan guru tentang soal cerita penjumlahan dan pengurangan yang berkaitan dengan hasil ternak. ( mengamati )
  1. Guru mengingatkan kembali cara menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan dengan cara menyusun ke bawah. Penjelasan dilengkapi dengan mengingatkan nilai tempat sehingga siswa tidak keliru menyimpan satuan dan puluhan. ( mengamati )
  2. Beberapa siswa diminta menyelesaikan soal yang diberikan guru. ( mencoba )
  3. Setelah semua memahami, siswa berlatih mengerjakan soal yang ada pada buku. Tema 7, Subtema 2: Hewan di Sekitarku 55

( mencoba )

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:

  1. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang jenis-jenis binatang buas. ( menanya dan menalar )
  2. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai jalan gajah. ( mengamati )
  3. Lakukan pemanasan sebelumnya. ( mencoba )
  4. Berikan contoh gerakan jalan gajah. ( mengamati )
  5. Berikan kesempatan siswa untuk mencoba.( mencoba )
  6. Siswa berlatih satu per satu, sampai dapat melakukan gerakan tersebut. ( mencoba )
  7. Satu per satu siswa mempraktikkan jalan gajah. ( mencoba )

 

150 Menit

Penutup

  1. Siswa bersama – sama guru membuat simpulan tentang materi pembelajaran
  2. Guru memberikan informasi tentang kegiatan pembelajaran yang akan datang
  3. Mengamati sikap siswa dalam berdoa , sikap duduk
  4. Apabila ada siswa belum memahami materi maka guru memberi bimbingan.

 

10 Menit

 

 

 

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran

1. Buku siswa tematik ( halaman 53-58)

2. Berbagai  gambar binatang

  1. I.    Penilaian
    1. 1.   Teknik Penilaian : unjuk kerja, tertulis
    2. 2.   Bentuk Instrumen Penilaian : format pengamatan, isian

Lembar Pengamatan Mengamati jalan gajah

 No  Nama Siswa Kriteria
Keberanian siswa mengikuti jalan gajah

Kemampuan mempraktikan kegiatan jalan gajah

T

BT

T

BT

           
           
           

 

Jago Kluruk

Go jago jago tukung

Esuk-esuk melung- melung

Mung perlune opo

Kowe klurak kluruk

Wong lagi jam lima

Aku isih ngantuk

Kowe pitik tukung

Kowe melung-melung
Kerjakan soal berikut!

18                   54                             46

52 +                15 +                         16    +

          

        32                        67                        45

        47 +                     59 +                     29 +

 

    Tes tertulis :

    Isilah dengan jawaban yang tepat !

  1. Ciri-ciri kuda adalah….
  2. Ayam menghasilkan daging dan ….
  3. Sapi menghasilkan daging dan….
  4. Kuda bisa membantu pekerjaan …
  5. Hewan ciptaan….

Kunci jawaban :

  1. Berkaki empat
  2. Telur
  3. Susu
  4. Manusia
  5. Tuhan

Skor Penilaian

Nilai jawaban betul x 20

Skormaksimal 100

                          Danurejo,10-12-2013

Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas I

……………………………                                                               ……………………………..                                                 ……………..

NIP.                                                                            NIP.

  REFLEKSI     Hal-hal yang perlu menjadi perhatian

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

Remedial:

Memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang ditetapkan.

Pengayaan:

Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.

13 comments on “RPP Kl1 Tema 7 Sub 1, 2, 3, 4 pb sebagian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s