SELAIN DISINI BISA di BUKA di sini= https://www.facebook.com/groups/483565058397836/files/
Saya termasuk pengurusnya semua yang terbaru ada disana
JUGA TELAH TERSEDIA CD ANIMASI PEMBELAJARAN DAN PERANGKAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN ….HUB 081329080273 /PIN BB 2966E9CD
RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | Sekolah Dasar | |
Kelas/Semester | : | I (satu) / 1(ganjil) | |
Tema / Topik | : | DIRIKU | |
Sub Tema / Pembelajaran | : | 3. Aku Merawat Tubuhku / 1 (satu) | |
Alokasi Waktu | : | 1 (satu ) hari | |
A. | Kompetensi INTI
|
||
B | Kompetensi DasarB.Indonesia3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.2 Mempraktekkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. PJOK 3.4. Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut,hidung,telinga,tangan,kaki,dan pakaian. |
||
C. | Indikator Pencapaian Kompetensi :B.Indonesia :• Menjelaskan secara lisan caracara merawat tubuh.
• Menjelaskan secara lisan bagianbagian pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya PJOK : Menjelaskan cara-cara merawat tubuh |
||
D. | Merawat dan Menjaga Kebersihan TubuhTujuan pembelajaran:1. Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat menyebutkan cara-cara menjaga kebersihan tubuh dengan benar.
2. Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara mencuci tangan dengan benar. Benda-Benda untuk Merawat Tubuh Tujuan pembelajaran: 1. Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan cara-cara merawat tubuh. 2. Setelah berdiskusi, siswa dapat memasangkan kartu kegiatan merawat tubuh dengan tepat. |
||
E. | Materi ajar : MENJAGA KESEHATAN | ||
F | Pendekatan dan Metode pembelajaran = Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative LearningMetode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran | ||
G | Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
Kegiatan INTI : 150 menit Langkah-langkah kegiatan: 1. Siswa diminta mengamati gambar/poster. 2. Guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. 3. Guru menanyakan apa saja pada diri kita yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana. 4. Guru menanyakan apa saja pada lingkungan yang harus dijaga kebersihannya, mengapa dan bagaimana. 5. Siswa diminta maju ke depan kelas. 6. Siswa menjelaskan gambar meliputi penjelasan kegiatan dan tujuan. Misalnya Gambar orang berolahraga supaya badan sehat, di bawah bimbingan guru. 7. Siswa diajak untuk membersihkan kelas dan sekitarnya. 8. Setelah selesai guru mengajak siswa untuk mencuci tangannya. 9. Guru mencontohkan cara mencuci tangan dengan benar. 10. Sebagai penutup guru menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan. 11. Guru menyampaikan bahwa merawat dan menjaga kebersihan tubuh merupakan salah satu bentuk syukur pada Tuhan atas anugerah yang telah diberikan-Nya. Langkah-langkah kegiatan: 1. Guru mengingatkan kembali mengenai kegiatankegiatan yang dapat dilakukan untuk merawat tubuh seperti mandi, keramas, mencuci tangan, dan mencuci kaki. 2. Guru bertanya pada siswa bagaimana cara-cara mereka dalam merawat tubuh. 3. Rangkum jawaban seluruh siswa. Kemudian, tanyakan pada siswa mengenai bendabenda yang mereka gunakan dalam merawat tubuh. 4. Setelah seluruh siswa mencoba menjawab, guru berkata bahwa guru memiliki satu kotak rahasia (kotak dapat berupa kardus bekas sepatu). Kotak tersebut telah berisi peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat gigi, dan odol. 5. Keluarkan satu per satu dari dalam kotak sambil bertanya pada siswa, “Apakah kalian menggunakan (sabun)?” dan seterusnya. 6. Diskusikan bersama siswa kegunaan dari benda-benda merawat tubuh tersebut. Siapkan 4 set kartu kegiatan merawat tubuh serta benda-benda untuk merawat tubuh. 7. Bagi siswa ke dalam beberapa kelompok untuk memasangkan kartu-kartu tersebut. 8. Setelah memasangkan kartu, minta siswa untuk mengerjakan latihan yang terdapat pada buku siswa. 9. Sebagai penutup guru mengingatkan siswa untuk mandi dan keramas secara teratur Penutup : 15 menit
|
||
H | Media dan alat pembelajaran:• Gambar/poster kegiatan merawat tubuh• Sabun cuci tangan
• Potongan kertas (kartu) dengan gambar kegiatan merawat tubuh seperti pentingnya tidur, makan, mandi, cuci tangan, dan cuci kaki • Kardus bekas pasta gigi, sabun dan lain-lain. • Kartu-kartu kegiatan merawat tubuh (lampiran 1) |
||
I | Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Rubrik Penilaian = Mengetahui : Solo, 10 Juli 2013 Kepala Sekolah Guru Kelas 1
|
||
===========================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | Sekolah Dasar | |
Kelas/Semester | : | I (satu) / 1(ganjil) | |
Tema / Topik | : | DIRIKU | |
Sub Tema / Pembelajaran | : | 3. Aku Merawat Tubuhku / 2 (dua) | |
Alokasi Waktu | : | 1 (satu ) hari | |
A. | Kompetensi INTI
|
||
B | Kompetensi DasarB.Indonesia3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman. 4.2 Mempraktekkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. PJOK 3.4. Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut,hidung,telinga,tangan,kaki,dan pakaian. 4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional Matematika = 3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain 4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya SBDP = 4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu PPKn 3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah 4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah |
||
C. | Indikator Pencapaian Kompetensi :B.Indonesia : Mengurutkan tahapan kegiatan mencuci tanganPPKn = Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan praktik mencuci tangan di sekolah
Matematika = • Melakukan penjumlahan sederhana pada garis bilangan • Melakukan proses pengurangan sederhana pada garis bilangan PJOK : • Mempraktikkan kegiatan cuci tangan • Melakukan gerakan melompat sesuai instruksi SBDP • Menyanyikan lagu “Cuci Tangan” • Menjelaskan isi lagu “Cuci Tangan” |
||
D. | Tujuan pembelajaran Mempraktikkan Cara Mencuci Tangan:Setelah melihat contoh cara mencuci tangan dari guru, siswa dapat mempraktikkan kegiatan mencuci tangan dengan benar.Tujuan pembelajaran Mengenal Garis Bilangan melalui Gerakan Lokomotor:
1. Dengan memperhatikan penjelasan guru, siswa dapat membilang 6–10 dengan tepat dengan cara melompat. 2. Dengan praktik melompat, siswa dapat mengenal konsep bilangan 6–10 dengan tepat. |
||
E. | Materi ajar :
|
||
F | Pendekatan dan Metode pembelajaran = Pendekatan Scientific, Strategi Cooperative LearningMetode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran | ||
G | Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
Kegiatan INTI : 150 menit Langkah-langkah kegiatan: 1. Jelaskan kembali pentingnya mencuci tangan khususnya ketika hendak makan. 2. Perwakilan 5 orang siswa maju ke depan kelas untuk memerankan urutan kegiatan makan di bawah bimbingan guru. 3. Guru membisikkan pada siswa pertama untuk memerankan sedang mencuci tangan, siswa kedua sedang berdoa sebelum makan, siswa ketiga sedang makan, siswa keempat sedang berdoa setelah makan, dan siswa kelima sedang mencuci tangan setelah makan. 4. Siswa yang lain menjawab pertanyaan guru apa yang sedang mereka lakukan dan mengurutkannya. 5. Guru menyanyikan lagu “Sebelum Kita Makan”. 6. Siswa menyanyikan lagu “Sebelum Kita Makan” bersama-sama guru. 7. Siswa untuk mempraktikkan kegiatan sedang mencuci tangan yang benar di bawah bimbingan guru. 8. Siswa mengamati contoh urutan mencuci tangan yang benar. Tahapannya adalah sebagai berikut. a. Membasahi telapak tangan dengan air. b. Menambahkan sabun. c. Menggosok-gosokan sabun di seluruh telapak tangan, sela-sela jari, sampai punggung tangan. d. Membilas dengan air bersih. e. Mengeringkan tangan memakai lap tangan atau sapu tangan handuk 9. Siswa mempraktikkan kegiatan mencuci tangan dengan benar. 10. Sebagai penutup guru mengingatkan kembali pentingnya kegiatan mencuci tangan sebelum makan, sesudah makan, dan setelah bermain. 1. Guru menanyakan, “Apa saja yang harus kita lakukan agar tubuh kita sehat?” 2. Guru menyampaikan salah satu cara merawat tubuh agar tubuh kita sehat adalah dengan berolahraga. 3. Siswa diajak berolahraga dan meminta siswa berkumpul di lapangan. 4. Guru menggambarkan lima garis bilangan di lapangan dengan angka sampai dengan 10. 5. Siswa diajak membilang angka 1—10. 6. Siswa melakukan gerak melompat dan meloncat ke depan dan ke belakang, sambil mengenal konsep bilangan melalui garis bilangan. 7. Siswa melakukan pemanasan sebelum berolahraga. 8. Setelah melakukan pemanasan, siswa dibagi menjadi lima kelompok. 9. Masing-masing kelompok menempati satu garis bilangan. 10. Perwakilan setiap kelompok berdiri di ujung pada garis bilangan. Teman lainnya berada tidak jauh dari garis bilangan untuk member semangat sambil mengamati posisi temannya. 11. Siswa melakukan gerakan melompat dan meloncat atau berjalan ke depan sesuai instruksi. Misalnya, instruksi untuk perwakilan kelompok yang pertama maju ke depan 6 langkah. 12. Saat melompat siswa lain memberi semangat kepada temannya dengan cara menghitung gerakan melompat secara bersama-sama. Misalnya ”satu, dua…”. 13. Minta siswa lain melihat pada posisi nomor berapa sekarang temannya berada. 14. Kegiatan diulang sampai semua siswa melakukan praktik kegiatan melompat dan meloncat di garis bilangan. 15. Setelah selesai bermain sebelum masuk ke kelas siswa mencuci tangan. Penutup : 15 menit
|
||
H | Media dan alat pembelajaran:• Kapur tulis , Buku siswa• Poster kegiatan sedang mencuci tangan, berdoa dan makan (jika ada) | ||
I | Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Rubrik Penilaian = Mengetahui : Solo, 10 Juli 2013 Kepala Sekolah Guru Kelas 1
|
||
============================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
Satuan Pendidikan : SD Negeri 06 Ngringo
Kelas / Semester : 1 ( Satu ) / I
Tema : DIRIKU
Sub Tema : Merawat Diriku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
- A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
- Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
- B. KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
SBDP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambarkan ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
PJOK
Kompetensi Dasar :
3.4. Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan, kaki dan pakaian
- C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
- Menceritakan cara menyikat gigi yang benar
- Menyebutkan nama-nama peralatan menyikat gigi
- Mempraktikkan cara meyikat gigi dengan benar
PPKn
- Mempraktikan kegiatan menyikat gigi
- Menjelaskan frekuensi menyikat gigi yang baik setiap hari.
SBDP
- Mengambar alat-alat untuk menyikat gigi
- Mewarnai gambar alat penyikat gigi
PJOK = Mempraktikkan kegiatan menyikat gigi
- D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat menyikat giginya dengan benar
- Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi peralatan menyikat gigi dengan
- E. MATERI AJAR
Bahasa Indonesia :
- Menonton film tentang sakit gigi
- Mengomentari film dengan bahasa anak
- Menerangkan cara menyikat gigi yang benar
- Menyebutkan nama-nama peralatan menyikat gigi
- Mempraktikkan cara meyikat gigi dengan benar
PPKn
- Kegiatan menyikat gigi
- Menjelaskan frekuensi menyikat gigi yang baik setiap hari.
SBDP
- Mengambar alat-alat untuk menyikat gigi
- Mewarnai gambar alat penyikat gigi
- F. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperatif Learning
Metode : Penugasan, demontrasi, Tanya jawab, diskusi dan ceramah
- G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
|
10 menit |
Inti | Langkah-langkah kegiatan 1 :
10. Siswa mengamati contoh cara menyikat gigi yang benar. 11. Siswa melakukan praktik menggosok gigi di bawah bimbingan guru ( satu persatu ). 12. Guru mengingatkan kembali untuk selalu menyikat gigi 2x sehari. Langkah-langkah kegiatan 2 :
|
150 menit |
Penutup |
|
15 menit |
- H. SUMBER DAN MEDIA
- Film tentang anak yang sedang sakit gigi
- Satu set poster atau gambar gigi
- Sikat dan pasta gigi
- Alat-alat untuk menggosok gigi
- Dus bekas pembungkus pasta gigi dan lainnya minimal lima buah
- Buku siswa
- I. PENILIAAN
- Prosedur Penilian
- Penilian proses
- Prosedur Penilian
Menggunakan format pengamatan dilakukan da;lam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
- Instrumen Penilian
- Penilan Proses
- Penilian unjuk Kerja Rubrik Mengosok Gigi
- Penilan Proses
- Rubrik Kemampuan Mengidentifikasi Peralatan Mengosok Gigi
Mengetahui : Jaten, 15 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
===============================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEDAWUNG | |
Kelas/Semester | : | I (SATU) / 1(satu) | |
Tema | : | DIRIKU | |
Sub Tema / Pembelajaran | : |
|
|
Alokasi Waktu | : | 1 (SATU ) HARI | |
A. | Kompetensi INTI | ||
B | Kompetensi Dasar |
SBDP = 4.1 menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.14 Membeuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, mengguntiung, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana.
PJOK = 3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan tau tradisional.C.Indikator Pencapaian Kompetensi :
SBDP
- Membuat karya kreatif dari barang bekas
- Menggambar ekspresi dengan mengolah garis lurus, lengkung, dan sigsag.
PJOK
- Melakukan gerak lokomotor berbaris dan melompat membentuk lingkaran garis lurus dan sigsag.
D.Tujuan pembelajaran Bergerak Membuat Garis Berbentuk Lengkung, Lurus, dan Zigzag
1. Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan gerak melompat sesuai garis lurus dengan benar.
2. Setelah mengamati contoh dari guru, siswa dapat melakukan gerak melompat sesuai garis lengkung dengan benar.
3. Dengan memperhatikan demonstrasi guru, siswa dapat melakukan gerak melompat sesuai garis zigzag dengan benar.
Tujuan Pembelajaran Berkreasi dengan Barang Bekas :
Setelah mendapatkan arahan dari guru, siswa dapat membuat karya dari barang bekas secara kreatif.E.Materi ajar :
SBDP
v Menghias bungkus sabun dan pasta gigi
PJOK
v Bergerak membentuk garisFPendekatan dan Metode pembelajaran = Pendekatan Scientific
Strategi Cooperative Learning , Metode Tanya jawab, Diskusi.GKegiatan Pembelajaran
Pendahuluan : 10 menit
- Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
- Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
- Mengajak menyanyi ”kereta api ”
- Menginformasikan tema ”diriku” dan sub tema ”merawat tubuhku”
Kegiatan INTI : 150 menit
SBDP:
- Guru menunjukkan contoh hasil kreasi yang dibuat dari kotak bekas kemasan pasta gigi.
- Siswa diminta berkreasi membuat prakarya dari kotak bekas yang dibawa dari rumah.
- Siswa menghias prakarya yang mereka buat dengan menggunakan berbagai alat hias yang telah disediakan di bawah bimbingan guru.
- Hasil karya siswa dipajang di kelas
- Sebagai penutup, guru menyampaikan bahwa kita dapat menggunakan barang bekas atau sisa menjadi sesuatu yang berguna denganusaha dan kreatifitas.
PJOK :
- Guru mengingatkan kembali bahwa salah satucara merawat tubuh agar sehat selalu yaitu dengan berolahraga.
- Guru menyampaikan bahwa siswa akan melakukan gerak sambil membentuk garis di lapangan.
- Siswa diminta untuk membentuk setengah lingkaran dan melakukan pemansan sebelum berolahraga.
- Siswa diperkenalkan dengan berbagai bentuk garis lengkung, lurus, dan sigsag melalui formasi baris berbaris.
- Siswa diminta melompat (bertumpu dalm satukaki) sesuai bentuk garis-garis tersebut di atas.
- Siswa diminta meloncat (bertumpu pada dua kaki) sesuai dengan bentuk garis-garis di atas.
- Selesai berbaris melompat dan meloncat, guru bertanya tentang akyifitas apa yang harus dilakukan oleh siswa stelah berolah raga (mencuci tangn )
- Siswa mencuci tangn sesuai dengan aturan.
- Selanjutnya stelah kembali kekelas, siswa diminta menggambar dengan menggunakn garis lurus, lengking, dan sigsag di buku siswa.
- Penutup guru melakukan reflfeksi.
Penutup : 15 menit
- Bersama siswa membuat kesimpulan pada kegiatan sehari
- Melakukan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui ketercapaian materi)
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Mengajak semua siswa berdoa
HMedia dan alat pembelajaran:
• Berbagai kotak bekas pasta gigi, sabun, dan lainnya
• Lem dan gunting
• Berbagai alat untuk menghias seperti kertas
berwarna, bubuk pasir, dan daun kering
MEDIA = bungkus pasta gigi, bungkus sabun. Alat mewarnai, lem, gunting, kapur, atau pasir, dll
Sumber Belajar =
- Buku siswa tema 1 , sub tema 3, halaman 66 – 68
- Buku guru tema 1, sub tema 3, halaman 62 – 64
IProsedur dan Instrumen Penilaian =
- Proses = Mengamati cara menghias barang bekas. Mengamati siswa meloncat dan melompat.
Instrumen = penilaian kinerja dan lembar observasi (terlampir)
- Hasil Belajar = praktik
Instrumen terlampir
SKOR penilaian terlampir
Mengetahui : …………., ………………….
Kepala Sekolah Guru Kelas 1
Lampiran MATERI
INSTRUMEN SOAL TERTULIS
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL TES TERTULIS
Kunci Jawaban Buku siswa halaman 31
- Membentuk garis lurus
- Membentuk garis lengkung
- Membentuk garis zig-zag
- Mengumpulkan hasil karya menghias bekas bungkus pasta gigi dan rokok
LEMBAR PENGAMATAN PERMAINAN GARIS LURUS,LENGKUNG,DAN ZIG-ZAG
NO |
KRITERIA |
TERLIHAT |
BELUM TERLIHAT |
1 |
Mematuhi Instruksi |
……….. |
……….. |
2 |
Ketepatan melakukan gerakan sesuai Instruksi |
……….. |
…………. |
Rubrik Kegiatan Membuat Karya Kreatif dari Barang Bekas
No |
Kriteria |
Baik Sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu Bimbingan |
1 |
Kreatifitas |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 3 atau lebih bahan yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 2 bahan yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 1 yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Tanpa tambahan hiasan |
2 |
Kerapian dalam menggunting dan menempel |
Pola menggunting terlihat halus,tdk terdapat bekas lem di sekitar penempelan |
Pola menggunting terlihat halus,namun terdapat bekas lem di sekitar penempelan/sebaliknya |
Pola menggunting terlihat kasar,dan terdapat bekas lem di sekitar penempelan |
Belum mampu menggunting dan menempel |
==============================================================================================
RENCANA PELAKSANAA PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas /Semester :1 (satu)/ 1 (satu)
Tema 1 : Diriku
Sub Tema 3 : Merawat Tubuhku
Pertemuan Ke : 5 (lima)
Alokasi Waktu : 1 (satu) hari
- Kopetensi Inti
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalamkaryayangestetisdalamgerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalamtibndakanyangmencermikanperilakuanak beriman dan berakhlakmulia.
- Memahami pengetahuan faktual dengancaramengamati(mendengar,melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhlukciptaantuhandankegiatannya,damnbenda-bendayngemahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati(mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati(mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalamkaryayangestetisdalamgerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalamtibndakanyangmencermikanperilakuanak beriman dan berakhlakmulia.
- Memahami pengetahuan faktual dengancaramengamati(mendengar,melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhlukciptaantuhandankegiatannya,damnbenda-bendayngemahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati(mendengar,melihat,membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalamkaryayangestetisdalamgerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalamtibndakanyangmencermikanperilakuanak beriman dan berakhlakmulia.
- Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2.Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan
kesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.2. Mempraktekkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan
kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah,sekolah,atau tempat bermain.
4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah,sekolah,atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Indikator
Bahasa Indonesia
- Menjelaskan cara mandi secara lisan.
- Menjelaskan cara merawat kebersihan badan secara lisan.
- Melengkapi hurup pada kata yang rumpang.
Matematika
- Melakukan operasi bilangan [penjumlahan 1-10.
- Membuat contoh soal cerita soal penjumlahan.
PPKn
- Menjelaskan aturan mandi dengan urut.
- Tujuan
- Setelah mendengarkan penjelasan guru,siswa mampu menjelaskan cara mandi dengan benar.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru,siswa mampu menjelaskan cara merawat kebersihan badan dengan benar.
- Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melengkapi huruf-huruf dengan tepat.
- Setelah melakukan latihan penjumlahan,sisiwa dapat melakukan operasi penjumlahan 1-10 dengan tepat.
- Setelah mendengankan arahan dari guru,siswa dapat membuat contoh soal cerita penjumlahan.
- Materi Ajar
Bahasa Indonesia.
- Menjaga Kebersihan Tubuh
- Kata Rumpang
Matematika
- Lambang bilangan 1-10
- Soal cerita
- Operasi penjumlahan 1-10
PPKn
- Aturan mandi yang benar
- Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientifik
Stategi :
Tehnik :
Metode:Penugasan,Tanya jawab,kerja kelompok dan ceramah
- Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan | Diskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
|
|
Inti |
– Agar tubuh kita bersih setiap hari harus mandi. – Kita mandi sehari dua kali – Ketika mandi tubuh kita digosok pakai sabun mandi – Jangan lupa ketika mandi kita juga menggosok gigi.
– Kuku yang panjang dan hitam sebagai tempat sumber penyakit. – Kuku harus dipotong seminggu sekali – Rambut harus dikeramas ketika mandi. – Rambut yang kotor dan panjang juga merupakan tempat sumber penyakit.
– Setiap kelompok mendapat satu set gambar merawat tubuh dan alat yang dipakai. – Dalam waktu yang ditentukan,siswa masangkan gambar tersebut sesuai dengan pasangannya. – Lalu perwakilan kelompok menyampaikan hsl kerja kelompok mereka.
|
|
Penutup |
– Mengamati sikap siswa dlm berdoa(sikap duduknya,cara melafalkannya,dsb) – Apabila ada siswa yg kurang benar dan kurang sempurna langsung diberi nasehat agar agar besuk lebih baik. |
- Sumber dan Media
– Diri anak
– Lingkungan keluarga
– Lingkungan sekolah
– Buku Tematik kelas 1
– Buku Pengembangan diri anak
– Bekas bungkus sabun.
- Penilaian
- Prosedur Penilaian
- Penilaian Proses
- Prosedur Penilaian
– Menggunakan pormat pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari awal sampai akhir.
- Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan Isntrumen penilaian hasil belajar dengan tes tertulis dan lisan.
- Isntrumen Penilaian.
- Penilaian Proses.
- Penilaian Kinerja.
- Penilaian Produk.
- Penilaian Hasil Belajar.
- Penilaian Proses.
– Isian.
Mengetahui Guru Kelas 1
Kepala Sekolah
=============================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KEDAWUNG | |
Kelas/Semester | : | I (SATU) / 1(satu) | |
Tema | : | DIRIKU | |
Sub Tema / Pembelajaran | : |
|
|
Alokasi Waktu | : | 1 (SATU ) HARI | |
A. | Kompetensi INTISBDP :
PJOK :
|
||
B | Kompetensi DasarSBDP = 4.1 menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.4.14 Membeuat karya kreatif dengan mengolah bahan alam melalui kegiatan melipat, mengguntiung, dan menempel bentuk pola dan alur sederhana.PJOK = 3.3 Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif.4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep : tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan tau tradisional. | ||
C. | Indikator Pencapaian Kompetensi :SBDP
PJOK
|
||
D. | Tujuan pembelajaran :SBDP :
PJOK :
|
||
E. | Materi ajar :SBDPv Menghias bungkus sabun dan pasta gigiPJOKv Bergerak membentuk garis | ||
F | Pendekatan dan Metode pembelajaranPendekatan ScientificStrategi Cooperative LearningMetode Tanya jawab, Diskusi. | ||
G | Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
Kegiatan INTI : 150 menit SBDP:
PJOK :
Penutup : 15 menit
|
||
H | Media (Alat) dan Sumber Belajar MEDIA = bungkus pasta gigi, bungkus sabun. Alat mewarnai, lem, gunting, kapur, atau pasir, dllSumber Belajar =
|
||
I | Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Instrumen = penilaian kinerja dan lembar observasi (terlampir)
Instrumen terlampir SKOR penilaian terlampir Mengetahui : …………., …………………. Kepala Sekolah Guru Kelas 1 |
||
Lampiran MATERI
Bergerak Membentuk Garis (Buku Siswa halaman 66)
Bermain Peran sesuai cerita (Buku Siswa halaman 68)
INSTRUMEN SOAL TERTULIS
- Menjawab Pertanyaan singkat pada buku
Buatlah gambar dengan garis lurus, lengkung, zig-zag
……………………………………………………………………………………….
- Menghias bekas bungkus pasta gigi dan rokok
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL
TES TERTULIS
Kunci Jawaban Buku siswa halaman 31
- Membentuk garis lurus
- Membentuk garis lengkung
- Membentuk garis zig-zag
- Mengumpulkan hasil karya menghias bekas bungkus pasta gigi dan rokok
LEMBAR PENGAMATAN PERMAINAN GARIS LURUS,LENGKUNG,DAN ZIG-ZAG
NO |
KRITERIA |
TERLIHAT |
BELUM TERLIHAT |
1 |
Mematuhi Instruksi |
……….. |
……….. |
2 |
Ketepatan melakukan gerakan sesuai Instruksi |
……….. |
…………. |
UNJUK KERJA
Rubrik Kegiatan Membuat Karya Kreatif dari Barang Bekas
No |
Kriteria |
Baik Sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu Bimbingan |
1 |
Kreatifitas |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 3 atau lebih bahan yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 2 bahan yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Ada tambahan hiasan berupa 1 yang berbeda (misal pasir,ranting,potongan kertas,berbentuk,lurus,lengkung,dan zig-zag) |
-Hasil Karya menggunakan bahan dasar kardus bekas -Tanpa tambahan hiasan |
2 |
Kerapian dalam menggunting dan menempel |
Pola menggunting terlihat halus,tdk terdapat bekas lem di sekitar penempelan |
Pola menggunting terlihat halus,namun terdapat bekas lem di sekitar penempelan/sebaliknya |
Pola menggunting terlihat kasar,dan terdapat bekas lem di sekitar penempelan |
Belum mampu menggunting dan menempel |
===============================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN P EMBELAJARAN
Satuan Pendidikan | : | Sekolah Dasar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kelas/Semester | : | I (satu) / 1(ganjil) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tema / Topik | : | DIRIKU | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Sub TemaPembelajaran | : | 3. Aku Merawat Tubuhku6 (enam) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Alokasi Waktu | : | 1 (satu ) hari | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. | Kompetensi INTI
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B | Kompetensi DasarB.Indonesia3.2 Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaankesehatan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.2 Mempraktekkan teks arahan/petunjuk tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. Matematika 4.1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya 4.8. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. | Indikator Pencapaian Kompetensi :B.Indonesia :• Menyampaikan laporan hasil pengamatan
• Menebalkan huruf-huruf pada kata Matematika = • Melakukan operasi penjumlahan bilangan 1–10 • Menentukan pasangan bilangan 1-10 |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. | Tujuan pembelajaran Kegiatan Mandi Setiap Hari:Setelah mendengarkan penjelasan dari guru, siswadapat menentukan pasangan bilangan dengan
jumlah tertentu secara tepat. Tujuan pembelajaran Tidur untuk Kesehatan: setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat melakukan perawatan dirinya dengan lebih baik. |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. | Materi ajar : | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F | Pendekatan dan Metode pembelajaranPendekatan ScientificStrategi Cooperative Learning
Metode Tanya jawab, Diskusi dan Bermain peran |
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G | Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan : 10 menit
Kegiatan INTI : 150 menit Langkah-langkah kegiatan: 1. Sebagai pengantar guru menyanyikan lagu. 2. Guru menanyakan kebiasaan mandi dan keramas siswa, misalnya mandi dua kali sehari, amas setiap dua hari. 3. Siswa menceritakan kebiasaan berkeramas. 4. Guru menyimpulkan kegunaan mandi dan keramas dan akibatnya jika tidak dilakukan dengan teratur. 5. Selanjutnya, guru menyampaikan akan membahas tentang penjumlahan. 6. Tujuh siswa diminta untuk ke depan kelas. 7. Siswa lain diminta menghitung jumlah siswa yang berada di depan. 8. Siswa dibagi dalam kelompok empat dan tiga lalu meminta siswa menghitung masingmasing kelompok. 9. Guru menjelaskan bahwa kelompok tujuh dapat dibagi menjadi kelompok empat dan tiga. 10. Guru mengumpulkan kembali siswa lalu membagi menjadi kelompok lima dan dua. 11. Guru menjelaskan bahwa tujuh dapat terdiri atas kelompok tiga dan empat serta lima dan dua serta beberapa kemungkinan lagi. 12. Siswa diberi kesempatan bertanya. 13. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa. 14. Siswa membuat berbagai kemungkinan pengelompokan dengan jumlah yang ditentukan. 15. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa. 16. Penutup, guru melakukan refleksi mengenai penjumlahan. Langkah-langkah kegiatan: 1. Guru memulai dengan menyebutkan macam macam perawatan diri seperti mandi, keramas, sikat gigi, makan yang cukup, dan tidur siang. 2. Siswa ditanya tentang kebiasaan-kebiasaan ini. 3. Guru menyampaikan bahwa tidur, termasuk tidur siang sangat dibutuhkan bagi semua orang terutama anak-anak, untuk memulihkan kesegaran tubuh. 4. Siswa mengamati gambar di buku siswa. 5. Guru menanyakan, menurut siswa apakan tidur Edo nyenyak atau tidak nyenyak (jawab: nyenyak, tidak nyenyak). 6. Tanyakan bila siswa menjawab nyenyak atau tidak nyenyak, apa alasannya (galilah) 7. Siswa menirukan guru membaca teks dengan suara nyaring. 8. Siswa mengerjakan latihan menebalkan huruf. 9. Setelah selesai siswa bersama guru membaca lembar pengamatan siswa yang sudah diisi oleh orang tua. Penutup : 15 menit
Remedial: • Siswa diajak untuk praktik langsung berbagai kegiatan merawat tubuh sehingga dapat menceritakan kembali cara-cara merawat tubuh. • Siswa diperkenalkan berbagai bentuk bangun ruang secara individu. • Jika siswa belum dapat menggunting dengan rapi pola garis lurus dan lengkung, maka dibimbing oleh guru, kemudian diminta mencoba sendiri sampai rapi. • Jika siswa belum terampil menjumlahkan angka, gunakan benda konkret sebagai alat bantu untuk membilang dan mengurutkan jumlah benda. • Jika siswa belum terampil menyalin tulisan, maka beri siswa lembar kerja menulis dengan cara menebalkan huruf untuk melatih keterampilan motorik halusnya. Kegiatan alternatif/pengayaan: • Membentuk bangun ruang menggunakan plastisin dan mencuci tangan untuk menjaga kebersihan. • Mengenal bangun ruang melalui permainan tebak gambar. • Bermain lompat tali. • Membuat kolase bebas dengan menggunakan unsur garis lurus dan garis lengkung.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
H | Media dan alat pembelajaran:• Buku siswa• Lembar pengamatan perawatan diri untuk orang tua yang sudah diisi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I | Prosedur dan Instrumen Penilaian =
Instrumen terlampir SKOR penilaian terlampir Mengetahui : Solo, 10 Juli 2013 Kepala Sekolah Guru Kelas 1 . Lampiran MATERI Menggosok Gigi Perhatikan gambar berikut ini Aku menggosok gigi dengan teratur. Tandai/lingkari peralatan menggosok gigi dengan Tuliskan banyak benda di bawah ini S LAMPIRAN PENILAIAN HASIL TES TERTULIS Kunci Jawaban Buku siswa halaman 63
Kunci Jawaban Buku siswa halaman 64
Kunci Jawaban Buku siswa halaman 64
Skor Penilaian : Terdapat pada rubrik. Penilaian Unjuk Kerja RUBRIK MENGGOSOK GIGI
Penilaian Unjuk Kerja Rubrik Kemampuan Mengidentifikasi Peralatan Menggosok Gigi
|
24 replies on “rpp KELAS 1 tema 1 sub tema 3 pembelajaran 1-6”
saya tunggu kreativitas tema-tema selanjutnya………jangan pernah berhenti berkarya
makasih
makasih tapi kok ga ada pormat penilainyadan rubriknya
diringkas
terima kasih pak , ikut ngopy ya semoga bermafaat . Rena sdku belum menerapkan kur13.
kok pak sih…..?!
maaf bu, ada versi wordnya ga bu kelas 1 tema 2 sub ( 3 dan 4) pembelajaran 1-6. terimakasih bu
eng….enggak
maaf, maksud saya versi word kelas 1 tema 1 sub (3 dan 4) pembelajaran 1-6. terimakasih bu
silahkan lihat di fb FORUM GURU SASARAN kur 13
sama sama
Bagus Sekali
Ya
Apakah ada model lks nya?
tidak
makasih bu reni, salam kenal
yang kls v ad g buk
bisa dilihat disini saja ma di “FILE” forum guru sasaran kur 13 = https://www.facebook.com/groups/483565058397836/?fref=ts
sub tema 1&2 kok gak ada? saya tunggu
trims
ADA di fb grup guru sasaran kur 13
APA INI RPP KURIKULUM 2013 YANG DIGUNAKAN SEKARANG
kelas 1 dan 4 harus di revisi…..silahkan bergabung di fb grup = FORUM GURU sasaran kur 13
sub tema 3 pemb 4 koq gak ada ?
kelewat